Comscore Tracker

6 Tempat Camping yang Seru di Bandung untuk Refreshing Akhir Pekan

Bandung memang gak pernah kehabisan tempat menarik

Bandung seakan tidak pernah berhenti menghadirkan beragam tempat yang menarik untuk dikunjungi. Bentang alamnya yang indah dengan masih segar membuat Bandung kerap dijadikan 'tempat kabur' bagi masyarakat, bahkan dari luar Bandung. 

Salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan di Bandung adalah camping atau berkemah bersama keluarga, sahabat, atau orang-orang tercinta. Banyak tempat camping di Bandung dengan harga dan fasilitas beragam yang bisa disesuaikan dengan bujet kalian.

Nah, untuk mengusir stres dan penat, cobain menginap di beberapa tempat camping di Bandung berikut ini. Kamu akan memberikan pengalaman lebih dekat dengan alam, lho!

1. Pine Forest Camp

6 Tempat Camping yang Seru di Bandung untuk Refreshing Akhir PekanPotret Pine Forest Camp di Lembang, Bandung (instagram.com/pineforestcamplembang)

Pine Forest Camp merupakan salah satu area perkemahan eksklusif di Lembang yang cukup populer. Terletak di atas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, tempat ini berada di dalam kawasan hutan pinus yang teduh, asri, udaranya sejuk, dan tentunya Instagramable banget.

Untuk menunjang area perkemahan, di Pine Forest Camp juga terdapat berbagai fasilitas umum yang bisa digunakan. Di antaranya seperti kamar mandi, toilet, gazebo, jalur trekking, area api unggun, musala, dan sebagainya.

Biar gak bosan, para pengunjung juga bisa ikut beberapa kegiatan outbond yang seru. Mulai dari flying fox, high rope, dan low rope. Untuk anak-anak, terdapat pula program adventure kids camp yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Lokasi: Desa Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Harga:

  • tiket masuk Rp25 ribu/orang/hari,
  • sewa area perkemahan mulai dari Rp50 ribu/orang/malam,
  • sewa tenda paket (termasuk tenda, kasur, bantal, sleeping bag, tiket masuk, welcome drink, sarapan, dan api unggun untuk tiga orang) mulai dari Rp600 ribu/tenda/malam.

2. Green Grass Cikole

6 Tempat Camping yang Seru di Bandung untuk Refreshing Akhir PekanGreen Grass Cikole (instagram.com/greengrass_cikole)

Masih berada di kawasan Lembang, Green Grass Cikole ini juga wajib kamu kunjungi saat suntuk dengan aktivitas sehari-hari dan butuh waktu untuk refreshing. Udaranya yang segar dipadu dengan suasana hijau dan pepohonan pinus rindang akan membuat siapa pun betah berlama-lama di sini.

Di kawasan ini, kamu bisa berkemah di beberapa campsite yang telah ditentukan dengan tipe kemah standar (tenda dome) dan campervan (menginap di dalam van). Kalau mau membawa kendaraan sendiri untuk kemah di sini juga boleh.

Fasilitas penunjang yang ada di sini pun cukup lengkap. Ada musala, stage untuk live music atau live performance, kamar mandi, toilet, wastafel untuk cuci tangan dan piring serta colokan listrik.

Biar tidak monoton, kamu bisa bermain di wahana permainan, seperti paintball, memanah, shooting target, hingga berkuda di area perkemahan.

Lokasi: Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Harga:

  • tiket masuk Rp30 ribu/orang/hari,
  • tiket kendaraan roda dua Rp6.000/unit/hari,
  • tiket kendaraan roda empat Rp15 ribu/unit/hari,
  • tiket kendaraan roda enam Rp25 ribu/unit/hari,
  • tiket campervan park Rp30 ribu/orang/malam,
  • paket camping mulai Rp200 ribu/tenda,
  • berkuda Rp40 ribu/orang.

3. Terminal Wisata Grafika Cikole

6 Tempat Camping yang Seru di Bandung untuk Refreshing Akhir PekanTerminal Wisata Grafika Cikole (instagram.com/officialgrafika)

Satu lagi tempat di Cikole, Lembang, yang seru untuk digunakan berkemah, yakni Terminal Wisata Grafika Cikole. Camping land di sini menyediakan berbagai tipe penginapan, mulai dari tenda dome, rumah panggung, urban camp, hingga pondok wisata alam.

Gak perlu khawatir, fasilitas camping di sini sudah mencakup sarapan pagi. Kalau mau makan bareng dengan keluarga bernuansa alam kamu bisa memesan menu paket yang tersedia di restoran di kompleks ini, termasuk menu liwetan. Seru, kan?

Arena outbond-nya juga tak kalah dengan tempat-tempat lainnya. Kamu bisa naik flying fox sepanjang 125-250 meter, jembatan tali, jembatan goyang, turun tebing, zip coaster, paint ball war, dan paint ball shoot. Untuk anak-anak ada Rabbit Farm, Bird Park, dan kegiatan memberi makan rusa dan domba.

Lokasi: Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 23, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Harga: 

  • tiket masuk Rp20 ribu,
  • tiket Bird Park Rp20 ribu,
  • tiket Rabbit Farm Rp15 ribu,
  • penginapan Rp460 ribu-Rp1,6 juta/malam/penginapan,
  • outbond Rp15 ribu-Rp85 ribu.

4. Green Hill Park TWA Cimanggu

6 Tempat Camping yang Seru di Bandung untuk Refreshing Akhir PekanGreen Hill TWA Cimanggu, Bandung (instagram.com/greenhill_ciwidey)

Green Hill Park TWA Cimanggu merupakan area perkemahan yang berada di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Cimanggu. Tak heran kalau di sekelilingnya ada pepohonan tinggi dan rindang.

Di kawasan ini juga terdapat pemandian air panas yang bisa dimanfaatkan untuk berendam agar tubuh rileks. Kamu bisa memilih untuk berkemah dengan tenda atau menginap di pondokan yang disediakan pihak pengelola.

Ada tipe bungalow, saung, hingga glamorous camping atau glamping. Fasilitas lain yang ada di sini antara lain gezebo, pendopo, toilet umum, kamar mandi umum, area parkir yang luas, dan wahana outbond.

Beberapa kegiatan menantang pun bisa kamu ikuti, mulai dari rafting, arung jeram, wisata ke Kawah Putih, trekking untuk mengeksplorasi hutan, paintball, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lokasi: Jalan Ciwidey, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Harga:

  • tenda kapasitas 4 orang mulai dari Rp1 juta/tenda/malam,
  • saung kapasitas 8-10 orang mulai dari Rp1,5 juta/saung/malam,
  • bungalow kapasitas 2 orang mulai dari Rp1,5 juta/bungalow/malam,
  • aktivitas lain mulai dari Rp15 ribu.

Baca Juga: 7 Tempat Camping dengan View Keren di Purwakarta, Bikin Betah

5. Bukit Moko

6 Tempat Camping yang Seru di Bandung untuk Refreshing Akhir PekanBukit Moko Bandung (instagram.com/_ahal_)

Bukit Moko barangkali bisa jadi alternatif tempat berkemah yang lebih hemat jika dibandingkan dengan tempat-tempat sebelumnya. Terletak di wilayah Cimenyan, Bukit Moko juga dikenal sebagai bukit bintang karena kamu bisa menyaksikan gemerlap Bandung pada malam hari dari sini.

Kalau ingin berkemah, kamu wajib membawa perlengkapan sendiri, seperti tenda, matras, dan sleeping bag. Urusan makanan tak perlu khawatir karena di sini banyak warung makan enak. Fasilitasnya juga cukup untuk menunjang kebutuhan, seperti tempat parkir kendaraan, toilet umum, dan musala. 

Lokasi: Kampung Buntis Bongkor, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Harga: Rp15 ribu-Rp25 ribu.

6. Wisata Batu Kuda

6 Tempat Camping yang Seru di Bandung untuk Refreshing Akhir PekanWisata Batu Kuda (instagram.com/batukudaofficial)

Berlokasi di kaki Gunung Manglayang, Wisata Batu Kuda ini kerap jadi destinasi wisatawan, terutama yang berasal dari wilayah Bandung bagian timur. Di kawasan ini terdapat hutan pinus yang rindang dan Situs Batu Kuda yang telah menjadi cagar budaya.

Di sini kamu bisa botram (berkumpul dan makan bersama dengan kolega), bersantai di hammock, hiking, olahraga, dan berkemah sambil menikmati keindahan hutan pinus. Untuk berkemah, pengelola menyediakan camping ground yang cukup luas dilengkapi dengan beberapa toilet.

Lokasi: Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Harga: Rp10 ribu-Rp12 ribu.

Itu dia beberapa tempat camping di Bandung yang tertera di bawah ini. Benar-benar dekat dengan alam, kan? Kamu mau camping di mana dulu, nih?

Baca Juga: [QUIZ] Siapa Aktor KDrama yang Cocok Camping di Gunung denganmu?

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya