Comscore Tracker

5 Destinasi Air Terjun Menakjubkan di Benua Afrika, Bikin Terpesona!

Jangan sampai terlewatkan saat ke Afrika

Benua Afrika menawarkan pesona alam yang memukau sehingga banyak mengundang para wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk berkunjung ke wilayah yang memiliki iklim tropis tersebut.

Selain dikenal dengan padang savananya yang memesona, Afrika juga memiliki destinasi air terjun indah yang tersebar di beberapa negara seperti Maroko, Ethiopia, Uganda, dan masih banyak lagi.

Menjadi salah satu wisata alam favorit yang sering dikunjungi oleh turis domestik dan mancanegara, inilah lima air terjun menakjubkan yang terdapat di wilayah Afrika.

1. Air Terjun Victoria

5 Destinasi Air Terjun Menakjubkan di Benua Afrika, Bikin Terpesona!Air terjun Victoria (instagram.com/arturcabral)

Air Terjun Victoria merupakan destinasi yang wajib dikunjungi selama liburanmu di benua Afrika. Bagaimana tidak, air terjun yang terletak di perbatasan negara Zimbabwe dan Zambia ini dinobatkan sebagai air terjun terbesar di dunia.

Dilansir Tripsavvy, Air Terjun Victoria memiliki lebar 1708 meter dengan ketinggian 107 meter di mana setiap menitnya menjatuhkan lebih dari 500 juta liter air.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Victoria mulai dari bulan Februari hingga Mei dikarenakan pada saat itulah debit air yang turun menjadi lebih besar sehingga dapat menjadi tontonan yang menarik bagi wisatawan.

2. Air Terjun Blue Nile

5 Destinasi Air Terjun Menakjubkan di Benua Afrika, Bikin Terpesona!Air terjun Blue Nile (instagram.com/gmalimran)

Salah satu daya tarik dari Air Terjun Blue Nile adalah tempat ini sering diselimuti kabut tebal yang membuat suasana di sekitarnya terlihat sangat memesona. Air terjun ini berada di wilayah Ethiopia dan memiliki tinggi 54 meter serta lebar 396 meter di mana airnya berasal dari pertemuan dari empat sungai. Selain itu, di dekat air terjun terdapat pembangkit listrik tenaga air yang dibangun pada tahun 2003.

Untuk dapat melihat keindahan dari Air Terjun Blue Nile secara keseluruhan, maka para pengunjung dapat melakukan pendakian di mana tersedia dua jalur pendakian dengan medan perjalanan yang berbeda.

Baca Juga: 8 Objek Wisata di Johannesburg, Afrika Selatan yang Menarik Banget!

3. Air Terjun Murchison

5 Destinasi Air Terjun Menakjubkan di Benua Afrika, Bikin Terpesona!Air terjun Murchison (.instagram.com/waterfall_trails_africa)

Air terjun Murchison berada di wilayah Murchison Falls National Park, Uganda. Yang menjadikan air terjun ini unik adalah letaknya yang diapit oleh dua ngarai dan hanya memiliki lebar 7 meter dan tinggi 42 meter. Setiap menitnya sekitar 187 juta liter air mengalir dari atas tebing.

Di sekitar Air Terjun Murchison juga menjadi habitat beberapa satwa liar khas Afrika seperti gajah, bufallo dan jerapah. Tempat ini menjadi destinasi paling favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Uganda.

4. Air Terjun Tugela

5 Destinasi Air Terjun Menakjubkan di Benua Afrika, Bikin Terpesona!Air terjun Tugela (instagram.com/mochileros.viajeros)

Memiliki ketinggian 948 meter membuat air terjun Tugela masuk dalam daftar air terjun tertinggi di dunia.

Dilansir Volunteerencounter, selama musim dingin, puncak dari air terjun akan membeku dan hal tersebut tentunya menjadi pemandangan yang unik bagi orang Afrika serta mengundang banyak wisatawan. Namun, saat musim kering tiba, Air Terjun Tugela akan mengering dan merupakan waktu yang tidak tepat untuk mengunjungi tempat ini.

Air Terjun Tugela terletak di Taman Nasional Africa’s Royal Natal, Afrika Selatan.

5. Air Terjun Ouzoud

5 Destinasi Air Terjun Menakjubkan di Benua Afrika, Bikin Terpesona!Air terjun Ouzoud (instagram.com/igorvodkann)

Berlibur ke negara Maroko jangan lupa berkunjung ke Air Terjun Ouzoud yang dikenal memiliki pesona alam yang menakjubkan dikarenakan terletak di sisi pegunungan Atlas. Selain itu, akses untuk menuju lokasi air terjun sangat mudah dijangkau oleh wisatawan.

Air Terjun Ouzoud memiliki tinggi 110 meter dan masuk dalam daftar air terjun terindah di dunia. Di dasar air terjun para pengunjung dapat berenang atau sekadar menikmati pemandangan alam sekitar yang memukau.

Nah, itulah beberapa destinasi air terjun terkenal yang terdapat di wilayah benua Afrika. Jangan lupa untuk mengabadikan momen berhargamu ketika mengunjungi air terjun tersebut.

Baca Juga: 7 Taman Nasional Paling Populer di Benua Afrika, Pesonanya Menakjubkan

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya