Comscore Tracker

5 Mitos Unik Wisata Pantai di Dunia, Ada Indonesia Juga! 

Mitos sekaligus keindahan yang patut dikunjungi

Pantai jadi destinasi liburan favorit di seluruh dunia. Selain lanskap yang sungguh indah, suasana serta suara deburan ombak dengan hamparan pasir memiliki kesan tersendiri bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Sejak dahulu, orang-orang dari berbagai kebudayaan melihat dan mengenal pantai dalam berbagai cerita, kepercayaan, hingga legenda yang masih sering kita dengar sampai saat ini. Menariknya, pantai juga hampir diidentikan dengan berbagai mitos, lho.

Pantai kerap dihubungkan dengan sosok dewi surga, ratu penguasa lautan, seekor naga, hingga berbagai macam mitos horor lainnya. Berikut ini beberapa mitos terkenal yang melekat pada pantai di dunia.

1. Miho no Matsubara Beach, Jepang

5 Mitos Unik Wisata Pantai di Dunia, Ada Indonesia Juga! Pantai Miho no Matsubara (instagram.com/rabbityama)

Kisah seorang Dewi dari surga menjadi sebuah mitos di balik keindahan Miho Beach, pantai berpasir hitam favorit sebagian besar wisatawan asal Eropa di Jepang. Dikisahkan Dewi tersebut tidak sengaja terbang melintas di atas perairan Miho no Matsubara.

Pemandangan Pantai Miho yang sangat indah membuat Dewi tersebut jatuh cinta dan turun untuk sekadar bermain air di perairan indah. Namun, tanpa diduga, muncul seorang nelayan mengambil jubah bulunya. Tanpa jubah itu, Sang Dewi tidak dapat kembali menuju surga.

Dewi yang ingin segera pulang pada akhirnya terpaksa melakukan tarian saat senja musim bunga. Setelah menari, sebagai syarat dari nelayan yang akan bersedia mengembalikan jubahnya, sang dewi segera kembali menuju surga di bawah indahnya cahaya bulan.

Selain kisah Sang Dewi dari surga, terdapat beberapa kisah mitos Pantai Miho lainnya. Walaupun begitu, hampir sebagian besar dari mitos dan legenda tersebut masih tetap memiliki keterkaitan dengan tari, seni, drama, dan keindahan alam. Oleh karenanya, pantai sepanjang 7 kilometer ini menjadi bagian dari Warisan Dunia UNESCO pada 1999.

2. Pantai Parangtritis, Indonesia

5 Mitos Unik Wisata Pantai di Dunia, Ada Indonesia Juga! Pantai Parangtritis (instagram.com/fadhilbelajarpotret)

Berikutnya berasal dari salah satu pantai di Selatan Pulau Jawa dari Indonesia, yakni Pantai Parangtritis. Banyak masyarakat Indonesia percaya bahwa seluruh Pantai Selatan tanpa terkhususnya Pantai Parangtritis adalah wilayah kekuasaan dari ratu penguasa laut, Nyi Roro Kidul.

Bagi pencinta hal-hal mistis dan sebagainya, tentu sudah mengenal sosok Nyi Roro Kidul. Terdapat mitos di Pantai Parangtritis salah satunya tentang larangan menggunakan pakaian berwarna hijau. Bagi siapa pun yang melanggar, maka akan diseret ombak tinggi sebab warna hijau adalah warna kesukaan dari Nyi Roro Kidul.

Tidak sampai di situ, banyak warga sekitar mempercayai bahwasanya Pantai Parangtritis merupakan gerbang menuju kerajaan lain. Walau begitu kental akan mitos Nyi Roro Kidul, Pantai Parangtritis tetap menjadi destinasi wisata pantai yang ikonik di Yogyakarta.

3. Reynisfjara Beach, Islandia

5 Mitos Unik Wisata Pantai di Dunia, Ada Indonesia Juga! Pantai Reynisfjara (pixabay.com/Susan1111)

Berada di Selatan Islandia, Reynisfjara atau Pantai Reynisfjara memiliki keunikan berupa pasir pantai vulkaniknya yang berwarna hitam. Keunikan lain, adanya sebuah tumpukan batu basal di bawah Gunung Reynisfjall dekat Desa Vík í Mýrdal di Islandia Selatan.

Suasana pantai yang hening serta sedikit suram diyakini muncul dari adanya sebuah mitos. Konon, dulu terdapat seorang istri yang diculik oleh makhluk mitologi bernama Troll. Sang suami yang marah langsung memburu Troll tersebut dan membunuhnya, lalu menguburnya di Pantai Reynisfjara.

Berdasarkan mitos yang beredar, pasir yang berubah menjadi hitam diakibatkan karena peristiwa tersebut. Alasan dari Troll dapat terbunuh adalah sebab telah membeku pada saat matahari terbit kala itu.

Baca Juga: 10 Wisata di Yogyakarta yang Sarat Akan Mitos, Pernah ke Sini?

4. Dumas Beach, India

5 Mitos Unik Wisata Pantai di Dunia, Ada Indonesia Juga! Pantai Dumas (instagram.com/randomclicks3000)

Masih berlanjut dengan keindahan pantai berpasir hitam, selanjutnya adalah Pantai Dumas di India Barat. Pantai ini tepatnya berada di wilayah di Gujarat Selatan.

Mitos di sekitar wilayah Pantai Dumas adalah tentang mitos horor. Hal ini dipercaya karena pantai satu ini menjadi tempat terkenal akan aktivitas paranormal yang dilakukan sekaligus sebagai pemakaman atau kremasi bagi umat Hindu.

Mitos horor sekaligus seram ini semakin dipercaya oleh masyarakat luas dengan beberapa kesaksian dari banyaknya wisatawan yang mengaku mendengar suara-suara mistis, terutama ketika malam hari tiba. Suara-suara mistis tersebut berasal dari roh-roh jahat yang berkeliaran di sekitar wilayah pantai sekaligus menjadi penyebab warna pasir berwarna hitam.

5. Cannon Beach, Amerika Serikat

5 Mitos Unik Wisata Pantai di Dunia, Ada Indonesia Juga! Cannon Beach (pixabay.com/lwiren)

Coastal Oregon adalah pesisir pantai terkenal sekaligus populer dengan penampakan batu alam yang unik dan aneh. Monumen batu alam tersebut dikenal dengan sebutan Haystack Rock setinggi 72 meter yang akan selalu tampak di sepanjang pesisir pantai.

Terletak tidak jauh dari tempat Haystack Rock sekaligus masih menjadi satu bagian dari Coastal Oregon, terdapat Cannon Beach. Pantai satu ini menjadi wisata populer yang sering dikunjungi saat berada di wilayah Oregon.

Sebuah mitos kerap kali terdengar di antara banyaknya wisatawan serta warga lokal yang saling bertemu di sekitar wilayah Coastal Oregon. Konon, terdapat sosok hantu wanita berbaju serba putih yang dipanggil Lady of Cannon Beach.

Mitos horor ini telah beredar dan terkenal di antara banyak orang sejak tahun 1980-an atau mungkin sebelumnya. Sejatinya, tidak ada yang pernah tahu dari mana asal mulanya. 

Beberapa mitos unik pantai di atas ada di dunia dari beragam kebudayaan yang berbeda. Apa daerahmu memiliki cerita mitos lain yang hampir sama atau malah berbeda?

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Lombok yang Dipenuhi Mitos, Bisa Bikin Awet Muda

Elvina Ekaningtyas Photo Verified Writer Elvina Ekaningtyas

"Don't just study hard but also study smart"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya