Comscore Tracker

5 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Mati

Kudu cepat dibenerin, sebelum masuk masa tenggang

Meski sudah banyak kartu perdana yang menerapkan masa berlaku selamanya, Telkomsel tetap memiliki batasan penggunaan kartu. Gak heran jika masih banyak pengguna Telkomsel yang akhirnya mendapati kartunya hangus, karena melebihi masa tenggang.

Kalau sudah terjadi, mau gak mau pilihannya cuma dua; ganti kartu atau mengaktifkan kembali nomor tersebut dengan syarat tertentu. Nah, kalau kamu ingin menggunakan opsi kedua, begini cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati.

Cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati

Buat nomor yang sudah melewati masa aktif, tenang, nomor Telkomsel tersebut bisa dibangkitkan lagi. Namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti aktivasi ulang.

Selain itu, kamu harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Tahapan lengkapnya di bawah ini, ya!

1. Jika kartu perdana mati kurang dari 15 hari

Untungnya, provider Telkomsel gak serta merta menghapus data nomormu begitu melewati masa berlaku. Kamu masih punya jangka waktu 15 hari sebagai masa tenggang dari hari terakhir kedaluwarsa kartu. 

Nah, pada waktu ini kamu masih punya kesempatan mengaktifkan kembali kartu Telkomsel tanpa harus ganti nomor baru. Cara paling sederhana yakni dengan mengisi pulsa ke nomor tersebut. 

Coba dengan nominal paling kecil dulu, ya. Sembari pantau apakah pulsa masih bisa masuk ke nomor yang sedang dalam masa tenggang. Setelahnya, coba lakukan panggilan dengan pulsa untuk memastikan masa berlaku telah diperbarui.

2. Melalui kode USSD *888*89#

5 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Matiilustrasi dial pad (unsplash.com/dimitri karastelev)

Selanjutnya, kamu bisa mencoba cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati melalui kode USSD. Layanan ini bisa diakses melalui kombinasi tanda bintang, pagar, dan angka di *888*89#.

Perlu dicatat, layanan ini hanya tersedia bagi pengguna prabayar saja, ya. Caranya seperti ini:

  1. Buka menu panggilan yang ada di ponsel
  2. Masukkan USSD *888*89# 
  3. Lakukan panggilan menggunakan nomor yang mati
  4. Pilih opsi ‘Reaktivasi Kartu’
  5. Pilih opsi ‘Setuju’
  6. Ketikkan NIK dan nomor KK.

Setelah selesai, Telkomsel akan mengirim SMS yang berisi pemberitahuan terkait bisa atau enggaknya aktivasi ulang nomor HP milikmu.

Baca Juga: Paket Telkomsel Murah 2022, Internet Cepat Tetap Hemat

3. Melalui layanan e-care

Telkomsel menyediakan layanan untuk membantumu mengaktifkan ulang kartu yang sedang berada dalam masa tenggang. Kamu bisa mengakses fitur ini melalui berbagai media sosial Telkomsel, seperti Facebook, Twitter, hingga Instagram.

Disarankan untuk membuat pengaduan melalui Twitter melalui akun @Telkomsel. Di antara media sosial lain, layanan customer care di Twitter cenderung lebih tanggap. Bisa dibuktikan dengan akun Telkomsel aktif me-reply cuitan netizen yang menandainya.

Melalui pesan langsung, ketikkan pesan dengan format nomor kartu Telkomsel, waktu serta tanggal masa tenggang berakhir, dan lokasi. Tunggu hingga admin membalas. 

Selanjutnya, kamu tinggal mengikuti instruksi yang diberikan oleh admin. Jika memenuhi ketentuan dan syarat, maka kartumu bisa diaktifkan kembali.

4. Melalui call center GraPari

5 Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel yang Sudah Matiilustrasi customer service (pexels.com/Yan Krukov)

Mau cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati dengan lebih cepat? Lakukan panggilan call center GraPari. Kamu bisa menggunakan nomor lain yang masih aktif, karena kartu yang sudah dalam masa tenggang gak bisa digunakan untuk panggilan.

Adapun nomor teleponnya adalah 0807-1811-811 atau melalui nomor call center 188. Panggilan ini akan dikenakan biaya Rp300. Maka dari itu, lakukan cek pulsa pada kartu yang digunakan agar panggilan gak terputus di tengah jalan.

Meski bisa via call, biasanya customer service akan tetap memintamu datang ke GraPari. Namun, bukan berarti sia-sia, seenggaknya kamu sudah memberitahukan pihak Telkomsel bahwa kamu ingin mengaktifkan ulang kartumu.

5. Datang langsung ke GraPari

Setelah mencoba via call center, tapi belum berhasil, satu-satunya opsi yakni dengan mengunjungi GraPari. Biasanya, aktivasi ulang tetap bisa dilakukan selama kartumu masih berada pada masa tenggang alias belum hangus.

Layanan ini tersedia gratis. Cukup sampaikan pada customer service bahwa kamu ingin mengaktivasi ulang kartu Telkomsel. Jangan lupa, siapkan salinan Kartu Keluarga dan NIK pada KTP untuk verifikasi data.

Kamu mungkin akan ditawarkan migrasi kartu dari prabayar menjadi pascabayar. Namun, tetap, cara mengaktifkan kartu Telkomsel yang sudah mati ini berlaku jika kartumu belum melewati masa tenggang, ya!

Baca Juga: 3 Cara Beli Masa Aktif Telkomsel, biar Kartu Gak Hangus

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya