Comscore Tracker

6 Danau yang Wajib Dikunjungi di Pulau Flores, Gak Cuma Kelimutu

Berlatar sunset hingga 'lautan' bunga lotus #LokalIDN

Pulau Flores menjadi salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur yang menyimpan keindahan alam yang eksotis. Enggak kalah dari Bali atau Lombok, pulau ini memiliki Labuan Bajo dan Danau Kelimutu menjadi ikon yang sudah mendunia. Kalau kamu ingin mengeksplorasi keindahan alam Pulau Flores, coba kunjungi beberapa danau yang ada di sana.

Beberapa kabupaten di Pulau Flores memiliki danau yang sayang untuk dilewatkan. Kamu bisa mengunjungi Danau Kelimutu yang memiliki tiga warna berbeda. Masih ada beberapa danau yang sayang untuk dilewatkan. Mau tahu? Yuk, simak!

1. Danau Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat

6 Danau yang Wajib Dikunjungi di Pulau Flores, Gak Cuma KelimutuIndonesia-tourism.com

Danau pertama yang wajib untuk kamu kunjungi ketika di Pulau Flores, yakni Sano Nggoang. Danau tersebut berada di Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat. Biasanya wisatawan memilih jalur trekking Puncak Savana atau Puncak Poco Dedeng. 

Danau vulkanik satu ini memiliki kedalaman sekitar 600 meter dan luas 5.500 hektar. Salah satu pemandangan yang sering diburu, yakni ketika matahari terbenam. Kamu bisa menikmati keindahan danau yang dikelilingi perbukitan.

2. Danau Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur

6 Danau yang Wajib Dikunjungi di Pulau Flores, Gak Cuma Kelimutuinstagram.com/pegi_pegi

Beralih ke wilayah Kabupaten Manggarai Timur, kamu bisa mengunjungi Danau Ranamese. Danau ini terletak di Desa Rana Mese, Kecamatan Golo Loni dan masih berada di kawasn Taman Konservasi Alam Ruteng. Lokasinya mudah dijangkau, karena tidak jauh dari jalan trans Flores.

Selain menikmati keindahan danau yang didominasi warna hijau, kamu juga akan disambut dengan berbagai burung endemik. Kamu pun bisa melihat masyarakat setempat yang tengah memancing ikan. Tapi menjelang siang, danau ini biasanya akan diselimuti kabut.

Baca Juga: 5 Pantai Terbaik dengan Hamparan Pasir Hitam di Ende, Flores, NTT

3. Danau Kelimutu, Kabupaten Ende

6 Danau yang Wajib Dikunjungi di Pulau Flores, Gak Cuma Kelimutuinstagram.com/ratucumi

Kalau danau yang satu ini memang sudah populer dan jadi salah satu ikon di Nusa Tenggara Timur, yakni Danau Kelimutu. Danau tersebut memesona dengan tiga warna dan dapat berubah warnanya, karena kompisi mineral di dalam danau. Masing-masing danau berwarna merah, biru dan putih dengan nama Tieu Ata Polo, Timu Nua Muri Koo Fai serta Tiwu Ata Mbupu.

Kalau di Sano Nggoang kamu bisa menikmati sunset, kamu bisa berburu sunrise di Danau Kelimutu. Selain keindahan alamnya, kamu juga bisa menikmati budaya suku yang mendiami wilayah tersebut. Biasanya ada Festival Danau Kelimutu yang digelar setiap bulan Agustus. 

4. Danau Waibelen, Kabupaten Flores Timur

6 Danau yang Wajib Dikunjungi di Pulau Flores, Gak Cuma Kelimutuinstagram.com/aden_kzp

Beralih ke Kabupaten Flores Timur, ada sebuah danau yang enggak kalah eksotis, yakni Danau Waibelen atau Danau Asmara. Danau tersebut berada di Desa Waibao, Kecamatan Tanjung Bunga. Kamu bisa mengaksesnya menggunakan sepeda motor atau mobil dan telah tersedia tempat parkir di sekitar danau.

Kamu bisa menikmati keindahan danau dari rumah pohon yang dibuat oleh warga setempat. Selain keindahan alamnya, warga setempat menjadikannya sebagai tempat ritual adat yang bermaksud untuk memeringati leluhur Suku Maran, yakni Gotak Ile Wolo, Ema Pulo Bapa Lema. 

5. Danau Rana Tonjong, Kabupaten Manggarai Timur

6 Danau yang Wajib Dikunjungi di Pulau Flores, Gak Cuma Kelimutuinstagram.com/lyanflo

Berbeda dari danau-danau sebelumnya di Pulau Flores, Rana Tonjonng menyajikan hamparan bunga lotus yang indah. Danau ini digadang-gadang sebagai danau lotus terbesar kedua di dunia, lho. Danau tersebut terletak di Desa Nanga Mbaling, Kecamatan Sambi Rampas, Kabupaten Manggarai Timur. 

Bunga lotus di danau tersebut, biasanya mekar sekitar bulan April hingga Juni. Pengunjung pun bisa berswafoto dengan bunga lotus merah muda serta hijaunya daun sebagai latar belakang. 

6. Danau Rana Kulan, Kabupaten Manggarai Timur

6 Danau yang Wajib Dikunjungi di Pulau Flores, Gak Cuma Kelimutufacebook.com/herry.mias

Satu lagi nih danau yang wajib untuk kamu kunjungi di Pulau Flores, Danau Rana Kulan. Meski danau ini tidak sepopuler yang lain, tapi menjadi salah satu potensi wisata yang sedang dalam rencana pengembangan oleh pemerintah daerah setempat. Sesuai dengan namanya, danau  tersebut berada di Desa Rana Kulan, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur.

Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 4 jam dari Borong, ibukota Kabupaten Manggarai Timur. Meski tidak mudah, karena kamu harus melalui jalan berlubang, hutan serta perkampungan, tapi pemandangan di danau bisa menghilangkan penat. Danau ini juga berdekatan dengan danau lainnya, seperti Rana Sambi, Paku, Katol, Wencu Wohan, Kipo, Rawuk dan Geleng. 

Itulah tadi keenam danau yang wajib untuk kamu kunjungi di Pulau Flores. Bukan sekedar menikmati pemandangan dan menghilangkan penat. Secara tidak langsung, kamu turut membantu masyarakat setempat memanfaatkan potensi daerahnya. 

Baca Juga: 7 Kuliner Super Enak Khas Flores yang Wajib Banget Kamu Cicipi

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya