Comscore Tracker

3 Wisata Mangrove Paling Indah di Jawa Timur, Sudah Pernah ke Sana?

Instagramable banget pokoknya

Fungsi hutan mangrove bukan hanya untuk mencegah abrasi laut saja, tetapi sudah dimanfaatkan sebagai wahana rekreasi sekaligus edukasi. Salah satunya seperti di Jawa Timur. 

Jawa Timur terkenal memiliki wisata pantai-pantai yang indah, terutama di wilayah pantai utaranya. Ternyata bukan hanya pantainya saja yang indah, Jawa Timur juga memiliki kawasan wisata hutan mangrove yang indah dan Instagramable banget.

Semua itu tak terlepas dari banyaknya wisata hutan mangrove yang dikelola dengan sangat baik, disesuaikan dengan tren anak muda kekinian.  Berikut 3 wisata mangrove di Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi.

1. BJBR (BeeJay Bakau Resort), Probolinggo, Jawa Timur

3 Wisata Mangrove Paling Indah di Jawa Timur, Sudah Pernah ke Sana?piknikdong.com

Wisata mangrove BJBR (BeeJay Bakau Resort) terletak di Pelabuhan PPP Mayangan, Probolinggo, Jawa Timur. Wisata ini memang lagi hits di kalangan traveler.

Tak hanya menawarkan pemandangan hutan mangrove yang indah saja, wisata seluas 5 hektare itu juga menawarkan kenyamanaan bagi para pengunjung. Berbagai fasilitas memadai melengkapi kenyamanan pengunjung. Di antaranya toilet, cafe, restauran, hingga mushola.

BJBR memiliki banyak spot-spot foto yang menarik. Pastinya Instagramable banget! Terdapat patung kuda Troya yang tinggi yang bisa dinaiki, sehingga bisa selfie dengan latar hutan mangrove dari atas. Ada pula patung bola dunia  yang bisa jadi background fotomu. 

Buat kamu yang pengin merasakan suasana romantis, sebaiknya datang sore atau malam hari. Sebab, pencahayaan lampu warna-warni di area ini menambah suasana magis. Terlebih lagi, terdapat area gembok cinta seperti di Paris. 

Tiket masuknya sebesar Rp 3.000, biaya masuk BJBR Rp 10 ribu, serta biaya parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

2. Ekowisata Mangrove Wonorejo, Surabaya, Jawa Timur

3 Wisata Mangrove Paling Indah di Jawa Timur, Sudah Pernah ke Sana?tripadvisor.co.id

Yang kedua yaitu wisata hutan mangrove Wonorejo, Jalan Raya Wonorejo Nomor 1, Wonorejo, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur. Wisata mangrove ini merupakan salah satu yang terbesar di Jawa Timur yakni seluas 200 hektare.

Kamu bisa berfoto di antara pepohonan mangrove karena jembatannya telah dibangun dengan sangat apik. Untungnya lagi, tempat ini juga merupakan rumah beberapa burung endemik Jawa timur dan kera ekor panjang.

Fasilitasnya lengkap. Ada pula pusat penjualan batik mangrove untuk dijadikan oleh-oleh. Tiket masuknya hanya sebesar Rp 25 ribu  per orang dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak. Harga tiket tersebut sudah termasuk naik kapal yang akan mengantarmu ke hutan Mangrove.

3. Ekowisata Mangrove Cengkrong, Trenggalek, Jawa Timur

3 Wisata Mangrove Paling Indah di Jawa Timur, Sudah Pernah ke Sana?cektravel.com

Lokasinya berada di Desa Karanggandu, Trenggalek, Jawa Timur. Ada spot paling favorit untuk berfoto, yakni Jembatan Galau. Jembatan panjang yang melintasi hamparan hutan mangrove ini Instagramable banget untuk berfoto. Ada beberapa gazebo untuk melepas lelah atau berpiknik.

Terdapat pula gunung di sekitar tempat ini, sehingga menambah keindahan wisata mangrove. Sebagai edukasi, kamu bisa menenam pohon mangrove dan memberi nama. Dengan demikian, kamu mempunyai andil dalam pelestarian lingkungan. 

Tiket masuknya hanya dikenakan Rp 3.000 dan Rp 2.000 untuk parkir kendaraan roda dua.

Gimana, indah-indah bukan? Sebelum ke sana, sebaiknya siapkan kamera terbaikmu supaya mendapat hasil foto yang keren-keren. 

Baca Juga: 5 Wisata Mangrove di Jawa Tengah yang Indahnya Kebangetan

IBNU MUZAQI Photo Verified Writer IBNU MUZAQI

selalu yakin dalam melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya