Comscore Tracker

6 Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah, Daripada Beli Baru

Sebuah tips mengatasi headset mati sebelah yang menyebalkan

Pengguna headset kabel pasti tahu benar struggle headset dengan perangkat yang mati sebelah. Mau beli baru, mubazir, gak beli baru, tapi gak enak juga pakainya. Benar gitu gak perasaannya? Rasa-rasanya perasaan ini juga muncul pada pengguna TWS.

Buat kamu yang masih berjuang dengan kondisi tersebut, semangat! Mungkin bisa mencoba cara memperbaiki headset mati sebelah ini sebagai alternatif. Jadi gak buru-buru 'lem biru' alias lempar, beli yang baru.

Cara memperbaiki headset mati sebelah

Ada banyak kemungkinan kenapa headset kabel sering mati sebelah. Di antaranya earpiece rusak, kabel putus, jack audio bermasalah, steker rusak, hingga speaker headset mati. Adapun pada headset nirkabel, kemungkinan terbesarnya adalah unconnected, baterai low, atau ada gangguan di dalam perangkat.

Jujur saja, mengidenfitikasi penyebab headset mati sebelah tanpa membongkarnya nyaris seperti tebak-tebakan alias susah. Daripada puyeng sendiri, langsung coba cara memperbaiki headset mati sebelah berikut ini.

1. Luruskan kabel earphone

6 Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah, Daripada Beli Baruilustrasi headset (pexels.com/Castorly Stock)

Basic treatment headset kabel yang bermasalah sebelah adalah dengan meluruskan kabelnya. Sesuaikan lekukan, lipatan, dan gelombang headset sehingga bunyi bisa terdengar jelas lagi.

Jika sudah mendengar suara pada posisi tertentu, tahan sementara menggunakan jari. Lalu, gunakan selotip sebagai ‘penyangga’ permanen dari posisi headset.

Perhatikan bagaimana penyimpanan headset, ya. Karena menekuknya berubah-ubah dari berbagai arah memungkinkan alat dengar ini cepat rusak.

Baca Juga: 7 Cara Memperbaiki Play Store yang Tidak Bisa Dibuka

2. Bersihkan jack headset

Bisa jadi, penyebab headset mati sebelah adalah jack yang kotor. Bagian ini merupakan penghubung antara headset yang biasa dicolokkan pada ponsel. 

Meletakkannya di sembarang tempat dapat membuatnya berdebu maupun terkena air. Ketika masuk ke jack, memungkinkan headset gak bisa digunakan dengan baik.

Cara memperbaiki headset mati sebelah tahap ini dengan menggunakan cotton bud. Pastikan gak ada kapas yang merekah guna menghindari sisa kapas tersangkut di soket earphone, ya. Usap perlahan satu arah dengan gerakan memutar untuk mencapai semua sisi.

3. Cek kabel yang rusak

6 Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah, Daripada Beli Baruilustrasi headphone (unsplash.com/Alex Gruber)

Agaknya, kondisi ini sulit diperbaiki kecuali kamu membongkar headset. Untuk mengidentifikasinya, coba ingat-ingat kembali apakah selama ini sering mencabut headset di bagian tengah alih-alih ujung jack-nya?

Jika jawabannya iya, maka besar kemungkinan terdapat bagian kabel yang terputus atau rusak. Kalau sudah begini, cara memperbaiki headset mati sebelah yakni dengan membongkar dan menghubungkan kabelnya kembali.

4. Bandingkan dengan earphone lain

Sudah melakukan tiga cara di atas, tapi belum menemukan solusi yang tepat? Kalau begitu, coba bandingkan dengan earphone lainnya. 

Apabila yang mengalami gangguan bukan hanya satu headset, maka kemungkinan penyebab mati sebelah bukan pada headset-nya. Melainkan adanya bug pada ponsel yang membuat transmisi data audio gak berjalan dengan baik.

Cara memperbaiki headset mati sebelah karena penyebab ini bisa dengan mengecek seluruh software pada ponsel. Lakukan pembaharuan untuk mendapatkan update program terbaru yang mungkin lebih bebas bug.

5. Nyalakan ulang perangkat

6 Cara Memperbaiki Headset Mati Sebelah, Daripada Beli Baruilustrasi earphone (pexels.com/yangjunjun2)

Pada headset kabel maupun nirkabel, bisa jadi gak terhubung karena gangguan pada ponsel. Terutama pada headset nirkabel, diskoneksi sangat mungkin akibat perangkat yang mengalami masalah tertentu.

Coba nyalakan ulang perangkat, lupakan device terhubung, dan lakukan pairing atau pemasangan ulang. Dengan begitu, ponsel akan berkenalan lagi dengan headset, terlebih perangkat yang berbasis bluetooth atau sambungan nirkabel.

6. Cek baterai

Nah, ini penyebab headset mati sebelah pada perangkat non kabel yang jarang disadari pengguna. Asyik digunakan, tetapi lupa mengisi daya layaknya headset kabel. Jangan heran jika audio menjadi putus-putus bahkan mati sebelah.

Kalau begini, kamu tinggal mengisi daya headset hingga penuh. Hindari mencabut headset yang sedang di-charge sebelum full, ya. Dengan begitu, perangkat lebih hemat daya dan bisa digunakan lebih lama.

Cara memperbaiki headset mati sebelah agak tricky, ya. Namun, selama bisa diperbaiki, kenapa harus beli, ygy?

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Google Drive Limit, Gak Harus Langganan Kok

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya