Comscore Tracker

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuan

Main asyik, dapet duit lagi~

Tren Non-Fungible Token alias NFT semakin digandrungi masyarakat. Tidak hanya penjualan karya digital berupa foto, video, dan lainnya, kini NFT juga merambah dunia gaming. Contohnya saja game NFT iOS terbaik berikut ini. Sembari memainkan permainan digital, kamu juga bisa mendapatkan uang kripto, loh!

NFT gaming menggunakan sistem play to earn. Pemain akan mengumpulkan aset dalam game yang ditukar dalam bentuk mata uang digital atau kripto. Nantinya, kripto ini bisa kamu konversi menjadi mata uang fisik yang berlaku seperti Rupiah. 

Fenomena ini tentu mendatangkan keuntungan bagi para gamers. Jika permainan lain perlu menukar uang untuk items game, NFT gaming justru sebaliknya. Pemain berkesempatan bermain game sambil berinvestasi dalam bentuk uang yang telah dikonversi maupun crypto

Game NFT iOS terbaik

Bagi kamu pengguna ponsel atau gawai produksi Apple, game NFT di iOS ini tersedia untuk dicoba. Mulai battle game, real-time strategy, hingga simulation semua seru.

Sebagian besar bisa kamu mainkan secara gratis, tetapi ada juga yang memerlukan modal awal sebelum mendulang untung. Apa saja?

1. Axie Infinity

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuanilustrasi game Axie Infinity (whitepaper.axieinfinity.com)

Rekomendasi pertama tentu saja datang dari game NFT paling populer, Axie Infinity. Berbasis platform blockchain Ethereum, Axie Infinity adalah game NFT yang mengombinasikan sistem collectible dan arcade

Pemain diharuskan mengoleksi monster-monster lucu bernama Axies yang nantinya bisa digunakan untuk melawan pemain lain. Sebagai reward atas battle yang sudah dimainkan, kamu akan mendapatkan token bernama Axie Infinity Shards (AXS) dan Smooth Love Potions (SLP). Keduanya bisa ditukar dengan crypto Ethereum. 

Agar bisa memainkan Axie Infinity, pemain harus memiliki sejumlah koin Ethereum sebagai modal. Jika tidak punya, terdapat sistem scholarship yang memungkinkan pemain baru mendapatkan pendanaan awal oleh pemain lain. Kamu akan mendapat aset NFT dan sponsor mendapat komisi dari keuntungan yang sudah kamu raih. Seru!

2. Plant vs Undead

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuanilustrasi Plant vs Undead (plantvsundead.com)

Familiar dengan gim Plant vs Zombie? Nah, kini hadir game NFT iOS terbaik yang mengusung konsep serupa. Untuk memenangkan permainan dan mendapatkan hadiah, pemain harus mempertahankan lahan dan tanaman yang merupakan aset NFT dari serangan monster. 

Keuntungan yang diterima oleh pemain adalah token Light Energy (LE). Token ini bisa digunakan untuk membeli peralatan built-in. Selain itu, pemain juga bisa mendapatkan token PVU yang memiliki nilai nyata. Dilansir Coinmarketcap, 1 PVU setara dengan Rp737,19 (6/5/2022). 

Berbeda dengan permainan sebelumnya, Plant vs Undead bisa dimainkan secara gratis tanpa modal awal. Kapan lagi bisa bermain gim sekaligus mendapat keuntungan yang bahkan bisa dihadiahkan pada teman?

3. Mir4

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuanilustrasi game Mir4 (mir4global.com)

Jika kamu tertarik memainkan game yang mengharuskan menjelajah medan pertempuran luas dan melawan musuh, Mir4 cocok jadi pilihan. Menjadi salah satu game NFT iOS terbaik, game berbasis MMORPG ini memberikan fitur play to earn. 

Dikembangkan di Korea Selatan dan dirilis oleh WeMade Co, game ini mengharuskan pemain karakter menjadi lebih kuat. Dengan begitu, kamu bisa mengakses semua fitur di dalam game. Termasuk membangun marketplace, serta menukar koleksi karakter dalam game menggunakan koin DRACO.

Selain itu, terdapat fitur bernama Darksteel yang memungkinkan kamu menambang sumber daya dan menukarkannya menjadi koin DRACO. Nantinya, pemain bisa mengonversi DRACO menjadi crypto maupun membeli aset NFT lainnya. 

4. Sorare

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuanilustrasi game Sorare (sorare.com)

Penggemar sepak bola yang juga pengen cuan, wajib merapat. Game berbasis blockchain yang berasal dari Perancis ini mengajak pemain berperan sebagai pelatih sepak bola dan manajer tim. Lalu, pemain harus menyusun rencana permainan secara strategis.

Serupa dengan konsep pertandingan sepak bola di dunia nyata, task utama dari gim NFT ini yakni mengambil kartu pemain. Setelahnya, kamu bisa membiarkan mereka bersaing dalam permainan. Kartu pemain sepak bola akan diklasifikasikan berdasarkan kelangkaannya. Semakin langka kartu, semakin tinggi pula nilainya. 

Sorare telah berkolaborasi dengan lebih dari 215 klub sepak bola di seluruh dunia. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan pengalaman bermain game NFT bertema sepak bola dalam komunitas besar. Tidak heran Sorare menjadi salah satu game NFT iOS terbaik 2022.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Game yang Bisa Hasilkan Uang, Bisa Dapat Crypto

5. Decentraland

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuanilustrasi game Decentraland (decentraland.org)

Rekomendasi game NFT iOS terbaik berikutnya yakni Decentraland yang konsep metaverse dan mengolaborasikannya dengan blockchain Ethereum. Pada permainan ini, para pemain bisa mengkreasikan avatar mereka sendiri dan membangun kerajaan sesuai keinginan di kehidupan virtual. 

Berkonsep kepemilikan tanah, kamu dan pemain Decentraland memiliki kebebasan membuat acara yang berkaitan dengan NFT. Kamu juga bisa mendekorasi lahan dan mengundang pemain lain untuk mengunjunginya dengan membayar biaya. Aset dalam gim ini meliputi ruang virtual yang berisi petak real estat, barang, dan lainnya.

Uniknya, kehidupan Decentraland tidak dikendalikan oleh satu organisasi. Para pemain mengatur sendiri kebijakan terkait aturan dunia virtual melalui voting pada Decentralized Autonomous Organization (DAO). 

6. Town Star

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuanilustrasi game Town Star (townstar.com)

Serupa dengan Hay Day dan FarmVille, Town Star merupakan versi NFT dari game simulator berkebun. Di sini permainan dilakukan dengan aktivitas pertanian seperti menyiangi rumput, mempekerjakan petani, juga kegiatan lainnya.

Pemain juga bisa melakukan trading aset berupa tanaman. Keuntungan yang dihasilkan nantinya digunakan untuk memperkaya pertanian dan ditukar menjadi mata uang digital. Agar lebih menantang, terdapat sistem peringkat top 100 setiap minggunya. Pemenang kompetisi ini berhak atas hadiah berupa token GALA. 

Selain itu, pemain pun mendapatkan pengalaman play to earn dengan menyelesaikan misi yang tersedia. Termasuk tujuan harian dan mengumpulkan bintang dalam waktu tertentu. Nantinya, pemain akan mendapatkan hadiah berupa token bernama TOWN. 

7. League of Kingdoms

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuanilustrasi game League of Kingdoms (leagueofkingdoms.com)

Saatnya memainkan gim NFT yang membuatmu berpikir sedikit lebih keras. Sebab, League of Kingdoms merupakan permainan ber-genre Real Time Strategy (RTS). Game ini mengharuskan kamu membangun dan mempertahankan kerajaan agar aset berupa sumber daya yang kamu miliki tidak diambil pemain lain. 

Sekilas, permainan League of Kingdoms serupa dengan Age of Empires. Misi utamanya yakni mengembangkan peradaban dengan memanfaatkan resources alias sumber daya yang ada. Nantinya, sumber daya dan tanah yang kamu miliki menjadi aset NFT dan bisa ditukar dengan mata uang digital. 

Masuk menjadi game NFT iOS terbaik yang menantang, kamu wajib melindungi aset serta kerajaanmu dari serangan pemain lain. Semakin besar kerajaanmu, semakin besar kemungkinan diserang, tetapi semakin besar kesempatan menyerang kerajaan lain guna mengumpulkan sumber daya mereka.

8. MOBOX

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuanilustrasi MOBOX (mobox.io)

Diluncurkan awal April 2022 lalu, MOBOX jadi salah satu game NFT iOS terbaik yang patut dicoba. Permainan ini berfokus pada mining atau penambangan NFT. Nantinya, kamu bisa membeli karakter dan mulai mengumpulkan koin bernama MBOX. 

Permainan dalam MOBOX di antaranya MOMO farmer guna menyimpan MBOX-BNB, block brawler yang merupakan game pertarungan 1v1, token master, trade action, dan MOMO tactical party slayer. Semuanya bisa menghasilkan cuan sembari bermain game

NFT yang nantinya kamu hasilkan di game ini adalah MOMO, yaitu karakter persegi dengan kekuatan tertentu. Meningkatnya kekuatan MOMO dalam game berpotensi membuat pemain menerima jumlah yang lebih tinggi dari MBOX Token. Menarik, bukan?

9. Thetan Arena

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuanilustrasi game Thetan Arena (doc.thetanarena.com)

Satu lagi game NFT iOS terbaik dan mengusung konsep Multiplayer Online Battle Arena alias MOBA bernama Thetan Arena. Permainan ini merupakan game MOBA pertama yang berbasis blockchain. Tidak heran, hingga kini Thetan Arena menjadi game NFT dengan komunitas terbesar. 

Unsur dan aset utama dalam permainan Thetan Arena yakni karakter hero yang kamu mainkan. Ada 25 total karakter hero yang terbagi dalam tiga kelas yakni tank, assassin, dan marksman. Seluruhnya memiliki tingkat kelangkaan tersendiri yang mana mempengaruhi harga jual aset. 

Free to play, kamu akan mendapatkan tiga hero gratis begitu mendaftar permainan Thetan Arena. Sebagai catatan, hero cuma-cuma ini belum termasuk aset, ya. Selanjutnya, kamu dapat mengumpulkan Thetan Coin (GTHC), bertarung, serta mendapatkan hero sebanyak-banyaknya. 

10. Clash of Streamers

10 Game NFT iOS Terbaik Penghasil Cuanilustrasi game Clash of Streamers (apps.apple.com/clash of streamers)

Rekomendasi game NFT iOS terbaik terakhir yakni Clash of Streamers. Permainan ini memiliki konsep free to play alias gratis. Di sini, kamu bisa membuat karakter yang disebut pets sesuka hati bahkan menggunakan wajahmu sendiri. 

Pada Clash of Streamers, pemain berkesempatan mengumpulkan pets sebanyak-banyaknya. Pets tersebut nantinya pemain besarkan dan mengembangkan kemampuannya untuk bertanding di kompetisi mingguan guna mendapatkan keuntungan. 

Tidak hanya itu, karakter pets dalam Clash of Streamers ini bisa diekspor ke platform penjualan NFT lain seperti OpenSea, tofuNFT, dan sebagainya. Syaratnya, pemain terlebih dulu harus mengembangkan pets hingga mencapai kemampuan maksimal. Semakin tinggi level pets, semakin tinggi pula harga jualnya. 

Nah, itu dia game NFT iOS terbaik yang bisa langsung kamu mainkan. Tidak hanya asyik, menjelajah dunia NFT juga sangat potensial guna mendapatkan keuntungan digital maupun fisik. Seru!

Baca Juga: 19 NFT Termahal di Dunia, Ada yang Tembus Rp13 Triliun!

Topic:

  • Laili Zain
  • Langgeng Irma Salugiasih
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya