Comscore Tracker

5 Spot Paling Kece di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Memukau Banget

Benar-benar surga dunia

Beberapa hari belakangan ini, Taman Nasional Teluk Cendrawasih mendadak ramai menjadi perbincangan. Pasalnya, taman nasional perairan laut terluas di Indonesia ini baru saja dinodai oleh aksi kurang terpuji salah seorang turis.

Pada Kamis pekan lalu (9/8), vokalis band Slank, Kaka, mengunggah video yang menunjukkan sekelompok penyelam terlihat menyentuh, bahkan menunggangi ikan hiu paus. Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia Susi Pudjiastuti pun turut mengecam aksi para penyelam tersebut dan akan melakukan investigasi.

Soal pariwisata, Taman Nasional Teluk Cendrawasih di Papua Barat ini tak kalah memukau dari Raja Ampat lho. Taman nasional ini membentang dari timur Semenanjung Kwatisore sampai utara Pulau Rumberpon dengan panjang garis pantai sekitar 500 kilometer. 

Jadi penasaran kan ada apa aja di sana? Yuk, intip daftarnya berikut ini.

1. Pulau Rumberpon

5 Spot Paling Kece di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Memukau Bangetthethekpinggirdalan.blogspot.com

Pulau Rumberpon merupakan satu dari sekian banyak surga dunia yang terletak di kawasan Teluk Cendrawasih. Pulau ini memiliki Pantai Pasir Panjang dengan garis pantai sejauh 6 kilometer. Kamu bisa melakukan aktivitas asyik di sini, mulai dari pengamatan beragam satwa unik, hingga berwisata bahari, menyelam dan juga snorkeling. Jika ingin pengalaman berbeda, kamu bisa mengunjungi hutan bakau yang ada di pesisir lain dari pulau ini.

2. Pulau Nusrowi

5 Spot Paling Kece di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Memukau Bangetflickr.com/gayatribudiarni

Teluk Cendrawasih memang surganya para penyelam. Selain di Pulau Rumberpon, spot menyelam yang sangat eksotis ada di Pulau Nusrowi. Bagi para pemula, snorkeling adalah pilihan paling tepat.

3. Pulau Mioswaar

5 Spot Paling Kece di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Memukau Bangettriptrus.com

Jika ingin pengalaman yang lebih seru lagi, pergilah ke Pulau Mioswaar. Terdapat pula gua alam peninggalan zaman purba. Gua bersejarah ini memiliki kerangka leluhur etnik Wandau. Mereka dipercaya sebagai kelompok manusia pertama yang datang ke pulau ini. Kamu juga bisa menikmati pemandian air panasnya yang mengandung belerang tanpa kadar garam dan air terjun yang begitu indah.

Baca Juga: Keindahan Pulau di Sulawesi Tengah Ini Bikin Kamu Serasa di Nirwana

4. Pulau Yoop

5 Spot Paling Kece di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Memukau Bangettwitter.com/greenpeaceid

Pulau Yoop merupakan salah satu lokasi favorit untuk menyelam bertemu dengan ikan paus dan lumba-lumba. Kamu juga bisa melihat sejumlah peninggalan kolonial dari abad ke-18, lho.

5. Pulau Roon

5 Spot Paling Kece di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Memukau Bangettravellink-indonesia.com

Pulau Roon memiliki daya tarik wisata yang tak kalah memukau dibanding pulau-pulau lainnya di Teluk Cendrawasih. Selain spot menyelam dan snorkeling, kamu bisa mengunjungi gereja tua yang masih menyimpan Kitab Injil terbitan tahun 1898.

Keunikan lain di Pulau Roon yakni terdapat sebuah tempat yang dihuni beragam satwa, seperti burung dan kelelawar yang seolah setia menjaga pulau secara bergiliran, siang dan malam.

Baca Juga: 7 Kuliner Enak Khas Pulau Laskar Pelangi, Bikin Gak Pengin Pulang

Topic:

  • Andry Trisandy
  • Dewi Suci R.

Just For You