Comscore Tracker

Cara Mengganti Password WiFi IndiHome dengan Cepat Sesuai Router 

Beda router, beda cara ganti password, loh!

Cara mengganti password WiFi IndiHome memang sering dicari. Menjadi provider dengan pengguna lebih dari 8,3 juta yang tersebar di 496 kabupaten dan kota, tips ini bisa sangat membantu para pengguna IndiHome. Mengganti password WiFi adalah cara cepat mengatasi penyusup yang diam-diam memakai internet kita. 

Idealnya, kamu perlu mengganti password WiFi setidaknya sekali dalam satu bulan. Fungsinya, melindungi layanan dari peretasan. Pun menghindari pembobolan beberapa akun sekaligus yang mungkin memiliki kata sandi sama.

Namun, beberapa pengguna mengalami kesulitan ketika hendak mengganti password WiFi. Pasalnya, tidak semua petugas memberitahukan cara mengganti password Wifi IndiHome ketika melakukan pemasangan. 

Nah, sekarang kamu tidak perlu memanggil dan menunggu teknisi untuk datang dan membantu mengganti password WiFi. Cukup ketahui router yang ada di rumah, lalu ikuti cara ganti password WiFi IndiHome lewat HP maupun gawai lain.

Baca Juga: 7 Cara Mengetahui Password WiFi di Laptop yang Mudah

1. Cara mengganti password WiFi IndiHome lewat HP

Cara Mengganti Password WiFi IndiHome dengan Cepat Sesuai Router ilustrasi pengaturan WiFi (frederik lipfert)

Mudah diakses menggunakan gawai yang kamu gunakan sehari-hari, ganti password WiFi bisa dilakukan melalui ponsel. Sebelum memulai, pastikan ponsel telah terhubung dengan jaringan yang hendak diganti kata sandinya, ya. 

  1. Hubungkan perangkat dengan jaringan
    Nyalakan pengaturan WiFi dan masuk ke jaringan yang hendak kamu ganti password-nya. 
  2. Buka mesin pencarian
    Kamu bisa menggunakan Google Chrome, Safari, atau browser lain yang terpasang di ponselmu.
  3. Ketik http://192.168.1.1/ di adress bar
    Pada menu pencarian, langsung masukkan angka dan titik 192.168.1.1. Ini merupakan alamat IP pribadi yang digunakan untuk masuk ke panel admin. Opsi lain jika alamat IP tidak bisa diakses yakni: http://192.168.1.254/ atau http://192.168.0.1/.
  4. Masukkan username dan password
    Nah, ini yang sering menjadi pertanyaan. Apa username dan password untuk masuk ke panel admin pengaturan WiFi? Ternyata mudah saja. Jika belum pernah diganti, maka cukup ketikkan ‘user’ tanpa kapital untuk mengisi keduanya. 
  5. Masuk ke menu ‘Security’
    Pada bar samping kanan, terdapat banyak menu dan submenu yang bisa kamu pilih. Untuk membuka menu ‘Security’, Klik menu ‘Network’ lalu pilih sub menu ‘WLAN’, setelahnya pilih ‘Security’. 
  6. Masukkan password baru 
    Di dalam menu ‘Security’, kamu akan mendapati bagian WPA paraphrase. Cukup masukkan password baru yang sudah kamu buat dan klik ‘Submit’ di bagian pojok kanan bawah jika sudah. Kini, kata sandi WiFi mu sudah diperbarui.

Langkah-langkah ganti kata sandi di atas juga bisa kamu lakukan melalui gawai lain, misalnya laptop atau PC. Hanya perlu pastikan gawai telah tersambung dengan koneksi internet dari router yang hendak diganti password-nya.  

Tampilan menu pengaturan cara ganti password WiFi IndiHome lewat Google bisa jadi berbeda, tergantung pada merek router yang kamu gunakan. Tahapan di atas merupakan tutorial ganti password WiFi yang menggunakan router ZTE F609. 

2. Cara mengganti password WiFi IndiHome Huawei

Cara Mengganti Password WiFi IndiHome dengan Cepat Sesuai Router ilustrasi router WiFi (unsplash.com/compare fibre)

"Kalau router-nya merek Huawei gimana caranya?"

Tenang saja, langkah-langkah penggantian password untuk WiFi dengan router merek Huawei HG8245A atau HG8245H juga sangat simpel. Sebelum memulai, pastikan gawai telah terhubung ke internet dari router yang ingin diganti kata sandinya. 

  1. Masuk ke IP pribadi https://192.168.100.1/
    Serupa dengan tiga langkah pertama pembahasan sebelumnya, kamu perlu membuka IP pribadi menuju panel admin router untuk bisa mengganti password WiFi IndiHome. 
  2. Login menggunakan username dan password
    Router IndiHome merek Huawei juga memiliki username serta password bawaan yang membuat kamu bisa mengakses IP pribadi tersebut. Sayangnya, ada beberapa kombinasi yang perlu kamu coba dan mencari terlebih dahulu mana yang cocok dengan routermu. Pilihan kombinasi username dan password-nya yaitu:
    - Username : telecomadmin | password : admintelecom
    - Username : admin | password : admin
    - Username : support | password : support
    - Username : support | password : theworldinyourhand
  3. Pilih menu ‘WLAN’ di bar atas
    Kamu akan menemukan banyak menu dan sub menu. Langsung saja pilih ‘WLAN’ untuk masuk ke pengaturan password WiFi. 
  4.  Pilih ‘WPA PreSharedKey’
    Gulir ke bawah hingga menemukan menu ‘WPA PreSharedKey’. Pilih dan masukkan kata sandi baru untuk menggantikan yang lama. Pastikan kata sandi setidaknya menggunakan 8 karakter, ya. 
  5. Klik ‘Apply’ 
    Jika sudah yakin dengan password WiFi yang baru, jangan lupa klik ‘Apply’ guna menyimpan pengaturan. WiFi akan otomatis restart dan sebelum menggunakannya kamu perlu memasukkan kata sandi baru. 

3. Tips membuat password WiFi unik

Cara Mengganti Password WiFi IndiHome dengan Cepat Sesuai Router ilustrasi password (unsplash.com/towfiqu bharbuiya)

Sebagai pemilik, tentu kamu tidak ingin WiFi digunakan tanpa izin. Makanya, pastikan telah mengatur kata sandi WiFi yang susah ditebak. Selain itu, ada beberapa tips yang patut dipertimbangkan kala mengatur ulang password WiFi.

  • Hindari menggunakan informasi pribadi sebagai kata sandi seperti tanggal ulang tahun, username sosial media, alamat email, dan sebagainya. 
  • Jangan menyamakan password dengan sosial media atau layanan lain yang memerlukan kata sandi sebagai akses. Ini menghindari pembobolan beruntun yang mungkin saja terjadi.
  • Gunakan password panjang dengan kombinasi angka dan simbol. Setidaknya gunakan 8 karakter kata sandi baru. Jika tidak ingin menggunakan angka atau simbol, bisa juga menggunakan kalimat panjang. 
  • Password acak adalah kata sandi paling kuat. Kamu bisa menggunakan password generator untuk membuatnya. Di sisi lain, kamu perlu mencatatnya agar tidak lupa karena cukup sulit untuk diingat.

Ternyata cara mengganti password WiFi IndiHome cukup mudah, ya. Tanpa perlu repot memanggil teknisi, kini kamu bisa ganti kata sandi secara rutin. Sangat membantu untuk menghindari adanya pengguna-pengguna gelap yang ikut menikmati bandwith internet kamu. 

Baca Juga: 10 Nama Password Wi-fi ini Kocak Abis, Bikin Kaget, duh!

Topic:

  • Laili Zain
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya