Comscore Tracker

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfing

Tidak hanya ombaknya yang besar, pemandangan alamnya juga eksotis nan memesona

Kegiatan surfing sebagai salah satu olahraga air mengandalkan pada ombak pantai. Semakin besar dan tinggi ombak maka akan semakin menarik pula olahraga yang membutuhkan keberanian ini. Oleh karenanya, bagi kamu yang ingin menikmati surfing dengan berbagai tempat di Indonesia, maka wisata pantai yang ada di sepanjang samudera Hindia ini dapat menjadi alternatif.

Selain terkenal dengan tempat surfing yang menantang dan menguji adrenalin, pantai-pantai yang menghadap samudera Hindia juga memiliki pesona alam yang eksotis. Keindahan alam yang berada di pesisir Barat ini biasanya menghadirkan pantai pasir dengan warna biru yang jernih seperti lazuardi.

Ditambah lagi dengan berbagai ragam hayati yang dapat kamu jumpai di tepi pantai. Sehingga selain melakukan surfing melalui ombak-ombak besar, kamu juga dapat menjadikan pantai ini sebagai area rekreasi bersama sahabat maupun keluarga. Untuk lebih lengkapnya, yuk kita intip pantai-pantai Indonesia yang memiliki ombak luar biasa indahnya di bawah ini.

1. Pantai Sorake, Sumatera Utara

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfingindonesia.biz.id

Sebuah pantai yang berada di Pulau Nias lepas pantai Sumatera Utara ini memiliki ombak yang sangat tinggi dan mempesona. Gelombang besar yang dimiliki oleh Pantai Sorake tidak terlepas dari posisinya yang behadapan dengan samudera Hindia.

Ketinggian ombak yang terdapat di Pantai Sorake ini bisa mencapai 10-15 meter sehingga sangat cocok bagi peselancar profesional. Namun apabila kalian masih dalam tahapan belajar, maka harus ekstra hati-hai ketika surfing di pantai dengan ombak raksasa ini.

Selain memiliki gelombang yang sangat memesona, Pantai Sorake yang berada di teluk Lagundri ini juga memiliki keindahan alam yang luar biasa dan tentunya dapat memanjakan mata wisatawan. Pada bulan Juni dan Juli biasanya banyak turis-turis menikmati keindahan pasir Sorake. Selain berselancar, di pantai ini wisatawan juga dapat memancing maupun berenang di laut yang biru.

Untuk mencapai Pantai Sorake maka kamu cukup menggunakan kapal Feri dari Pelabuhan Sibolga Pulau Sumatera. Setelah melewati selat kamu akan singgah terlebih dahulu di Kota Nias yang berjarak 2 KM dari Pantai Sorake.

2. Pulau Sipora Mentawai, Sumatera Barat

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfingqubicle.id

Pulau Sipora boleh dibilang merupakan salah stau pulau yang paling kecil di kepulauan Mentawai. Meskipun begitu, soal keindahan alamnya tidak diragukan lagi, pantai pulau ini telah terkenal dengan ombaknya di seluruh dunia.

Pulau Sipora memiliki lokasi tempat yang strategis karena berada di antara dua pulau lainya yaitu Pulau Siberut dan Pagai. Pantainya terkenal cantik dengan pasir putih yang menawan. Dengan air biru laut yang jernih maka akan sangat memanjakan mata para turis.

Pulau kecil ini memiliki ombak raksasa yang sangat cocok untuk dijadikan tempat berselancar. Berbagai jenis ombak dapat ditemui di pantai pulau ini seperti ombak panjang dan bergulung maupun ombak yang memiliki interval lebih lama dan konsistent. Untuk mengunjungi keindahan alam tempat ini, pengunjung bisa menaiki kapal motor yang berada di Kota Padang.

3. Pantai Tanjung Setia, Lampung

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfingindonesia.biz.id

Pantai Tanjung Setia berada di daerah Lampung Barat, sekitar 215 KM dari pusat kota, Bandar Lampung. Pantai ini dapat dikatakan sebagai surga yang tersembunyi karena masih jarang diketahui.

Meskipun begitu pantai yang memiliki ombak besar tersebut akan sangat menarik digunakan untuk para penggila surfing. Para peselancar juga akan dimanjakan dengan keindahan alam laut biru yang eksotis.

Keindahan alam Pantai Tanjung Setia ini ditambah lagi dengan pemandangan daratan yang ada di sekitarnya luar biasa mempesona. Hutan-hutan yang lebat terlihat rindang di bawah kemegahan penggunungan Bukit Barisan yang memanjang dari Utara ke Selatan. Bagi para turis yang ingin berlama-lama dengan pantai indah ini jangan terlalu khawatir, terdapat beberapa penginapan yang tidak jauh dari pantai dan terjangkau.

4. Pantai Ombak Tujuh, Jawa Barat

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfingpinterest.com/Alexander Clealand

Pantai Ombak Tujuh menghadap ke arah Samudera Hindia dan berdampingan dengan beberapa pantai lainya yang juga memiliki pemandangan yang eksotis seperti Pantai Citerem dan Pengumbahan. Lokasi pantai ini berada di Sukabumi, Jawa Barat.

Alasan dibalik penamaan tempat ini sebagai Pantai Tujuh adalah dengan keunikan ombaknya yang bersusun-susun sehingga datang secara berurutan dan bergantian. Di pantai tersebut selain dapat berselancar dengam ombak, pengunjung tentunya diperlihatkan keindahan alam pantai selatan yang memiliki banyak batu karang yang menawan.

5. Pantai Plengkung, Jawa Timur

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfingyoutube.com/Yudha Purnama

Pantai Plengkung biasa juga dikenal dengan G-Land karena bentuk dari pantainya yang menyerupai huruf G melengkung. Pantai yang berada di Banyuwangi ini dikenal sebagai salah satu tempat surfing terbaik yang ada di Indonesia.

Selain itu, tempat yang ada di ujung Jawa ini dikenal memiliki keindahan alam yang eksotis. Bagi kamu yang ingin menuju pantai yang menawan ini dapat menggunakan Boat dari Grajagan ataupun lansung dari Pulau Bali. Setelah sampai di pulau tersebut maka kamu dapat melakukan selancar bersamaan dengan ombak raksasa.

6. Pantai Uluwatu, Bali

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfingzoombali.com

Berbicara soal pantai, Bali memang tidak ada habisnya. Keindahan Pulau Dewata tersebut tidak hanya terkenal di antara wisatawan lokal, namun juga telah menjadi bagian wisata dunia. Bali memang dikenal dengan budayanya yang kuat serta memiliki potensi keindahan alam yang eksotis.

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di Bali adalah Pantai Uluwatu yang berada di Kuta Selatan, Badung. Tidak hanya berbekal pada keindahan batu karang yang menjorok ke laut, pantai putih disertai ombak besar juga menjadi daya tarik dari pantai ini.

Dengan biaya masuk sekitar 20.000 rupiah bagi turis domestik, maka keindahan alam dan ombak pantai ini sudah dapat kamu nikmati. Kamu dapat melakukan selancar dengan papan surfing milikmu sepuasnya. Selain itu, di dekat pantai ini yaitu Uluwatu Temple, kamu dapat melihat sunset jingga keemasan yang indah nan eksotis. Liburanmu pasti akan tambah berkesan, nih!

7. Pantai Kuta, Bali

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfingsurfinn.travel

Salah satu pantai yang berada di Bali ini memang sangat populer sehingga tidak heran jika sering dikunjungi oleh banyak orang. Tidak hanya turis Indonesia, Pantai Kuta sebagai destinasi wisata juga menarik perhatian bagi turis asing.

Buka hanya keindahan alam dan suasana masyarakat sekitarnya yang ramah menjadi taya tarik Pantai Kuta sering dikunjungi wisatawan, akan tetapi ombaknya yang dikenal memiliki banyak variasi menjadi magnet tersendiri. Terlebih lagi para pecinta surfing yang menantikan ombak-ombak raksasa.

Namun bagi kalian yang baru belajar, Pantai Kuta juga menjadi alternatif. Hal ini disebabkan karena ombaknya yang variatif, dari mulai yang besar hingga yang kecil. Sehingga kamu tidak perlu ragu untuk mencoba olahraga air ini. Di sekitar Pantai Kuta banyak fasilitas-fasilitas yang dapat digunakan seperti penginapan, penyewaan papan surfing, dan fasilitas lainya.

8. Pantai Bangko-bangko, Nusa Tenggara Barat

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfingwisatania.com

Pantai Bangko-bangko merupakan salah satu pantai yang berada di Lombok. Meskipun tidak seterkenal Pantai Sanggigi, Pantai Bangko-bangko ini ternyata memiliki keindahan alam yang tidak kalah indahnya. Suasana yang masih tenang diikuti dengan deburan ombak yang besar semakin menambah eksotis Pulau Lombok yang juga dikenal sebagai pulau seribu masjid ini.

Selain dapat melakukan surfing di pulau ini, kamu juga bisa melakukan kegiatan lainya seperti memancing ataupun menjelajahi hutan di dekat pantai yang memang menjadi daerah konservasi. Tidak hanya menikmati keindahan alam, di hutan yang luasnya ribuan hektare ini kamu juga dapat melihat benteng sejarah ketika penjajahan Jepang di pulau Lombok.

9. Pantai Nihiwatu, Nusa Tenggara Timur

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfingperfectwavetravel.com

Memiliki keindahan alam yang terkenal eksotis dan mempesona, Pantai Nihiwatu yang berada di Pulau Sumba ini merupakan salah satu pentai terbaik yang ada di Indonesia. Ombak-ombak yang saling berkejaran sangat cocok untuk dinikmati para penggila surfing maupun wisatawan yang sekedar ingin menghilangkan penat. Meskipun begitu pantai ini sangat membatasi jumlah orang yang berselancar karena berbentuk eklusif dan mewah.

Kamu bahkan dapat menghabiskan uang sekitar 5 jutaan rupiah untuk semalam menginap di hotel Nhiwatu. Harus diketahui bahwa hanya turis yang menginap di hotel inilah boleh menikmati keindahan alam yang ditawarkan pantai Nihiwatu sehingga tidak semua orang dapat memasukinya.

10. Pantai Rote, Nusa Tenggara Timur

10 Pantai Indonesia yang Terkenal dengan Ombaknya, Cocok Untukmu Pecinta Surfingnemberalabeachresort.com

Pulau Rote adalah salah satu wilayah paling Selatan di Indonesia. Ketika kamu mengunjungi Pulau Rote maka hamparan pantai yang indah akan memanjakan matamu. Ditambah lagi pantai di daerah ini memiliki air yang terkenal jernih dan biru mempesona. Di pulau Rote pantai yang bagus kamu gunakan untuk surfing adalah Pantai Nemberala yang disebut sebagai surganya surfing di Pulau Rote.

Pantai yang berada di daerah Rote Barat ini dikenal sebagai pantai yang memiliki ombak yang indah. Tidak mengherankan sepanjang tahun sering terjadi turnamen berselancar yang diselenggarakan di Pantai Nemberala. Selain itu kamu juga dapat menikmati keindahan pasir putih sepanjang pantai yang akan memperindah liburanmu.

Jailani Photo Community Writer Jailani

Belajar untuk berbagi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You