TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

12 Tempat di Indonesia yang Populer karena Film Lokal, Pernah ke Sini?

Film memang bisa jadi media promosi wisata

Potret Bukit Wairinding di Sumba Timur (instagram.com/adiniawrst)

Siapa, sih yang tak suka nonton film? Selain menjadi sarana hiburan, film juga merupakan salah satu media promosi suatu tempat yang bisa menarik perhatian para pentonton. Tak sedikit pula tempat yang langsung ramai setelah digunakan sebagai lokasi syuting sebuah film.

Di Indonesia sendiri, banyak tempat yang sebelumnya tidak terlalu populer menjadi makin dikenal, karena pernah menjadi lokasi syuting beberapa film buatan sineas dalam negeri. Di mana saja itu? Simak ulasan 12 tempat di Indonesia yang populer karena film lokal di bawah ini, ya!

1. Sebelum jadi lokasi syuting Pengabdi Setan 2 (2022), Observatorium Bosscha lebih dulu populer saat muncul dalam film Petualangan Sherina (2000)

Potret Observatorium Bosscha di Lembang, Bandung Barat (bosscha.itb.ac.id)

2. Adegan Dian Sastro merebahkan diri di atas pasir dalam film Pasir Berbisik (2001) membuat kawasan di kompleks Gunung Bromo ini dinamai serupa

Potret kawasan Pasir Berbisik di kawasan Gunung Bromo (instagram.com/omardaniel_)

3. Film Denias, Senandung di Atas Awan (2006) membuat nama Teluk Cendrawasih makin dikenal. Pesonanya membuat siapa pun pengin ke sana

Potret Taman Nasional Teluk Cenderawasih di Papua (wondamakab.go.id)

4. Danau Habema di kaki Gunung Trikora, Jayawijaya, adalah danau tertinggi di Indonesia yang keindahannya juga diabadikan dalam film Denias, Senandung di Atas Awan (2006)

Potret Danau Habema di Jayawijaya (instagram.com/ayoketamannasional_official)

5. Kesuksesan film Heart (2006) juga diiringi dengan populernya Kawah Putih di Bandung. Tempat ini menjadi lokasi kencan Farel dan Luna

Potret Kawah Putih di Bandung (instagram.com/laderricks)

6. Pantai Tanjung Tinggi di Belitung populer sejak menjadi latar film Laskar Pelangi (2008). Pantai berbatu ini memang indah sesuai gambaran di film

potret Pantai Tanjung Tinggi di Belitung (unsplash.com/damarpilau)

Baca Juga: 7 Fakta Unik Bosscha Bandung, Lokasi Syuting Film Pengabdi Setan 2

7. Gara-gara film 5 CM (2012), jumlah pendaki yang naik ke Gunung Semeru meningkat drastis. Kamu juga terinspirasi naik gunung karena film ini?

Potret Ranu Kumbolo di kaki Gunung Semeru (unsplash.com/fnhaven)

8. Pantai Walakiri di Sumba Timur, NTT, menjadi perbincangan warganet saat menjadi latar adegan ikonik film Pendekar Tongkat Emas (2014)

pesona Pantai Walakiri (instagram.com/novarissagita)

9. Gereja Ayam adalah rumah doa di Magelang yang naik daun setelah menjadi salah satu tempat 'kencan' Cinta dan Rangga dalam film AADC (2016)

Potret Gereja Ayam di Magelang (bukitrhema.com)

10. Gak jauh dari Gereja Ayam, Punthuk Setumbu juga diserbu wisatawan setelah muncul dalam AADC 2. Masih ingat adegan apa di sini?

Potret Punthuk Setumbu di Magelang (instagram.com/carmencarmcarm)

11. Pesona Bukit Wairinding di Sumba Timur memang bikin merinding. Suasananya tenang dan magical terlihat dalam film Susah Sinyal (2017)

Potret Bukit Wairinding di Sumba Timur (instagram.com/adiniawrst)

Baca Juga: 10 Lokasi Syuting Drama Korea Yumi’s Cells 2 yang Paling Menarik 

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya