Comscore Tracker

5 Tempat Wisata di Varna-Bulgaria yang Bikin Suasana Hati Ceria

Banyak destinasi seru yang wajib masuk wishlist-mu!

Varna yang menjadi kota terbesar di Bulgaria juga bisa dikatakan sebagai kota wisata di negara Balkan tersebut. Letaknya yang strategis di Teluk Varna, membuat kota ini tentu menjadi pusat ekonomi, sosial dan budaya selama kurang lebih tiga milenium.

Wisata-wisata di Varna setidaknya selalu menjadi tujuan para pelancong dari berbagai negara di dunia ketika mengunjungi Bulgaria. Tak kalah dengan Budapest, Varna menyimpan banyak tempat yang seru untuk dijelajahi. Penasaran? Berikut informasinya.

1. Sea garden

5 Tempat Wisata di Varna-Bulgaria yang Bikin Suasana Hati CeriaSea Garden (instagram.com/novavarna)

Sea garden merupakan sebuah taman kota yang paling populer di kota Varna. Taman tertua di Varna ini juga dinobatkan sebagai taman terbesar di Balkan. Terletak di sepanjang pantai Varna, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan Laut Hitam yang indah.

Selain itu, berbagai jenis bunga yang di tanam di Sea Garden menambah kecantikan tempat ini karena warna-warninya yang menawan. Ditambah lagi adanya monumen pantheon yang menjadi simbol nasional Bulgaria.

2. Historical park

5 Tempat Wisata di Varna-Bulgaria yang Bikin Suasana Hati CeriaHistorical Park (instagram.com/historicalpark)

Terletak di Desa Neofit Riski, sekitar 33 kilometer dari pusat kota Varna, Historical Park menjadi sebuah taman bersejarah yang berukuran raksasa dengan mencakup area seluas 50 hektar.

Di dalamnya, wisatawan akan dibawa kembali 10.000 tahun yang lalu di mana perjalanan interaktif tersebut meliputi lima masa peradaban manusia. Selain itu, Historical Park juga menyediakan berbagai wahana-wahana edukatif yang sulit untuk dilewatkan.

Baca Juga: 10 Destinasi Eropa ala Film Indonesia yang Bisa Jadi Rujukan Liburan

3. Retro museum

5 Tempat Wisata di Varna-Bulgaria yang Bikin Suasana Hati CeriaRetro Museum (instagram.com/tita_bandita)

Museum yang dibuka bertepatan dengan hari buruh sedunia tahun 2015 ini memiliki berbagai koleksi dari periode 1944-1989. Retro Museum sendiri berlokasi di dalam pusat perbelanjaan terbesar di kota Varna, yaitu Grand Mall.

Selain menampilkan lebih dari 50 mobil merek Volga, Moskvich, Skoda, Trabant, dan lain-lain, museum ini juga memiliki berbagai koleksi patung lilin dari para tokoh-tokoh yang sangat dihormati di Bulgaria.

4. Stone Forest

5 Tempat Wisata di Varna-Bulgaria yang Bikin Suasana Hati CeriaStone Forest (instagram.com/v.for.varna)

Varna juga mempunyai situs sejarah berupa reruntuhan kuno dalam kawasan Stone Forest. Hingga sekarang, tak ada yang tahu dari zaman apa batu-batu itu muncul. Berbagai spekulasi dari beberapa teori dan legenda juga belum bisa memecahkan misteri tempat ini.

Tiang-tiang batu yang masih berdiri kokoh tersebut memiliki tinggi sekitar 7 meter. Di mana di tengah-tengah tiang tersebut juga terdapat sebuah rongga. Tak ayal, keunikannya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang.

5. The "Dormition of the Mother of God" Cathedral

5 Tempat Wisata di Varna-Bulgaria yang Bikin Suasana Hati CeriaVarna Cathedral (instagram.com/varnacitycard)

Mungkin jika bicara Katedral ini, sebagian orang sudah tak asing lagi. Mengingat selain menjadi landmark kota Varna, katedral ini juga menjadi ikon wisata negara Bulgaria. Lokasinya yang berada di Alun-alun Varna, menjadikan Katedral ini sebagai tempat favorit para wisatawan.

The "Dormition of the Mother of God" Cathedral sudah dibangun sejak 1857, di mana batu pertama pada pembangunan kuil ini diletakkan oleh Pangeran Alexander I dari Battenberg. Beberapa kali mengalami renovasi, katedral ini dipercantik dengan material berbahan dasar emas dan perak yang membuatnya berkilau.

Varna memiliki berbagai destinasi wisata mulai dari taman-taman yang indah, museum, dan berbagai situs sejarah. Tentunya, kota tersebut sangat wajib masuk wishlist-mu ketika berkunjung ke Bulgaria.

Baca Juga: 7 Tempat 'Korea Rasa Eropa' dalam KDrama Dali and Cocky Prince

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya