Comscore Tracker

Cobain 5 Aktivitas Seru Ini di Taman Nasional Baluran, Bikin Betah!

Semuanya wajib dicobain kala main ke Baluran #LokalIDN

Taman Nasional Baluran merupakan salah satu dari 4 taman nasional yang ada di Jawa Timur, lebih tepatnya berada di Kabupaten Situbondo. Taman Nasional Baluran memiliki luas 25.000 ha dan menjadi rumah bagi beberapa satwa liar yang dilindungi seperti banteng, burung merak, macan tutul, dan kijang.

Taman Nasional Baluran memiliki julukan sebagai Africa van Java karena karakteristik landscape-nya yang mirip padang rumput Afrika. Tak heran jika banyak wisatawan dalam negeri maupun mancanegara yang penasaran akan pesona uniknya tersebut.

Berkunjung ke Taman Nasional Baluran, tak hanya pemandangan indahnya yang bisa kamu nikmati, namun kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang bakalan bikin kamu betah berlama-lama di sana.

Apa saja aktivitas seru di Taman Nasional Baluran yang pastinya bikin betah tersebut? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Hunting foto

Cobain 5 Aktivitas Seru Ini di Taman Nasional Baluran, Bikin Betah!hunting foto di savana bekol (instagram.com/animalika.indonesia)

Akan rugi rasanya jika datang ke Taman Nasional Baluran tetapi tidak menyempatkan untuk mengambil beberapa foto. Ada banyak spot-spot foto menarik yang wajib kamu datangi saat ke Taman Nasional Baluran, antara lain Savana Bekol, dermaga hutan mangrove, jalanan di hutan evergreen, Pantai Bama, dan masih banyak lagi.

Jika kamu beruntung, kamu juga bisa memotret aktivitas satwa liar yang ada di sana, lho! Mulai dari kawanan banteng yang mandi lumpur, beberapa kera yang bergelantungan di pohon, rusa-rusa yang sedang lahap memakan rumput, hingga burung merak yang terlihat bersembunyi di balik rimbunnya semak-semak.

2. Snorkeling

Cobain 5 Aktivitas Seru Ini di Taman Nasional Baluran, Bikin Betah!pemandangan bawah laut di lepas Pantai Bama (twitter.com/berangan_trip)

Ingin menikmati keindahan bawah laut Taman Nasional Baluran? Cobalah untuk melakukan snorkeling! Untuk melakukan aktivitas ini, kamu cukup pergi menuju Pantai Bama yang berjarak kurang lebih 3,5 km dari Savana Bekol.

Sesampainya di Pantai Bama, kamu bisa menyewa perlengkapan snorkeling seharga Rp20 ribu dan menyewa perahu seharga Rp300 ribu untuk kapasitas 10 orang yang akan mengantarkanmu bersama rombongan wisatawan lain menuju titik penyelaman.

Di titik penyelaman tersebut, kamu akan dibuat terpesona akan keindahan terumbu karang Taman Nasional Baluran yang masih terjaga sangat baik. Tak hanya itu, dari kejauhan tengah laut tersebut, kamu juga bisa melihat kegagahan Gunung Baluran beserta hijaunya hutan mangrove yang membentang di sepanjang pantai. 

Baca Juga: 7 Tips Ini Bikin Liburanmu di Baluran Jadi Tambah Seru!

3. Bermain kano

Cobain 5 Aktivitas Seru Ini di Taman Nasional Baluran, Bikin Betah!bermain kano di Pantai Bama (instagram.com/alamnusantaratrip)

Selain melakukan aktivitas snorkeling, kamu juga bisa bermain kano di Pantai Bama. Harga sewa kano beserta dayung dan perlengkapan keamanannya terbilang cukup murah, yakni sekitar Rp50 ribu saja.

Bermain kano di tengah jernihnya air laut Pantai Bama memang sangat menyenangkan. Jika kamu beruntung, kamu juga bisa melihat beberapa ikan kecil yang seolah turut menemanimu dalam bermain kano. 

4. Memancing

Cobain 5 Aktivitas Seru Ini di Taman Nasional Baluran, Bikin Betah!aktivitas memancing di lepas pantai Taman Nasional Baluran (facebook.com/D'Karangtekok)

Tidak semua tempat di Taman Nasional Baluran diperbolehkan untuk melakukan aktivitas memancing. Hanya ada dua tempat yang sampai saat ini mendapat izin untuk melakukan aktivitas tersebut, yaitu di Pantai Perengan dan Pantai Kajang.

Pantai Kajang menjadi favorit para pemancing karena kondisinya yang masih asri dan terkesan liar sehingga keberadaan ikan di sana dinilai lebih melimpah. Untuk menuju Pantai Kajang, kamu harus meminta izin terlebih dahulu di Resort Bama, kemudian akan ada petugas yang menjadi guide selama perjalanan menuju Pantai Kajang.

5. Panjat Tebing

Cobain 5 Aktivitas Seru Ini di Taman Nasional Baluran, Bikin Betah!ilustrasi orang panjat tebing (pixabay.com/UserBot)

Mungkin masih banyak yang belum tahu jika aktivitas panjat tebing juga bisa dilakukan di Taman Nasional Baluran. Untuk melakukan aktivitas ekstrim ini, kamu bisa menuju pos Curah Tangis.

Pos Curah Tangis memiliki tebing dengan ketinggian 10-30 meter dengan kemiringan hingga mencapai 85%. Dengan menjajal aktivitas panjat tebing, selain adrenalin kamu yang bakal terpuaskan, kamu juga bisa mamandang keindahan pemandangan Taman Nasional Baluran dari atas tebing tersebut.

Itulah 5 aktivitas seru yang wajib kamu cobain ketika berada di Taman Nasional Baluran. Dengan menjajal kelima aktivitas tersebut, dijamin liburanmu di Taman Nasional Baluran bakalan lebih menyenangkan dan gak membosankan.

Baca Juga: 7 Taman Nasional Paling Populer di Benua Afrika, Pesonanya Menakjubkan

Hendra Nugroho Photo Verified Writer Hendra Nugroho

Dolaners

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya