Comscore Tracker

5 Tempat Wisata Ikonik di Pacitan yang Wajib untuk Dikunjungi

Ada tempat wisata menarik apa saja di Pacitan? #LokalIDN

Pacitan merupakan salah satu kabupaten yang berada di provinsi Jawa Timur, tepatnya terletak di ujung barat daya. Sebagian besar wilayah Pacitan berupa pegunungan kapur yang merupakan bagian dari Pegunungan Kidul.

Kondisi geografis Kabupaten Pacitan yang didominasi perbukitan disertai garis pantai yang memanjang di selatan, membuatnya memiliki banyak destinasi wisata alam keren yang ikonik punya.

Tak hanya itu, kabupaten yang memiliki luas 1,3 ribu km persegi ini juga memiliki wisata sejarah yang tak kalah ikonik tentunya. Penasaran, kan? Berikut deretan tempat wisata ikonik di Pacitan yang wajib dikunjungi.

1. Sungai Maron

5 Tempat Wisata Ikonik di Pacitan yang Wajib untuk Dikunjungisungai maron (instagram.com/danilakbar_siregar)

Siapa yang tidak ingin menaiki perahu menyusuri sungai dengan pemandangan hijau pepohon yang menjulang tinggi bagaikan di sungai Amazon? Bisa dipastikan tidak ada mungkin, ya. Suasana seperti itulah yang bisa kita nikmati apabila berwisata menyusuri sungai Maron.

Hanya dengan menyewa perahu seharga Rp100 ribu berkapasitas 5 orang, kita akan dibawa menyusuri Sungai Maron menuju Pantai Ngiroboyo sampai kemudian kita dibawa kembali ke titik awal perahu berangkat.

Waktu terbaik untuk mengunjungi wisata unik ini yaitu pada saat musim kemarau karena warna airnya menjadi kebiru-biruan yang akan menambah keindahan Sungai Maron. 

2. Monumen Jendral Soedirman

5 Tempat Wisata Ikonik di Pacitan yang Wajib untuk DikunjungiMonumen Jendral Soedirman (instagram.com/ pacitan_paradise)

Mungkin banyak yang baru tahu kalau Pacitan memiliki monumen Jendral Soedirman. Patung dari sosok pahlawan yang jasanya begitu besar bagi kemerdekaan Indonesia ini berdiri begitu kokoh setinggi kurang lebih 8 meter, membuat siapa saja yang melihatnya menjadi semakin kagum dan teringat akan perjuangan beliau melawan penjajah puluhan tahun silam.

Monumen Jendral Soedirman dibangun di Dusun Sobo, Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan, Kabupaten Pacitan, karena sang jendral pernah bermarkas disini dari 1 April 1949 sampai 7 Juli 1949.

Selain kemegahan patung, pengunjung juga bisa menyaksikan relief-relief kisah hidup Jendral Sudirman yang terdapat di dinding-dinding monumen. 

Baca Juga: 10 Wisata Pantai Terindah di Pacitan, Kampung Halaman SBY 

3. Goa Gong

5 Tempat Wisata Ikonik di Pacitan yang Wajib untuk Dikunjungigoa gong (instagram.com/ goagongpacitan)

Goa Gong merupakan salah satu dari sejumlah goa yang dimiliki Kabupaten Pacitan. Tak heran apabila Pacitan dijuluki sebagai Kota 1001 Goa. Secara administratif, Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, berjarak 22 km atau ditempuh selama 40 menit dari pusat Kota Pacitan.

Goa Gong telah dikelola dengan sangat baik oleh pemerintah setempat. Dibangunnya beberapa jalan penghubung dan keberadaan beberapa lampu berwarna-warni di dalam gua semakin menambah kenyamanan dan keindahan goa ini.

Selain bisa menyaksikan keindahan stalakmit dan stalaktit, pengunjung juga bisa menikmati kesegaran mata air yang berada di dalam gua. 

4. Pantai Pangasan

5 Tempat Wisata Ikonik di Pacitan yang Wajib untuk Dikunjungipantai pangasan (instagram.com/ travel.photography_id)

Pacitan memiliki wisata pantai yang cukup beragam, mulai dari Pantai Klayar, Pantai Buyutan, Pantai Soge, dan masih banyak lagi. Akan tetapi, ada satu pantai yang memiliki pemandangan ikonik yang mungkin sulit untuk dijumpai di tempat lain, yaitu Pantai Pangasan.

Bayangkan saja, suasana terasering persawahan yang menentramkan berpadu dengan pemandangan pantai dengan ombak yang silih berganti dihiasi batuan karang dan tebing tinggi menjulang membuat siapa saja pasti takjub melihatnya.

Sungguh pemandangan yang ikonik, bukan?

5. Rumah masa kecil SBY

5 Tempat Wisata Ikonik di Pacitan yang Wajib untuk Dikunjungirumah masa kecil SBY (twitter.com/OssyDermawan)

Rumah masa kecil bapak presiden Republik Indonesia ke-7 ini terletak di pusat Kota Pacitan. Meskipun sudah banyak bangunan di kanan kirinya yang direnovasi sehingga terlihat lebih modern, namun rumah pak SBY kecil masih konsisten mempertahankan keasliannya sehingga mengingatkan kita akan suasana tempo dulu.

Semua barang-barang yang ada di dalam rumah masih tertata rapi, seakan menjadi saksi bisu bagaimana perjalanan hidup pak SBY dari kecil sampai menginjak usia SMA.

Jika berkunjung ke sini, wisatawan dapat melihat beberapa foto yang dipajang dengan rapi, mulai dari foto pak SBY beserta ibu Ani, sampai foto kedua orang tua beliau. Keberadaan gamelan di sudut ruangan seakan menambah kesan tradisional yang kental bagi rumah ikonik ini. 

Itulah 5 wisata ikonik yang bisa kita kunjungi ketika berada di Pacitan. Menarik hati bukan?

Baca Juga: SBY Muncul di Film The Tomorrow War, Ini Perannya

Hendra Nugroho Photo Verified Writer Hendra Nugroho

Ciao!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya