10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di Dunia

Pengalaman liburan terbaik bisa kamu temukan di sini

Dubai merupakan salah satu kota termewah di Uni Emirat Arab. Kota ini terkenal dengan arsitekturnya yang sangat modern. Menurut Shahab Shayan, Senior Manager of International Operations dari Department of Economy and Tourism Dubai (DET), Dubai telah menyambut 9,83 juta wisatawan internasional selama periode Januari-Juli 2023.

Angka tersebut melampaui jumlah kunjungan wisatawan dibanding sebelum pandemik di periode yang sama, tepatnya pada 2019. Hal ini semakin menguatkan status dan posisi Dubai sebagai destinasi pariwisata global terpopuler.

Sebagai pusat perhubungan dunia yang memiliki akses strategis, Dubai bisa memadukan keindahan budaya dan modernitas. Selain berbagai bangunan ikonik, Dubai juga memiliki daya tarik budaya dan sejarah yang mampu menarik jutaan pengunjung internasional.

Bahkan, keberagaman wisata Dubai dinobatkan sebagai destinasi global nomor satu, selama dua tahun berturut-turut dalam Tripadvisor's Travelers Choice Award 2023. 

Selain berbagai pengalaman uniknya, Dubai berkomitmen untuk memberikan pelayanan
kelas dunia, serta mengundang wisatawan Indonesia untuk berkunjung. Nah, jika kamu berkesempatan liburan ke Dubai, berikut beberapa rekomendasi wisata di Dubai yang bisa kamu kunjungi. 

1. Burj Khalifa

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaBurj Khalifa (instagram.com/globusherz)

Burj Khalifa menjadi gedung tertinggi di dunia yang mewakili jantung Kota Dubai. Tingginya sekitar 828 meter, bangunan megah ini berada di sebelah Dubai Mall.

Pemandangan Burj Khalifa yang tak tertandingi ini bisa kamu lihat dari beberapa dek observasi, tepatnya di puncak di lantai 124 dan 125, serta salah satu dek observasi tertinggi di dunia di lantai 148.

2. Coffee Museum

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaCoffee Museum, Dubai (instagram.com/coffeemuseum)

Coffee Museum menjadi bagian penting dari budaya Arab. Di dalamnya, kamu bisa mengetahui asal usul kopi, alat penggiling kopi yang digunakan pada perang dunia pertama, hingga beberapa artefak. Masuknya gratis, dilengkapi kafe museum di lantai dasar.

3. Museum of The Future

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di Duniapotret museum of the future (instagram.com/lebtivity)

Museum of The Future menjadi salah satu landmark paling terkenal di Dubai. Didirikan oleh Dubai Future Foundation dan diresmikan pada 22 Februari 2022. Museum ini mengeksplorasi bagaimana masyarakat bisa berkembang dalam beberapa dekade mendatang dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain itu, disebut sebagai 'museum hidup', karena pengunjung bisa melihat elemen yang bergerak, pameran tradisional, teater imersif, dan berbagai atraksi tematik.

4. Dubai Aquarium and Underwater Zoo

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaDubai Aquarium (instagram.com/ramadajbrdubai)

Ingin menjelajahi salah satu akuarium terbesar dan terindah di dunia? Jangan lewatkan Dubai Aquarium and Underwater Zoo. Memiliki tangki raksasa berkapasitas 10 juta liter air, yang berisi lebih dari 33.000 hewan laut.

Wisata yang satu ini diminati orang dewasa maupun anak-anak. Kamu bisa berjalan menyusuri terowongan akuarium sepanjang 48 meter, tur perahu berlantai kaca, putri duyung, snorkeling, dan berenang bersama hiu.

5. Dubai Frame

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaDubai Frame (unsplash.com/Shreyas Gupta)

Dubai Frame menjadi salah satu spot yang paling terkenal, sama seperti bangunan ikonik Burj Khalifa. Landmark ini berada di Taman Zabeel dengan pemandangan kota yang indah.

Dengan tinggi 150 meter dan lebar 93 meter, dilengkapi jembatan yang menghubungkan kedua menara, Dubai Frame memiliki konsep unik pada strukturnya yang menyerupai bingkai foto. 

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaWisata terbaik di Dubai (IDN Times/Sukma Mardya Shakti)

6. Masjid Jumeirah

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaMasjid Jumeirah, Dubai (instagram.com/tasyatasiong)

Masjid Jumeirah juga menjadi salah satu landmark paling ikonik di Dubai. Masjid ini cukup besar, bisa menampung lebih dari 1.200 jamaah dan seluruh bangunan dari batu putih.

Ditambah ada menara kembar yang menjulang tinggi, membingkai kubah tengah yang besar. Pengunjung dari berbagai agama bisa masuk ke dalam masjid untuk belajar tentang Islam dan budaya lokal.

Baca Juga: 6 Sisi Gelap Dubai yang Tersembunyi di Balik Kemewahannya

7. The Palm Island

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaThe Palm Island (instagram.com/dubai)

The Palm Island merupakan pulau berbentuk palem yang ikonik di Dubai. Tempat ini memadukan wilayah perkotaan antara pemukiman, resor bintang lima, restoran yang hits, dan klub pantai yang apik. Pemandangan The Palm Island bisa kamu lihat dari pesawat atau saat terjun payung. 

8. Desert Safari Dubai

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaPlatinum Heritage Desert Camp (instagram.com/bastienbbr)

Desert Safari Dubai menjadi alternatif wisata alam yang populer di Dubai. Kamu bisa mengelilingi gurun pasir dengan mobil jeep, sand boarding, berkemah, dan menikmati sunrise yang menakjubkan.

Selain itu, kamu bisa menunggangi unta yang menjadi cara ideal untuk menjelajah gurun pasir. Gak hanya itu, ada safari gurun malam hari yang memberikan pengalaman berbeda.

9. Jumeirah Beach Residence

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaIlustrasi Jumeirah Beach Residence (instagram.com/youtravel_official)

Jumeirah Beach Residence merupakan perumahan mandiri di kawasan pantai yang berada di antara Teluk Arab dan Dubai Marina. Kawasan pantai ini menawarkan suasana yang menarik, tempat kuliner, dan tempat belanja terbaik di Dubai.

Di dalam gedung tersebut, terdapat hotel, pertokoan, dan fasilitas lainnya. Jumeirah Beach Residence dibagi menjadi enam blok, yakni Murjan, Sadaf, Bahar, Rimal, Amwaj, dan Shams. 

10. AYA Universe

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaIlustrasi AYA Universe (instagram.com/ayauniverse___)

AYA Universe ini cocok dikunjungi bagi para pencinta foto estetik, yang ingin melengkapi feed media sosial mereka. Tempat wisata ini menawarkan lebih dari sekadar spot fotografi.

Saat memasuki ruangan seluas 40.000 kaki persegi ini, kamu akan dikelilingi suara, lampu, dan grafik berteknologi tinggi dengan 12 zona berbeda, yang masing-masing spot menceritakan kisah berbeda.

10 Rekomendasi Wisata di Dubai, Destinasi Global Nomor 1 di DuniaWisata terbaik di Dubai (IDN Times/Sukma Mardya Shakti)

Itu dia beberapa rekomendasi wisata di Dubai, Uni Emirat Arab, yang bisa menjadi pertimbangan untuk masuk ke dalam itinerary liburanmu. Gimana, jadi pengin buru-buru pesan tiket pesawat ke Dubai, kan ?

Baca Juga: 7 Hal yang Harus Dihindari saat Liburan ke Dubai, Kamu Bisa Dipenjara

Topik:

  • Dewi Suci R.
  • Bayu Nur Seto

Berita Terkini Lainnya