Comscore Tracker

Tanggal Muda Sudah Ngenes? Ini 7 Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaik

Ingat, resolusi 2020: menabung!

Tahun 2020 sudah kita jalani selama beberapa hari. Salah satu resolusi tahun baru yang sering dicetuskan oleh banyak orang adalah menabung. Kita berharap bisa menabung lebih banyak dari tahun kemarin dan meminimalkan sifat boros yang kita miliki.

Untuk mewujudkannya, kamu bisa mengunduh aplikasi perencanaan keuangan alias budget planner. Aplikasi apa saja yang perlu kita unduh?

1. AndroMoney

Tanggal Muda Sudah Ngenes? Ini 7 Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaikapkpure.com

Aplikasi pertama yang bisa kamu coba adalah AndroMoney. Sesuai namanya, aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android. Aplikasi ini bisa mempermudah kita dalam mengelola uang pribadi kita sehari-hari. Sehingga, pemasukan dan pengeluaranmu bisa dilacak dengan baik. Tampilannya yang simpel akan mempermudah dalam mengoperasikan.

AndroMoney dirilis perdana pada 16 Juli 2011 dan hingga kini telah berhasil meraih lebih dari 1 juta unduhan di Google Playstore. Dilengkapi dengan password protection, sehingga tak sembarangan orang bisa mengakses aplikasi ini. Selain itu, kamu bisa melakukan backup ke layanan Cloud Storage seperti Dropbox dan Google Docs.

2. Goodbudget

Tanggal Muda Sudah Ngenes? Ini 7 Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaikgoodbudget.com

Selanjutnya, kamu bisa mencoba aplikasi Goodbudget. Aplikasi yang dibuat oleh Dayspring Technologies ini berhasil meraih 1 juta unduhan di Google Playstore dan tersedia baik di Android maupun iOS. Dengan Goodbudget, kamu bisa mengatur keuangan sekaligus melacak pengeluaran dan pemasukan sehari-hari.

Menariknya lagi, aplikasi ini bisa disinkronisasi dalam device yang berbeda-beda, sehingga kamu tak perlu lagi mengulang dari awal. Goodbudget memiliki fitur yang bisa melacak riwayat transaksi selama 7 tahun! Setelahnya, kamu bisa melihat pengeluaran dan pemasukan selama kurun waktu tertentu dalam bentuk bagan yang mudah dipahami.

3. Bluecoins

Tanggal Muda Sudah Ngenes? Ini 7 Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaika2zapk.com

Bukan hanya itu, kamu juga bisa mencoba aplikasi Bluecoins. Aplikasi yang dirilis oleh Mabuhay Software pada 2 April 2016 ini telah diunduh sebanyak 500 ribu kali di Google Playstore. Kamu bisa memakai Bluecoins untuk mengelola uang, pengeluaran, pendapatan dan anggaran secara efektif. Cara pengoperasiannya pun mudah, lho!

Tidak hanya dipakai untuk keperluan pribadi, Bluecoins juga bisa digunakan untuk mengontrol keuangan keluarga dan bahkan bisnis kita! Menariknya, ada laporan dalam bentuk PDF yang dihasilkan setiap bulan sehingga kamu bisa mengetahui datang dan perginya uangmu. Sifat boros kita akan perlahan-lahan mulai berkurang!

4. Spendee

Tanggal Muda Sudah Ngenes? Ini 7 Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaikplay.google.com

Apa yang membuat aplikasi Spendee layak untuk diunduh? Spendee tidak hanya melacak pengeluaran dan pemasukan kita, tetapi bisa terhubung ke akun bank kita dengan aman! Tak heran jika aplikasi yang dirilis pada 13 November 2013 ini berhasil meraih lebih dari 1 juta unduhan di Google Playstore.

Kita pun bisa membuat perencanaan budget per bulan. Misal, untuk makanan, kita menetapkan budget Rp1 juta per bulan. Apabila kita melebihi budget itu, maka ada notifikasi yang muncul, sehingga kita bisa mengontrol diri. Spendee memiliki beragam mata uang, sehingga cocok digunakan ketika sedang berlibur di luar negeri.

Baca Juga: 7 Aplikasi Manajemen Keuangan Terbaik untuk Android di 2019, Yuk Coba!

5. Money Manager

Tanggal Muda Sudah Ngenes? Ini 7 Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaikplay.google.com

Jangan melewatkan aplikasi bernama Money Manager ini! Aplikasi dengan logo celengan babi ini dapat membantu melacak aktivitas keuangan dengan mudah dan efisien. Money Manager memiliki desain yang sederhana sehingga sangat mudah digunakan. Cukup luangkan waktu beberapa menit per hari, maka keuanganmu akan lebih tertata.

Semenjak dirilis pada 23 Mei 2018, aplikasi ini sukses meraih lebih dari 1 juta unduhan di Google Playstore. Ada pula laporan keuangan tentang pengeluaran dan pemasukanmu dalam periode waktu tertentu. Tak perlu khawatir lupa, karena Money Manager selalu mengingatkan kita untuk mencatat transaksi keuangan setiap hari.

6. Money Manager Expense & Budget

Tanggal Muda Sudah Ngenes? Ini 7 Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaikandroidauthority.com

Masih ada banyak aplikasi yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah Money Manager Expense & Budget yang dibuat oleh pengembang bernama Realbyte Inc. Semenjak dirilis pada 5 Maret 2013, aplikasi ini telah meraih lebih dari 5 juta unduhan di Google Playstore. Aplikasi ini tercipta untuk mencatat transaksi pribadi maupun bisnis.

Setelah rutin mencatat pengeluaran dan pemasukan, kamu bisa melihat transaksi harian, mingguan dan bulanan. Tak perlu khawatir soal privasi, karena ada passcode supaya aplikasi ini tetap aman. Ada pula statistik laporan keuangan bulanan dalam bentuk grafik. Selain itu, kamu bisa melakukan backup dan restore, sehingga datanya tidak hilang.

7. 1Money

Tanggal Muda Sudah Ngenes? Ini 7 Aplikasi Perencanaan Keuangan Terbaikplay.google.com

Terakhir, kamu bisa mengunduh aplikasi bernama 1Money. Aplikasi yang diluncurkan oleh PixelRush pada 7 September 2017 ini berhasil meraih 1 juta unduhan di Google Playstore. Dengan 1Money, kamu akan tahu ke mana uangmu pergi. Dengan sekali tekan, kamu bisa menambahkan transaksi baru dan memasukkan jumlah pengeluaran dan pemasukan.

Pengeluaran dan pemasukan harian kita akan tampil dalam bentuk diagram lingkaran. Kamu pun akan tahu pengeluaran terbesar sehari-hari berasal dari mana.

Kamu pun bisa memakai beragam mata uang, tidak hanya rupiah saja. Ada pula fitur sinkronisasi sehingga seluruh data bisa diamankan di penyimpanan cloud.

Nah, itulah 7 aplikasi perencanaan keuangan yang bisa kamu unduh ke gadget masing-masing. Yuk catat pemasukan dan pengeluaran harianmu di aplikasi tersebut!

Baca Juga: 5 Aplikasi Android Gratis untuk Lacak Orang Terdekat Kamu

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You