Comscore Tracker

5 Cara Kreatif Menggunakan Router yang Tidak Terpakai

Router lama yang tidak terpakai jangan buru-buru dibuang

Router adalah alat yang digunakan untuk mengirimkan data melalui jaringan internet agar bisa terhubung ke perangkat yang kamu gunakan. Alat ini umumnya digunakan dalam teknologi Wi-Fi. 

Jika kamu punya router lama yang sudah tidak digunakan, ada baiknya untuk tidak dibuang dulu. Ada beberapa cara untuk menggunakan router lama yang masih berfungsi secara kreatif. Apa saja? Yuk, simak!

1. Untuk memperluas jaringan sinyal Wi-Fi

5 Cara Kreatif Menggunakan Router yang Tidak Terpakaiilustrasi jaringan Wi-Fi (unsplash.com/Praveen kumar Mathivanan

Jika kamu ingin memperluas jaringan Wi-Fi di rumah, kamu bisa menggunakan router yang sudah tidak digunakan sebagai pemanjang jaringan. Alih-alih menggunakan adaptor eternet, kamu hanya perlu menggunakan router kedua.

Dengan menggunakan cara ini, jangkauan sinyal Wi-Fi yang kamu gunakan bisa menjadi lebih luas. Walaupun terkadang cara ini akan memberikan masalah latensi, ini adalah cara ideal untuk memperluas jaringan nirkabel. 

2. Jadikan router lama sebagai Wi-Fi tamu

5 Cara Kreatif Menggunakan Router yang Tidak Terpakaiilustrasi router (unsplash.com/Misha Feshchak)

Jika kamu punya tamu reguler, ini adalah metode yang cocok. Dengan menggunakan router lama sebagai Wi-Fi tamu, mereka akan mempunyai jaringan Wi-Fi tersendiri.

Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa memberikan akses tanpa kata sandi ke jaringan Wi-Fi kamu yang terlindung dengan kata sandi. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Wi-Fi tamu dari router lama yang kamu gunakan. 

3. Jadikan sebagai penyimpanan jaringan terlampir (NAS)

5 Cara Kreatif Menggunakan Router yang Tidak Terpakaiilustrasi router (unsplash.com/Compare Fibre)

Penyimpanan jaringan terlampir adalah penyimpanan data komputer yang bisa terhubung ke jaringan kamu. Cara ini akan mengubah router lama kamu menjadi hard disk yang bisa terhubung ke jaringan yang kamu gunakan.

Cara ini hanya bisa dilakukan untuk router yang menggunakan firmware khusus (seperti DD-WRT) dan memiliki port USB. Kamu juga akan bisa mengakses konten perangkat apa pun yang terhubung dengan USB melalui router lama yang kamu gunakan. 

Baca Juga: Samsung Galaxy S22 Ultra Lahirkan Film Berkualitas

4. Bisa jadi host laman web

5 Cara Kreatif Menggunakan Router yang Tidak Terpakaiilustrasi router (unsplash.com/Compare Fibre)

Router juga bisa menjadi host laman web sederhana. Cara ini mungkin hanya bisa digunakan untuk situs web rumahan saja. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk berbagi informasi penting dengan kerabat kamu. 

Tidak hanya itu, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai blog karena firmware router yang bisa disesuaikan dapat mendukung perangkat lunak umum seperti Linux, Apache, MySQL, PHP (LAMP). Itu artinya, kamu mungkin bisa menginstal WordPress dengan router lamamu. 

5. Jadikan sebagai VPN

5 Cara Kreatif Menggunakan Router yang Tidak Terpakaiilustrasi router (unsplash.com/Manik Roy)

Router yang didukung dengan firmware yang bisa disesuaikan dapat dihubungkan dengan perangkat lunak VPN. Itu artinya, jika kamu memiliki akun VPN, seperti ExpressVPN, akun tersebut bisa dihubungkan ke router.

Jika kamu melakukan ini, setiap perangkat yang terhubung ke jaringan kamu akan terlindungi oleh VPN. Kamu tidak perlu menginstal aplikasi VPN secara individual di perangkat yang kamu gunakan.

Itulah cara kreatif menggunakan router yang tidak terpakai. Kamu bisa menggunakan router lama untuk memperluas jaringan atau bahkan menggunakannya sebagai VPN. Jika kamu mempunyai alat elektronik lain yang sudah tidak terpakai, ada baiknya untuk mendaur ulang perangkat tersebut. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Fitur Tersembunyi Windows 11, Memudahkan Hidupmu!

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya