Comscore Tracker

5 Wisata Alam di Pulau Nias yang Suguhkan Keindahan Alam Sesungguhnya

Kondisi alamnya begitu memesona

Pulau Nias merupakan salah satu pulau besar yang masuk wilayah administrasi Provinsi Sumatera Utara yang terbagi dalam lima kabupaten atau kota. Pulau seluas 809,7 km persegi ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 130.000 jiwa.

Bicara mengenai keindahan alam, maka pulau ini memiliki berbagai destinasi wisata alam yang sayang banget buat dilewatkan. Nah, buat kalian semua yang ingin berkunjung ke Sumatera Utara, khususnya pulau Nias, maka harus menyimak beberapa ulasan tempat wisata alamnya berikut ini. 

1. Pantai Tureloto

5 Wisata Alam di Pulau Nias yang Suguhkan Keindahan Alam Sesungguhnyainstagram.com/mytrip_magazine/

Pantai Tureloto merupakan salah satu pantai yang terletak di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, serta pantai ini lokasinya persis di ujung utara Pulau Nias sehingga lokasinya cukup jauh dari kota Gunungsitoli yang berjarak sekitar 70 km. Selain itu untuk menuju ke sini tidak tersedia kendaraan umum, sehingga pengunjung hanya bisa menyewa kendaraan pribadi.

Meskipun terbilang cukup jauh, tapi untuk masalah keindahan alam, pantai ini memang bisa dibilang juaranya karena menghadirkan pemandangan laut jernih berwarna biru tosca. 

2. Air Terjun Luaha Ndroi

5 Wisata Alam di Pulau Nias yang Suguhkan Keindahan Alam Sesungguhnyablogkulo.com

Masih berada di kabupaten Nias Utara, ada lagi destinasi wisata alam yang wajib didatangi yakni Air Terjun Luaha Ndroi. Air terjun ini masuk dalam ke dalam administrasi Desa Fulolo, Kecamatan Alasa, yang letaknya ada di sebelah selatan kabupaten Nias Utara.

Air terjun ini menyajikan keindahan alam yang begitu cantik dengan air yang jernih dan meskipun tidak terlalu tinggi, tetapi permukaan air terjun ini cukup lebar serta memiliki arus air yang tidak deras sehingga cocok sebagai tempat tempat ini sangat cocok.

Baca Juga: Traveling ke Nias, Ini 5 Kuliner Khas yang Wajib Kamu Coba!

3. Air Terjun Helaowo

5 Wisata Alam di Pulau Nias yang Suguhkan Keindahan Alam Sesungguhnyainstagram.com/filemon_hulu/

Berpindah ke kabupaten Nias Selatan ada destinasi wisata menarik lainnya yaitu Air Terjun Helaowo. Air terjun yang berlokasi di Desa Sinar Helaowo, Kecamatan Gomo yang berjarak sekitar 106 km dari pusat kota Gunungsitoli. Walaupun terbilang cukup jauh, tetapi pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi untuk datang ke lokasi wisata alam ini. 

Air terjun ini memiliki aliran air yang sangat deras dan memiliki dua tingkat, sehingga terlihat sangat cantik. Tak hanya itu saja, air di sini juga terlihat begitu jernih dan segar karena langsung berasal dari sumber pegunungan. 

4. Air Terjun Mondrowe

5 Wisata Alam di Pulau Nias yang Suguhkan Keindahan Alam Sesungguhnyainstagram.com/travlr/

Masih di Kabupaten Nias Selatan adapun Air Terjun Mondrowe yang berlokasi di Desa Mondrowe, Kecamatan Lahusa. Air terjun ini memiliki ketinggian hingga 18 meter dan menjadi air terjun tertinggi di Pulau Nias. Selain itu, air terjun ini menawarkan keindahan pemandangan alam yang begitu cantik dan keuntungan lainnya adalah alirannya tidak begitu deras sehingga cocok untuk berenang. 

Sementara lokasi air terjun ini berjarak sekitar 86 km dari pusat kota Gunungsitoli, yang dapat ditempuh sekitar 2 jam. Namun, untuk menuju ke titik lokasi air terjun ini kondisi jalannya cukup licin dan curam sehingga harus berhati-hati.

5. Kepulauan Hinako

5 Wisata Alam di Pulau Nias yang Suguhkan Keindahan Alam Sesungguhnyainstagram.com/pulsesurfcharters/

Satu lagi tempat wisata alam keren di Pulau Nias, yaitu Kepulauan Hinako yang lokasinya ada di sebelah barat pulau.

Kepulauan yang masuk dalam wilayah administrasi kabupaten Nias Barat ini menghadirkan keindahan alam yang menakjubkan. Bagaimana tidak, kondisi perairan yang jernih dan pantai-pantai berpasir putih yang masih alami tentunya membuat siapa saja takjub dengan keindahannya. Maka tak mengherankan lagi apabila kepulauan ini juga menjadi destinasi wisata favorit bagi turis domestik maupun mancanegara di Nias.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke sini, maka harus menggunakan kapal reguler dan cepat yang melayani dari pelabuhan Sirombu. 

Sudah tahu kan kelima destinasi wisata alam di Pulau Nias yang keren-keren dan menyajikan pemandangan alam memesona. Mana nih yang paling ingin kamu kunjungi?

Baca Juga: 5 Wisata Alam Laut di Gorontalo yang Lagi Hits dan Wajib Kamu Kunjungi

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya