Comscore Tracker

8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Solo untuk Mengisi Liburan Sekolah

Seru-seruan bareng keluarga, pulang bawa kenangan baik

Libur panjang anak sekolah telah dimulai. Destinasi wisata bakal dipastikan ramai hingga pertengahan Juli nanti. Terlebih dengan status pandemi yang berangsung membaik. Ada rencana liburan ke mana, nih?

Jika Surakarta, atau lebih dikenal dengan Solo, adalah destinasi yang pengin kamu tuju, deretan rekomendasi wisata berikut barangkali bisa masuk bucket list. Mulai dari wisata sejarah, city park, hingga water park, semuanya ada di sini.

Yuk, simak wisata populer di Solo yang cocok untuk mengisi liburan sekolahmu bareng keluarga!

1. De Tjolomadoe

8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Solo untuk Mengisi Liburan SekolahDe Tjolomadoe (instagram.com/d.papang)

Sebuah bangunan bekas pabrik gula disulap menjadi museum kece bernama De Tjolomadoe. Di dalamnya, kamu bisa menyaksikan beberapa mesin yang dulunya pernah dipakai untuk mengolah tebu di spot bernama Stasiun Penggilingan.

Bukan cuma bisa belajar sejarah tentang masa keemasan pabrik gula, tapi museum ini juga sajikan bangunan yang megah dan estetis. Fasilitas menarik seperti concert hall, coffee shop, dan area taman melengkapi keunikan museum De Tjolomadoe.

Harga tiket: Rp35 ribu (dewasa) dan Rp25 ribu (anak di bawah 12 tahun)

Jam operasional: 10.00-17.00 WIB (Senin tutup)

2. The Heritage Palace

8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Solo untuk Mengisi Liburan SekolahThe Heritage Palace (instagram.com/rumahrahma)

Masih merupakan bekas pabrik, The Heritage Palace hadir sebagai wisata keluarga yang menawarkan banyak wahana menarik. Konon, pabrik gula ini dibangun tahun 1892.

Bangunan megah bergaya Eropa klasik akan menyambutmu setibanya ke halaman utama The Heritage Palace. Di sini, kamu bisa menikmati keindahan mobil-mobil antik yang dipajang bak di Museum Angkut Malang.

Wahana lain yang hadir di The Heritage Palace, antara lain Museum 3D Trick Art, Omah Kwalik, dan Kids Town & Food Street. Jangan lewatkan untuk berswafoto sepuasnya karena area wisata ini sangat Instagramable.

Harga tiket:

  • Rp30 ribu (tiket area terbuka)
  • Rp55 ribu (tiket terusan hari kerja)
  • Rp65 ribu (tiket terusan akhir pekan)

Jam operasional: 09.00-16.00 WIB

3. Taman Balekambang Surakarta

8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Solo untuk Mengisi Liburan SekolahTaman Balekambang Surakarta (instagram.com/hvnrynt_)

Sebagai city park yang berfungsi sebagai ruang terbuka hijau di tengah kota, Taman Balekambang terbilang memiliki ragam fasilitas yang lengkap. Pohon-pohon besar nan rindang menjadi habitat belasan rusa jinak yang dilepasliarkan di area taman ini.

Pengunjung bisa memanfaatkan taman untuk piknik, main bebek kayuh di area Taman Air Partini, atau mampir ke Taman Reptil Balekambang untuk mengintip koleksi hewan reptil di sini. Beragam festival dan bazar kerap diselenggarakan di Taman Balekambang, lho.

Harga tiket: gratis

Jam operasional: 07.00-17.00 WIB

4. Ngarsopuro Night Market

8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Solo untuk Mengisi Liburan SekolahNgarsopuro Night Market (instagram.com/walkin_solo)

Menjajal pasar malamnya Solo bisa jadi agenda seru untuk mengisi liburan. Bernama Ngarsopuro Night Market, kamu bisa puas belanja barang-barang unik di sini, seperti batik khas Solo, aneka benda antik, pakaian, hingga kuliner tradisional.

Yang menarik, pasar ini hanya buka di hari Sabtu malam selama kurang lebih empat jam saja. Bisa dibayangkan betapa ramainya Ngarsopuro Night Market karena pengunjung hanya punya waktu singkat untuk berkunjung.

Harga tiket: gratis

Jam operasional: Setiap Sabtu jam 18.00-10.45 WIB

5. Keraton Surakarta

8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Solo untuk Mengisi Liburan SekolahKeraton Surakarta (instagram.com/iwanlaksmana)

Bernama Keraton Hadiningrat, destinasi ini agaknya gak boleh terlewat sebagai tujuan liburan di Solo. Kamu gak hanya bisa belajar tentang sejarah kerajaan di Surakarta, tapi juga belajar tentang budaya Jawa yang masih dilakoni hingga sekarang.

Benda peninggalan kerajaan, seperti kereta kencana dan senjata kuno, bisa kamu lihat di keraton. Kamu juga dapat mengakses beberapa ruangan di dalam keraton dan mengabadikannya lewat foto atau video.

Harga tiket: Rp10 ribu

Jam operasional: 09.00-14.00 WIB (Jumat tutup)

Baca Juga: [QUIZ] Berdasarkan Biasmu di NCT, Kami Tahu Wisata Liburan Sekolah yang Cocok untukmu!

6. Taman Cerdas Jebres

8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Solo untuk Mengisi Liburan SekolahTaman Cerdas Jebres (instagram.com/mr.hanny_sahara)

Ingin berwisata edukasi di Solo? Langsung merapat saja ke Taman Cerdas Jebres. Taman terbuka hijau ini memiliki beberapa bangunan edukasi yang disediakan untuk publik, seperti gedung perpustakaan, ruang IT, dan radio anak.

Patung tokoh pewayangan, robot, dan dinosaurus membuat semarak Taman Cerdas Jebres. Anak-anak bisa puas bermain di playground yang menyediakan permainan jungkat-jungkit, lorong panjang, dan perosotan.

Harga tiket: gratis

Jam operasional: 09.00-21.00 WIB

7. Jurug Solo Zoo

8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Solo untuk Mengisi Liburan SekolahOrang utan di Jurug Solo Zoo (instagram.com/jurugsolozoo)

Kebun binatang memang gak pernah absen dari tujuan liburan sekolah, termasuk di Solo. Bernama Jurug Solo Zoo, kamu dapat berjumpa dengan berbagai macam jenis satwa yang dirawat dengan baik di kebun binatang ini.

Sayangnya, ada informasi terbaru terkait penutupan Jurug Solo Zoo dalam rangka revitalisasi area kebun binatang dalam waktu dekat. Jadi, buat kamu yang tertarik berwisata ke sini, buruan datang sebelum penutupan sementara dilakukan!

Harga tiket: Rp25 ribu

Jam operasional: 08.00-16.00 WIB

8. Pandawa Water World

8 Rekomendasi Wisata Keluarga di Solo untuk Mengisi Liburan SekolahPandawa Water World (instagram.com/en_neee)

Mengangkat kisah Mahabarata sebagai konsep waterpark, Pandawa Water World adalah rekomendasi wisata terakhir di Solo buat kamu. Patung tokoh wayang Pandawa, yakni Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa, menjadi ikon yang mencolok dari wisata air ini.

Deretan wahana air, seperti wave pool, racer slide, black hole slide, warm spa, dan sight shower, wajib kamu jajal semua. Buat anak balita, tersedia kolam khusus children and toddler sehingga para orang tua gak perlu was-was tentang keamanan buah hati.

Gimana, jadi makin tertarik menghabiskan liburan sekolah di Solo, kan? Dijamin kamu bakal have fun banget bersama keluarga dan membawa pulang pengalaman gak terlupakan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Edukasi Terpopuler untuk Liburan Anak di Indonesia

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya