Comscore Tracker

Cari Barang Antik di Jakarta? Coba Kunjungi 5 Tempat Ini 

Persiapkan skill tawar-menawar kamu

Barang antik dan langka seringkali menarik perhatian. Banyak orang yang kini mulai melirik barang antik sebagai koleksi atau sekadar pengingat suatu masa dan kejadian tertentu. Ada banyak jenis barang antik yang sering dicari, dari yang sifatnya dekoratif hingga fungsional.

Jika kamu adalah salah satu pemburu barang antik, maka lima tempat di Jakarta ini bisa jadi medan berburu kamu. Penasaran di mana saja? Lihat daftarnya di bawah ini.

1. Jalan Surabaya, Jakarta Pusat 

Cari Barang Antik di Jakarta? Coba Kunjungi 5 Tempat Ini Jl. Surabaya merupakan pusat beragam barang antik di Jakarta (dok. pribadi/Aryo Phramudhito)

Di urutan pertama sudah pasti Jalan Surabaya, pusatnya barang antik di Jakarta. Berada di kawasan yang terbangun sejak masa kolonial, di sini kamu akan menemukan banyak sekali barang antik dan juga langka. Mulai dari pernak-pernik, kamera, kaset, hingga gramofon yang sangat sulit dicari pun bisa kamu temukan di sini.

Banyaknya toko yang menjual barang serupa di Jalan Surabaya, justru memberikan kamu pilihan yang lebih beragam. Kamu bisa bebas membandingkan kualitas barang dan harga yang sesuai dengan kemampuan kamu.

2. Pasar Taman Puring, Jakarta Selatan 

Cari Barang Antik di Jakarta? Coba Kunjungi 5 Tempat Ini Di Pasar Taman Puring juga ada banyak pilihan barang elektronik dalam kondisi baru dan seken. (dok. pribadi/Aryo Phramudhito)

Pasar Taman Puring yang ada di Jalan Kyai Maja, Jakarta Selatan terkenal dengan toko-toko yang menjual barang bekas dan antik. Mulai dari kebutuhan pokok seperti pakaian, sepatu, hingga elektronik. Setiap harinya pasar ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Meski dalam satu area pasar yang cenderung penuh dan ramai. Toko-toko di Pasar Taman Puring tampak berjajar rapi, sehingga memudahkan kamu yang sedang berburu barang antik untuk menelusuri semua area pasar.

Baca Juga: Yuk! Berburu Barang Antik di Jakarta

3. Jalan Ir. H. Juanda, Jakarta Selatan 

Cari Barang Antik di Jakarta? Coba Kunjungi 5 Tempat Ini Beberapa showroom furnitur antik berjajar di sepanjang Jl. Ir. H. Juanda. (dok. pribadi/Aryo Phramudhito)

Sedang mencari barang-barang antik untuk dekorasi rumah? Kamu bisa ke Jalan Ir. H. Juanda di Jakarta Selatan. Di sepanjang jalan ini kamu akan menemukan banyak sekali showroom barang-barang antik, mulai dari ukir-ukiran hingga furnitur. Dan jika beruntung, kamu bisa menemukan koleksi barang antik yang berumur hingga ratusan tahun dan dengan harga yang cukup menarik, lho!

Jika mengunjungi tempat ini pastikan kamu memiliki waktu yang cukup luang. Karena jarak setiap showroom memiliki barang yang unik-unik, kamu butuh waktu lebih banyak untuk menelusuri semuanya.

4. Pasar Jembatan Item, Jakarta Timur 

Cari Barang Antik di Jakarta? Coba Kunjungi 5 Tempat Ini Penjual di Pasar Jembatan Item berjajar menjual barang dagangannya di pinggir jalan. (dok. pribadi/Aryo Phramudhito)

Bukan toko yang berjajar rapi, apalagi showroom yang besar. Di Pasar Jembatan Item, Jakarta Timur kamu akan merasakan suasana yang berbeda dari tempat-tempat sebelumnya. Di sini penjual barang antik menawarkan barang dagangannya di bahu jalan sepanjang dua kilometer. Menarik bukan?

Di tempat yang cukup ramai ini kamu bisa menemukan banyak sekali lukisan, buku-buku, jam tangan, hingga batu akik. Jadi siap-siap salah fokus terus selama kamu mencari barang incaran kamu di sini.

5. Blok M Square, Jakarta Selatan 

Cari Barang Antik di Jakarta? Coba Kunjungi 5 Tempat Ini Toko-toko buku berada di area basement Blok M Square. (dok. pribadi/Aryo Phramudhito)

Jika di beberapa tempat sebelumnya kamu akan menemukan lebih banyak barang-barang yang sifatnya dekoratif, berbeda dengan di Blok M Square. Di sini kamu akan dibingungkan dengan banyaknya koleksi novel lama, komik langka, dan majalah-majalah yang bahkan tidak lagi diterbitkan.

Tidak hanya itu, buku-buku di sini bisa kamu beli secara satuan atau borongan lho. Jadi cocok untuk kamu yang mungkin sedang mengoleksi novel berseri dan komik-komik Jepang. Untuk menemukan 'surganya' pencinta buku dan pelajar ini, kamu bisa turun ke lantai basement di Blok M Square, Jakarta Selatan.

Tunggu apalagi, kamu bisa mengunjungi lima tempat tadi untuk melengkapi koleksi barang antikmu. Jangan lupa sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran kamu ya, selamat berburu!

Baca Juga: 10 Wisata Urban Kece di Kawasan Blok M dan Senopati Jakarta Selatan

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya