Comscore Tracker

Cara Membuat Spotify Wrapped 2022, Share ke Media Sosial!

Spotify Wrapped tiba, akhir tahun di depan mata

Spotify Wrapped 2022 sudah tersedia, tanda akhir tahun akan tiba, Guys! Yep, program andalan Spotify ini menghadirkan ringkasan pengguna selama setahun belakangan. Kamu akan mendapatkan catatan artis favorit, lagu paling sering didengar, serta durasi pemutaran. 

Diusung dengan konsep sangat personal, begini cara membuat Spotify Wrapped 2022 sesuai playlist-mu sendiri. Nantinya, kamu pun bisa mendapatkan pesan dari beberapa artis favorit. Wah!

Apa itu Spotify Wrapped 2022?

Spotify Wrapped 2022 mengusung tema bermain dan ekspresi diri. Sesuai dengan temanya, kamu akan mendapati poster warna-warna yang ceria serta data terkurasi sesuai playlist masing-masing pengguna. Tidak heran jika hasilnya bisa sangat sesuai dengan pengalaman mendengarkanmu selama setahun ini. 

Spotify menyediakan program ini untuk semua pengguna, lho! Baik premium maupun tidak, bisa membagikan perjalanan musiknya menggunakan Spotify Wrapped 2022. Namun, kamu hanya bisa mengakses fitur ini melalui seluler saja. Pastikan juga aplikasinya sudah versi terbaru, ya. 

Cara membuat Spotify Wrapped 2022

Cara Membuat Spotify Wrapped 2022, Share ke Media Sosial!ilustrasi Spotify Wrapped 2022 (spotify.com)

Sudah siap membagikan cerita musikmu selama tahun2022? Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Spotify yang ada di ponselmu, pastikan sudah login terlebih dahulu
  2. Jika kamu belum mengakses Spotify Wrapped, biasanya akan langsung muncul banner besar tentang kilas balik. Klik banner tersebut
  3. Namun, kalau tidak muncul, kamu bisa klik gambar bergerak bertuliskan '2022' pada bagian 'SpotifyWrapped' di halaman beranda
  4. Jika tidak muncul juga, buka halaman 'Cari' dan ketuk banned 'Kilas Balikmu di 2022' yang berada tepat di bawah kolom pencarian
  5. Setelah mengeklik banner tersebut, kamu akan langsung mendapati kumpulan story berisi riwayat mendengarkanmu selama setahun ke belakang
  6. Untuk membagikan konten, tinggal klik 'Bagikan Cerita Ini' lalu pilih media sosial tujuan atau simpan ke galeri.

Nah, jangan lupa tag artis favoritmu ketika mengunggah, ya. Kali aja di-notice, hehe. 

Baca Juga: 11 Cara Membuat NGL Link di Instagram yang Lagi Viral

Fitur baru Spotify Wrapped 2022

Cara Membuat Spotify Wrapped 2022, Share ke Media Sosial!ilustrasi Spotify Wrapped 2022 (spotify.com)

Setelah mencoba cara membuat Spotify Wrapped 2022 di atas, kamu akan mendapatkan beberapa insight seputar playlist-mu. Spotify juga meluncurkan program terbaru yang bisa dinikmati dalam Spotify Wrapped 2022, antara lain:

  • Your Listening Personality

Mirip dengan tes personality, Spotify juga menghadirkan ringkasan sesuai dengan kepribadianmu. Fitur Listening Personality ini dibuat dari empat metrik, yakni keakraban vs eksplorasi, loyalitas vs variasi, keabadian vs kebaruan, dan kesamaan vs keunikan. Nantinya, akan ada 16 personalities yang disesuaikan dengan playlist-mu. Mirip MBTI gitu, lho!

  • Audio Day

Kamu tipe penggalau pada malam hari? Ketahuan, deh! Pasalnya, Spotify Wrapped 2022 juga menghadirkan fitur 'Audio Day' yang menunjukkan selera musik sepanjang hari. Dari fitur ini, kamu bisa mengetahui karakteristik maupun genre lagu yang didengarkan dari pagi, siang, hingga malam tiba.

  • Wrapped Hub

Dalam Spotify Wrapped 2022, tak hanya lagu yang ditampilkan, tetapi juga merchandise dari artis yang paling banyak didengarkan. Termasuk announce eventpodcast, dan hal lainnya yang mendekatkan artis dengan fans. 

  • Your Artist Messages

Definisi artis titip salam buat fans, fitur 'Your Artist Message' menghadirkan pesan berbentuk video singkat. Terasa spesial, sebab hanya pengguna terpilih yang mendengarkan lagu paling banyak dari artis tersebut yang bisa mendapatkannya. Ada 40 ribu musisi yang ikutan, termasuk Taylor Swift, Billie Eilish, J. Balvin, hingga J-Hope dari BTS.

Cara membagikan Spotify Wrapped 2022 ke media sosial

Cara Membuat Spotify Wrapped 2022, Share ke Media Sosial!ilustrasi Spotify Island (spotify.com)

Kamu bisa membagikan bagian tertentu atau seluruh isi dari Spotify Wrapped 2022 ke berbagai media sosial, termasuk pula Instagram hingga obrolan LINE. Kalau tak ingin langsung dibagikan, bisa pula mengunduhnya dulu. Jika kamu menggunakan Snapchat, ada fitur lensa yang disesuaikan dengan personality sesuai 'Your Listening Personality', lho!

Selain media sosial, kamu juga bisa wrapped ke Spotify Island. Di sana, tersedia misi permainan, virtual merchandise, hingga photobooth bersama 12 musisi. Misalnya saja dari Tove Lo, Sunmi, Miranda Lambert, hingga Stray Kids.

Jika kamu pencinta sepak bola, khususnya Barcelona FC, akan ada video wrapped dari pemain favoritmu. Kolaborasi Spotify x Barcelona FC ini menampilkan pemain bintang seperti Robert Lewandowski, Alexia Putellas, Pedri, dan Ansu Fati. Seru, kan?

Kalau kamu pengguna setia Spotify dan belum ikutan, buruan coba cara membuat Spotify Wrapped 2022 ini. Jangan lupa di-share ke media sosial buat ikutan trennya, ya!

Baca Juga: Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Konser Ala-ala

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya