Comscore Tracker

Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'

Tempat-tempatnya memorable semua!

KDrama Do Do Sol Sol La La Sol telah mengakhiri penayangannya sejak 26 November 2020 lalu. Drama yang dibintangi Go Ara, Lee Jae Wook, dan Kim Joo Hun ini ditayangkan di kanal KBS2 dan Netflix serta berhasil memikat perhatian penggemar dengan meraih rating rata-rata 3% setiap episodenya.

Do Do Sol Sol La La Sol menceritakan tentang Goo Ra Ra (Go Ara), seorang pianis muda yang kaya raya dan selalu ceria. Suatu hari, ayahnya mengalami kebangkrutan dan meninggal dunia. Ia kemudian pindah ke kota kecil bernama Eunpo dan bertemu dengan Sunwoo Joon (Lee Jae Wook), seorang pemuda misterius tetapi berhati hangat yang kerap membantunya.

Kini setelah setahun berlalu, drama ini kerap menjadi perbincangan karena moral value yang disampaikan sangat relate dengan keseharian kita. Tak hanya itu, beberapa lokasi syutingnya yang memorable juga kerap jadi tujuan wisata.

Di mana saja lokasi syuting KDrama Do Do Sol Sol La La Sol tersebut? Simak baik-baik ulasan di bawah ini.

1. Seosan Sihwa Alley

Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'potret Jalan Borimadang Seosan Sihwa Alley di Kota Mokpo (dok. KBS2/Do Do Sol Sol La La Sol)

Lahan parkir di Jalan Borimadang yang berada kawasan Seosan Sihwa Alley digunakan sebagai lokasi syuting utama drama ini dan digambarkan sebagai bagian dari kota fiksi Eunpo. Di sinilah rumah Sunwoo Joon sekaligus 'La La Piano Land' milik Goo Ra Ra dan Jin Beauty Salon kepunyaan Jin Sook Kyeong (Ye Ji Won) berada.

Seosan Sihwa Alley merupakan salah satu dari ratusan desa mural yang ada di Korea Selatan. Berlokasi di kawasan tepi laut Seosan-dong, Kota Mokpo, Provinsi Jeollanam, desa ini semula adalah pemukiman nelayan. Seiring dengan perkembangan zaman, generasi mudanya memilih untuk bekerja di kota besar sehingga wilayah ini menjadi sepi.

Pada tahun 2016, Pemerintah Kota Mokpo mencetuskan ‘Seosan-dong Sihwa Alleyway Project’ di bawah Mokpo’s Urban Regeneration Leading Area Project yang bertujuan menghidupkan kembali wilayah ini dan menjadikannya destinasi wisata dan didukung oleh Organisasi Pariwisata Korea.

2. The Raum Social Venue

Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'The Raum Social Venue (instagram.com/raum_wedding)

Pada episode 1, Goo Ra Ra hendak menikah dengan Bang Jeong Nam (Moon Tae Yoo) di  sebuah gedung mewah. Sunwoo Joon datang mengantarkan buket bunga. Tanpa diduga, ayah Ra Ra mengalami serangan jantung setelah mendengar perusahaannya bangkrut. Ibu Jeong Nam langsung menyeret putranya keluar dan pernikahan pun batal.

Tempat penyelenggaraan pernikahan Ra Ra dan Jeong Nam tersebut adalah The Raum Sosial Venue yang terletak di 564 Eonju-ro, Distrik Gangnam, Seoul.

Dibuka pada tahun 2011, kompleks ini terdiri dari bangunan empat lantai dengan lima ruang perjamuan dan taman yang sering digunakan untuk pertunjukan, pesta, pameran, dan perjamuan.

3. Mokpo Marine Cable Car Yudalsan Platform

Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'Mokpo Marine Cable Car Yudalsan Platform (mmcablecar.com)

Mokpo Marine Cable Car Yudalsan Platform ditampilkan dalam adegan 'pengenalan' kota fiksi Eunpo.

Pada episode 1, Sunwoo Joon dan Cha Eun Seok (Kim Joo Hun) yang baru saja pindah ke Eunpo mengunjungi platform ini secara terpisah untuk menikmati pemandangan. Kemudian pada episode 8, Joon naik kereta gantung menuju platform ini bersama Goo Ra Ra.

Mokpo Marine Cable Car Yudalsan Platform merupakan salah satu dari tiga platform kereta gantung yang berada di puncak Gunung Yudal (Yudalsan), Kota Mokpo, Provinsi Jeollanam.

Diresmikan pada 8 September 2019, wahana kereta gantung tersebut memiliki panjang 3,23 km (1,2 km bagiannya melintasi laut) dan tinggi 155 meter yang menghubungkan Kota Mokpo dengan Pulau Goha.

4. Youth Guest House

Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'potret Youth Guest House atau Springtime Guesthouse di Mokpo (instagram.com/mokpo_springtime)

Sunwoo Joon bekerja paruh waktu di beberapa tempat, salah satunya di kafe sandwich bernama Springtime. Goo Ra Ra kerap datang ke sini untuk melihat Joon bekerja. Begitu pula dengan Jin Ha Young (Shin Eun Soo), Lee Seung Gi (Yoon Jong Bin), dan Cha Eun Seok. Sang manager (Kim Yong Jin) menjuluki mereka sebagai 'penggemar' Joon.

Dalam kehidupan nyata, Springtime tersebut merupakan kafe sekaligus penginapan bernama Youth Guest House atau juga kerap disebut Springtime Guesthouse. Lokasinya berada di 39 Dalseong-gil, Mogwon-dong, Kota Mokpo, Provinsi Jeollanam.

Penginapan bergaya Jepang  ini menyediakan kamar mezzanine (dua lantai), halaman yang luas, berbagai macam permainan papan, proyektor untuk menonton film bersama, ruang makan, dan tempat barbekyu dengan pemandangan Gunung Yudal. Seru banget, ya?

Baca Juga: 9 Fakta Sunshine Studio yang Jadi Lokasi Syuting KDrama Mr. Sunshine

5. Sanmotoonge

Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'potret bagian depan dari Sanmotoonge di Seoul (instagram.com/iseoulu)

Goo Ra Ra sangat penasaran siapa sebenarnya sosok di balik akun Do Do Sol Sol La La Sol atau Twinkle Twinkle Little Star yang selama ini menjadi pendukung rahasianya dan telah menuntunnya pergi ke Eunpo.

Pada episode 6, sosok Do Do Sol Sol La La Sol mengajak Ra Ra bertemu di sebuah kafe untuk mengungkap jati dirinya. Jin Ha Young, Lee Seung Gi, Jin Sook Kyeong, dan Cha Eun Seok turut datang ke sini karena ingin melihat sosok tersebut.

Kafe tempat Ra Ra berencana bertemu pendukung rahasianya tersebut adalah Sanmotoonge yang terletak di area perbukitan 153 Baekseokdong-gil, Buam-dong, Distrik Jongno, Seoul.

Kafe ini dikenal karena menawarkan pemandangan lanksap Seoul yang sangat indah seperti yang terlihat dalam drama Do Do Sol Sol La La Sol.

6. Buam7

Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'potret bangunan Buam7 (instagram.com/buam7)

Buam7 ini barangkali cukup familiar di kalangan penggemar KDrama karena sering digunakan sebagai latar rumah keluarga chaebol (kaya raya). Begitu juga dalam drama Do Do Sol Sol La La Sol. Bangunan berdinding hitam ini digambarkan sebagai kediaman keluarga konglomerat Sunwoo.

Buam7 merupakan tempat serbaguna yang kerap disewakan untuk berbagai acara, mulai dari pesta pernikahan atau pesta-pesta pribadi, pemotretan, pameran, pertunjukan dan lokakarya, hingga syuting film, drama, klip video, dan iklan.

Lokasinya berada di 147 Bukaksan-ro, Buam-dong, Distrik Jongno, Seoul.

7. Hapcheon Image Theme Park

Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'potret salah satu sudut tempat di Hapcheon Image Theme Park (gyeongnam.go.kr)

Hapcheon Image Theme Park ini muncul sebagai latar tahun 1960-an ketika Kim Man Bok (Lee Soon Jae) menceritakan kenangan bersama istrinya kepada Goo Ra Ra. Man Bok muda (Lee Jae Wook) dan Shim Sun Ja muda (Go Ara) telah berpisah selama beberapa tahun akhirnya bertemu kembali ketika sama-sama mendengar alunan musik di depan Jeil Music Shop.

Hapcheon Image Theme Park terdiri dari dua set film yang masing-masing dimiliki KBS dan MBC. Bagian KBS mereproduksi landmark Seoul, seperti Stasiun Seoul dan Kantor Gubernur Jenderal Chosun, pada periode waktu 1930an hingga 1960an.

Sedangkan pada bagian MBC terdapat mereproduksi Seoul pada tahun 1970an hingga 1980an. Lokasinya berada di 757 Hapcheonhosu-ro, Yongju-myeon, Hapcheon, Provinsi Gyeongsangnam atau sekitar 4,5 jam perjalanan ke arah selatan Seoul dengan transportasi umum.

8. Yeouido Hangang Park

Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'Yeouido Hangang Park Seoul (ydp.go.kr)

Setelah kencan dan berjalan-jalan seharian, Goo Ra Ra mengajak Joon ke Yeouido Hangang Park dan duduk di bangku taman yang ada di tepi sungai. Ra Ra meminta Joon untuk meminjam sepeda. Ketika Joon kembali, Ra Ra sudah pergi dan meninggalkan sepucuk surat yang berisi keinginannya untuk putus hubungan dengan Joon.

Yeouido Hangang Park merupakan kompleks taman yang berada di Pulau Yeouido, Sungai Han atau tepatnya di 290 Yeouidong-ro, Yeouido-dong, Distrik Yeongdeungpo, Seoul. Selain suasananya yang menyenangkan, taman ini dikenal karena landmark berupa I·SEOUL·U Sculpture.

Kawasan Yeouido Hangang Park terbagi ke dalam empat tema berbeda, yaitu Grass Square, Culture Square, The Traditional Korean Forest, dan Nature’s Ecosystem Forest.

Taman ini juga sering digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara-acara besar, mulai dari International Firework Festival di musim gugur, Yeouido Cherry Blossom Festival di musim semi, hingga berbagai konser dan lomba maraton sepanjang tahun (sebelum pandemi).

9. Peace in the Coffee

Setahun Berlalu, Ini 9 Lokasi Syuting KDrama 'Do Do Sol Sol La La Sol'potret Go Ara dan Lee Jae Wook di Peace In The Coffee (dok. KBS2/Do Do Sol Sol La La Sol)

Setelah melihat foto Sunwoo Joon mengenakan kacamata dan jaket berwarna hijau, Goo Ra Ra tiba-tiba menyadari bahwa ia pertama kali bertemu dengan Joon di sebuah kafe bernama dodosolsollalasol. Ra Ra kemudian mengirim pesan kepada Joon bahwa ia mengingat semuanya. Joon yang sedang dalam perjalanan ke bandara pun segera menghampiri Ra Ra.  

Adegan pada episode 15 tersebut dilakukan di Peace In The Coffee, sebuah kafe yang menjual aneka dessert, pastry, kopi, jus, dan minuman segar lainnya.

Lokasinya berada di lantai pertama Jamsil Art Nouveau Palace, 258 Seokchonhosu-ro, Distrik Songpa, Seoul. Ciri khas kafe ini adalah piano berwarna merah yang ada di dekat pintu masuk.

Tak hanya menarik, rupanya tempat-tempat di atas memang seru dan instagramable banget ya! Rasanya ingin pandemi segera berakhir agar bisa mengunjungi salah satunya. Kalian tertarik datang ke sana?

Baca Juga: 5 Lokasi Syuting KDrama di Namwon, Ada Tempat Pendakian Gunung Jiri!

Fasrinisyah Suryaningtyas Photo Verified Writer Fasrinisyah Suryaningtyas

Scribo ergo sum | instagram : @fasrinisyah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya