Comscore Tracker

5 Etika Berkunjung ke Tempat Asing ketika Traveling, Tahu Adab!

Ke manapun kamu pergi, tetap harus beretika dan tahu diri

Ketika travelingtentu kamu meninggalkan tempatmu menuju ke lokasi yang cukup jauh. Baik untuk urusan kerja, liburan, atau sekadar melepas penat. Terlepas dari hal tersebut, ketika traveling, kamu wajib menjaga etika ketika masuk ke daerah orang lain. 

Sebab, setiap desa, kota, atau negara tentu punya aturan yang harus dipatuhi. Sebagai pengunjung, kamu harus taat serta menjaga etika selayaknya tamu yang bertandang ke rumah orang lain. 

Apa saja etika yang harus kamu jaga tersebut? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

1. Gak boleh merusak atau mengotori dengan sampah

5 Etika Berkunjung ke Tempat Asing ketika Traveling, Tahu Adab!ilustrasi bepergian (pexels.com/VitAp Swf)

Kalau kamu traveling dan datang ke tempat asing, maka kamu wajib banget menjaga sikap dan juga kebersihan selama di sana. Misalnya seperti tidak mencoret-coret atau merusak monumen penting, dan juga tidak boleh buang sampah sembarangan. 

Karena selain untuk menghormati orang-orang di sana yang tempatnya kamu kunjungi, juga demi menjaga dirimu sendiri dari karma mistis. Sebab ada tempat-tempat yang percaya atau tidak bakal terkena karma buruk kalau merusak atau mengotori tempat itu sembarangan. 

2. Tahu adab dengan mengikuti aturan setempat yang berlaku

5 Etika Berkunjung ke Tempat Asing ketika Traveling, Tahu Adab!ilustrasi wanita (pexels.com/Mentatdgt)

Etika lainnya ketika traveling ke tempat asing ialah dengan mengikuti aturan setempat yang berlaku. Sebagai pendatang kamu harus tahu diri untuk menjaga adab selama masuk ke tempat orang. 

Karena ada tempat-tempat yang memberlakukan aturan tertentu seperti pakaian yang mesti tertutup, adab saat makan, dan lain-lainnya. Dengan mematuhi ini menunjukkan kalau kamu menghargai aturan di sana dan liburanmu bakal aman-aman saja karena tak melwan aturan. 

3. Gak berada di sana terlalu lama

5 Etika Berkunjung ke Tempat Asing ketika Traveling, Tahu Adab!ilustrasi santai (pexels.com/Artem Beliaikin)

Etikanya yang ketiga ialah jangan terlalu lama tinggal di tempat orang. Meskipun kamu tinggalnya di hotel atau penginapan sekalipun, berada terlalu lama di tempat asing akan menimbulkan ketidak nyamanan. 

Karena bagaimanapun juga kamu tetaplah orang asing yang merupakan pendatang. Terutama kalau tempat atau daerah yang kamu kunjungi tergolong terpencil yang masih sangat tradisional, kamu harus tahu diri untuk tidak asal tinggal di sana terlalu lama kecuali kalau ada pekerjaan atau urusan penting. 

Baca Juga: 5 Tips Traveling Sendirian, biar Bisa Benar-Benar Refreshing

4. Gak boleh mengolok atau membandingkan dengan tempat lain

5 Etika Berkunjung ke Tempat Asing ketika Traveling, Tahu Adab!ilustrasi bicara (pexels.com/Anna Pou)

Ada peribahasa yang mengatakan bahwa dimana bumi dipijak maka di situ langit dijunjung, yang mana maksudnya adalah dimanapun kamu berada maka tempat itu harus kamu junjung. Sama halnya kalau traveling ke tempat asing, kamu harus menghormati dan gak boleh menjelek-jelekkan tempat itu. 

Yang mana etika ini pasti sangat dipahami oleh para penjelajah atau yang hobi traveling, bahwa tidak boleh menghina ataupun berbicara buruk ketika berkunjung ke tempat orang. Sama seperti ketika masuk ke rumah orang, kita juga gak boleh berkata buruk mengenai rumahnya, kan. 

5. Jangan genit atau bahkan melakukan tindakan tak bermoral di sana

5 Etika Berkunjung ke Tempat Asing ketika Traveling, Tahu Adab!ilustrasi pasangan (pexels.com/Jonathan Borba)

Seorang pengunjung dan pendatang tentu sudah sewajarnya untuk bersikap tahu diri. Hal ini juga termasuk etika yang sangat penting ketika traveling, yaitu gak boleh genit dan berbuat hal senonoh di tempat atau lingkungan orang. 

Terutama genit ke penduduk setempat, bukannya disambut dengan ramah keberadaanmu justru akan meresahkan mereka. Maka dari itu bermesraan secara berlebihan dan melakukan kegiatan intim juga gak boleh demi menghargai tempat yang kamu kunjungi. 

Lima etika yang wajib dijaga kalau pergi traveling ke tempat asing di atas ada baiknya kamu terapkan, ya. Sudah sewajarnya bagimu untuk tahu diri dalam bersikap dan bertingkah laku selama berada di tempat orang lain. Jangan lupa diterapkan!

Baca Juga: 7 Dokumen Penting yang Wajib Dibawa saat Traveling ke Luar Negeri 

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya