Comscore Tracker

Dear Millennials, Ini 5 Kesalahan Fotografi Paling Umum dan Solusinya!

Gak harus pakai kamera mahal kok

Kamu mungkin bukan fotografer profesional, tapi pasti kamu ingin untuk bisa mengambil gambar dengan bagus kan? Wajar saja, karena sekarang adalah zamannya media sosial, di mana foto yang bagus adalah parameter keindahan profil medsosmu juga.

Kalau berbicara tentang fotografi, kamu mungkin membuat beberapa kesalahan yang cukup sederhana yang tidak kamu sadari. Berikut ini lima kesalahan fotografi paling umum dan cara memperbaikinya!

1. Mengalami hasil foto motion blurred

Dear Millennials, Ini 5 Kesalahan Fotografi Paling Umum dan Solusinya!pexels.com

Ada trik untuk mengambil foto yang tajam dan bersih, bahkan meski kamu tidak memiliki tripod. Setiap goyangan ke kamera dapat menyebabkan gangguan pada hasil foto dan menyebabkan buram.

Pastikan untuk menaikkan shutter speed kameramu, jagalah agar kamera diam ketika kamu mengambil gambar, tekan tombol untuk mengaktifkan shutter, tapi hanya tekan setengah. Ini akan membuat kamera berusaha memfokuskan diri ke objek yang difoto.

Selain itu, pastikan objek yang kamu ambil gambarnya tidak bergerak, dan kalaupun bergerak, sesuaikan dan aktifkan fitur auto fokus, yang rata-rata sudah dimiliki banyak kamera. Kalau kameramu punya auto focus yang kontinyu saat mengambil gambar bergerak, ini akan menjadi fitur yang ideal untuk digunakan saat memotret objek bergerak.

2. Tampilnya red eye

Dear Millennials, Ini 5 Kesalahan Fotografi Paling Umum dan Solusinya!pexels.com

Pernah mengambil foto dan orang-orang yang didalam foto tersebut memiliki mata yang terlihat merah menyala? Red eye ini terjadi karena pantulan cahaya dari kamera masuk ke mata orang itu dan memantul kembali ke kamera. Tentu ada aplikasi editing yang bisa menghilangkanya, tapi ada juga trik mudah agar fotomu terhindar dari red eye.

Saat ingin memotret, pastikan orang yang dipotret itu tidak melihat ke kameramu secara tegak lurus. Bisa dengan melihat sedikit ke samping atau ke atas atau ke bawah, intinya jangan lurus ke kamera sehingga tidak terjadi perpantulan cahaya yang menyebabkan red eye.

Baca Juga: Hobi Memotret? Ini 5 Rekomendasi Smartphone dengan Kamera 20 MP

3. Tidak ada subjek foto yang jelas

Dear Millennials, Ini 5 Kesalahan Fotografi Paling Umum dan Solusinya!pexels.com

Fokus pada subjekmu. Fokus yang tidak benar adalah salah satu alasan mengapa fotomu tidak menarik. Seringkali, ketika kita mengambil foto orang, binatang, atau benda, kita tahu apa yang kita lihat ketika kita mengambil gambar. Namun saat foto itu dilihat orang lain, bisa jadi orang lain malah terfokus pada objek lain di dalam foto yang tanpa kita sadari ternyata menjadi fokus dari foto itu. Cara kita melihat suatu objek mungkin berbeda dengan cara kamera mengambil gambar tersebut.

Agar memiliki fokus dalam fotomu, pertama bisa dengan foto lebih dekat. Kedua, hindari mencoba menangkap semua objek dalam satu foto dengan berdiri terlalu jauh. Terlalu banyak objek dalam satu foto yang diambil bisa mengaburkan fokus dan membuat apa yang seharusnya ingin kita fokuskan tidak bisa tersampaikan dengan baik dalam foto tersebut.

4. Menghasilkan gambar yang distorted

Dear Millennials, Ini 5 Kesalahan Fotografi Paling Umum dan Solusinya!adammorganphotography.weebly.com

Kamu mungkin pernah ingin memotret sesuatu yang tinggi seperti menara atau yang lainnya namun hasil fotomu terlihat agak aneh karena agak cembung atau bagian atas foto terlihat semakin menyempit. Hal ini dinamakan distorsi dan biasanya terjadi kalau kamu memotret menggunakan lensa wide angle

Tergantung pada kameramu, ada beberapa yang memiliki pengaturan khusus untuk foto portrait atau kamu bisa zoom menciptakan perspektif yang lebih datar. Kalau menggunakan kamera saku yang memiliki fitur zoom digital, zoom terlalu dekat bisa mengurangi kualitas gambarmu jadi harus berhati-hati. Coba bergerak lebih dekat ke subjekmu atau perbesar hanya sebagian untuk mengambil foto portrait yang tidak terdistorsi.

5. Tidak memahami kamera sendiri

Dear Millennials, Ini 5 Kesalahan Fotografi Paling Umum dan Solusinya!pexels.com

Setiap kamera memiliki perbedaan dan persamaan dan penting untuk mengetahui apa yang harus dicari ketika membeli kamera dan memahami apa yang diperlukan oleh setiap fitur dan bagaimana itu dapat bekerja untuk mu dalam mencapai kualitas gambar yang lebih baik. Meluangkan waktu untuk membaca manual secara menyeluruh, meneliti istilah apa yang tidak kamu pahami, dan berlatih mengambil gambar dengan menggunakan fitur-fitur akan sangat membantu dalam jangka panjang.

Mengambil gambar yang ideal, bahkan ketika memulai dengan kamera baru, membutuhkan sedikit kesabaran, waktu, dan latihan. Itu bisa dilakukan, meskipun mungkin awalnya akan menghabiskan waktu. Tapi waktu itu akan terbayarkan saat kamu memiliki hasil foto-foto yang luar biasa setelahnya.

Jadi, hindari 5 kesalahan paling umum fotografi diatas untuk mendapatkan hasil foto yang lebih baik dari yang biasa kamu ambil. Tidak perlu jadi fotografer dan tidak perlu kamera yang super mahal kok.

Baca Juga: Cocok Buat Selfie, 5 Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Wide Angle

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You