Comscore Tracker

7 Wisata Air di Objek Wisata Guci Tegal, Sejuk dan Menyegarkan!

Menikmati kesegaran di kaki Gunung Slamet

Objek Wisata Guci merupakan sebuah kawasan wisata yang terletak di Kabupaten Tegal. Lokasinya berada di kaki Gunung Slamet, membuat desa ini sejuk dan memiliki pemandian air panas alami.

Selain itu, sejumlah wisata air memberikan fasilitas dan akomodasi yang ramah keluarga. Jika kamu ingin liburan bareng keluarga dan orang terdekat di Tegal, berikut sejumlah wisata air di Desa Guci yang patut kamu kunjungi. Let's get to the list!

1. Guci-Ku Hot Waterboom

7 Wisata Air di Objek Wisata Guci Tegal, Sejuk dan Menyegarkan!Guci-Ku Hot Waterboom (instagram.com/guciku_official)

Guci-Ku Hot Waterboom dapat dibilang sebagai pemandian air panas paling hits di Tegal. Terdapat sejumlah kolam renang berisi air panas dilengkapi dengan wahana bermain.

Buat kamu yang ingin menginap atau menggelar acara, tersedia pula berbagai tipe kamar serta ruang pertemuan.

Harga tiket masuk:

  • weekday: Rp40 ribu per orang
  • weekend: Rp45 ribu per orang
  • paket Paud: Rp50 ribu untuk 1 orang dewasa dan 1 siswa PAUD

Sedangkan, untuk harga sewa vila dan hotel, yakni:

  • vila: Rp650 ribu-Rp1,25 juta per malam
  • vila joglo: Rp4,5 juta-Rp7,5 juta per malam
  • hotel family room: Rp1,2 juta-Rp2 juta per malam
  • hotel superior: Rp500 ribu-Rp1 juta per malam
  • hotel deluxe: Rp650 ribu-Rp1,5 juta per malam
  • dormitory: Rp150 ribu-Rp200 ribu per malam

Jam operasional: 07.00-17.00 WIB.

2. Pancuran 13

7 Wisata Air di Objek Wisata Guci Tegal, Sejuk dan Menyegarkan!Pancuran 13 (instagram.com/mamas_rifky02)

Pancuran 13 menjadi salah satu pemandian air panas yang selalu ramai pengunjung. Seperti namanya, terdapat 13 pancuran air panas dan diyakini bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Selain itu, ada pula mitos tempat tersebut sebagai sarana terkabulkanya permintaan. Kerap kali, orang yang percaya dengan mitos tersebut mengunjungi pemandian air panas pada malam Jumat Kliwon. Konon, jika berdoa di tempat itu, maka permintaannya akan cepat terkabul.

Harga tiket masuk: Rp20 ribu per orang

Jam operasional: 08.00-19.00 WIB.

3. Kolam Renang Graha Tirta Ayu

7 Wisata Air di Objek Wisata Guci Tegal, Sejuk dan Menyegarkan!Kolam Renang Graha Tirta Ayu (instagram.com/sigit_permono)

Graha Tirta Ayu dapat menjadi alternatif kolam renang air panas di Desa Guci. Berbeda dari waterboom, kolam renang ini lebih tenang dan nyaman. Apalagi kamu dapat menikmati pemandangan Gunung Slamet dan perbukitan.

Ada kolam renang untuk anak-anak dan dewasa. Dilengkapi pula dengan musala, kamar bilas, kafe, restoran, dan tentunya area parkir yang luas. Buat kamu yang ingin berlama-lama, dapat bermalam di penginapan terdekat.

Harga tiket masuk: Rp20 ribu

Jam operasional: 08.00-19.00 WIB, khusus hari Minggu buka mulai pukul 07.00 WIB.

4. Kolam Renang Rindu Alam

7 Wisata Air di Objek Wisata Guci Tegal, Sejuk dan Menyegarkan!Kolam Renang Rindu Alam (instagram.com/rindualambs)

Kolam Renang Rindu Alam tergolong pemandian air panas yang baru dibuka untuk umum. Kolam renang ini sudah dilengkapi dengan wanaha permainan air yang selalu menjadi favorit anak-anak.

Selain itu, kamu dapat berswafoto berlatar view perbukitan dan lahan perkebunan. Layaknya kolam renang pada umumnya, ada fasilitas kamar ganti, toilet, musala, dan kantin.

Tersedia pula tempat sekadar duduk di sekitar kolam renang untuk beristirahat. Sejumlah spot khusus dapat kamu manfaatkan untuk mendapatkan foto terbaik.

Harga tiket masuk: Rp20 ribu saat weekday dan Rp25 ribu saat weekend. Untuk Paket PAUD Rp30 ribu saat weekday dan Rp35 ribu saat weekend. Berlaku untuk 1 siswa dan 1 pendamping.

Jam operasional: 06.00-20.00 WIB.

Baca Juga: 10 Wisata Indah Indonesia Tengah dan Timur, Serasa di Luar Negeri

5. Kolam Renang Barokah

7 Wisata Air di Objek Wisata Guci Tegal, Sejuk dan Menyegarkan!Kolam Renang Barokah (instagram.com/twaguci)

Kolam Renang Barokah terletak berdekatan dengan pintu masuk Pancuran 13. Kolam renang air panas ini juga dilengkapi sejumlah pancuran untuk memanjakan wisatawan. Terdapat tiga kolam renang, salah satunya khusus untuk anak-anak.

Kolam renang ini terletak di tepi sungai, kamu pun bisa berenang sambil menikmati gemericik air. Fasilitas yang ditawarkan gak jauh berbeda dari sejumlah kolam renang sebelumnya, yakni toilet, ruang ganti, dan musala.

Gak jauh dari kolam renang, terdapat Villa Barokah yang dapat menjadi alternatif untuk menginap bersama keluarga.

Harga tiket masuk: Rp20 ribu per orang.

6. Curug Jedor

7 Wisata Air di Objek Wisata Guci Tegal, Sejuk dan Menyegarkan!Curug Jedor (instagram.com/matawira_)

Gak melulu air hangat, buat kamu yang ingin melakukan perjalanan sedikit menantang dan mandi air segar, bisa mengunjungi Curug Jedor. Kamu bakal disuguhi hutan pinus dan hawa yang sejuk. Cocok banget untuk mau yang ingin refreshing di alam terbuka.

Keunikan lain yang beredar di masyarakat, pelancong dapat merasakan suhu yang berbeda pada aliran air terjun. Konon, Curug Jedor merupakan pertemuan antara Pancuran 5 dan Pancuran 13. Untuk namanya sendiri berasal dari nama salah satu lurah di Desa Guci yang bernama Jedor.

7. Curug Kembar

7 Wisata Air di Objek Wisata Guci Tegal, Sejuk dan Menyegarkan!Curug Kembar atau Curug Pengantin (instagram.com/joneth3939)

Curug Kembar atau Curug Pengantin tak jauh dari Objek Wisata Guci yang didominasi pemandian air panas. Seperti namanya, air terjun ini memiliki dua aliran yang berdekatan.

Selain sebagai destinasi wisata, masyarakat setempat memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Di sekitar lokasi wisata, sudah terdapat toilet, musala, dan area parkir. Buat kamu yang ingin menginap, sudah ada penginapan yang gak jauh dari air terjun.

Harga tiket masuk: Rp10 ribu per orang.

Tujuh wisata air di Objek Wisata Guci ternyata terletak di beberapa desa berbeda. Sebagian termasuk wilayah Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, dan ada pula yang terletak di Desa Tuwel, Kecamatan Bojong. Meski demikian, lokasinya berdekatan dan mudah dijangkau, kok.

Mau mandi air hangat maupun bermain air dingin, sama-sama menyenangkan dan bikin rileks. Apalagi udaranya sejuk dan suasananya asri. Cocok, nih untuk kamu yang ingin istirahatsejenak dari rutinitas.

Baca Juga: 13 Wisata Pantai Indah dan Bukit Cantik di Pulau Lombok, Bikin Betah!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya