Comscore Tracker

Wisata Pantai Menganti Kebumen: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips

Salah satu pantai terindah di Jawa Tengah nih!

Memiliki berbagai macam pesona keindahan seperti tebing karst dan dikelilingi bukit-bukit indah menjadikan Pantai Menganti menjadi salah satu pantai terindah di Jawa Tengah. Dijuluki sebagai New Zealand-nya Indonesia, Pantai Menganti mulai banyak dikenal oleh mayarakat di luar Kota Kebumen. Banyak spot foto instagramable yang menyungguhkan pemandangan yang cantik sehingga Pantai Menganti mulai naik daun.

Pantai ini sekarang menjadi destinasi yang ramai ketika muslim liburan tiba. Sangat direkomendasikan untuk liburan kamu, nih. Yuk, simak tuntas informasi lokasi, fasilitas, harga tiket, dan tips mengunjungi Pantai Menganti.

1. Lokasi menuju Pantai Menganti

Wisata Pantai Menganti Kebumen: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipspotret pantai menganti (instagram.com/exotickebumen)

Rute menuju Pantai Menganti terbilang cukup sulit karena memiliki jalur perbukitan yang menanjak dan berkelok-kelok. Meskipun begitu, selama perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan bukit hijau yang indah.

Pantai Menganti memiliki jarak sekitar 42 km dari pusat Kota Kebumen dan memiliki jarak 30 km dari pusat Kecamatan Gombong. Rute tercepat menuju Pantai Menganti yakni dari Gombong melalui Kecamatan Ayah. Pantai menganti berada di alamat : Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen.

2. Jam dan hari operasional Pantai Menganti

Wisata Pantai Menganti Kebumen: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipspotret pantai menganti (instagram.com/lailameiharini)

Pantai Menganti sebelum dijadikan objek wisata merupakan tempat mendaratnya perahu para nelayan setelah selesai menangkap ikan. Sampai sekarang, Pantai Menganti masih dijadikan sebagai tempat mendarat perahu nelayan sehingga masih banyak dijumpai perahu berwarna biru yang berjejer di bibir pantai.  

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Menganti adalah di pagi dan sore hari karena cuaca tidak terasa sangat panas. Sementara, jam operasional Pantai Menganti dimulai pukul 07.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Pantai Menganti bisa dikunjungi kapan saja, jadi kamu bisa mengatur jadwal liburmu, ya.

Baca Juga: 7 Pesona Wisata Pantai Menganti yang Dijuluki New Zealand Indonesia 

3. Harga tiket di Pantai Menganti

Wisata Pantai Menganti Kebumen: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipspotret bukit gazebo (instagram.com/villa_pantai_menganti_kebumen)

Liburan di Pantai Menganti yang eksotis dengan panorama pasir putih dan bibir pantai yang dikelilingi perbukitan hijau tidak akan membuatmu menyesal. Udara yang segar dan angin yang sepoi-sepoi menjadikan tempat ini tempat yang cocok untuk healing loh. Tiket masuk juga sangat terjangkau, yakni hanya sebesar Rp10.000, jadi tidak akan membuat kantongmu kering. 

Pantai Menganti juga menyediakan berbagai wahana seperti sepeda gantung dan balon udara. Kamu cukup membayar Rp15.000 untuk menggunakan wahana tersebut. Sangat ekonomis, kan?

4. Spot foto dan fasilitas di Pantai Menganti

Wisata Pantai Menganti Kebumen: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipspotret pantai menganti (instagram.com/prifiayln_)

Dijuluki sebagai pantai yang memiliki panorama keindahan seperti pantai di New Zealand, Pantai Menganti menyediakan berbagai macam spot foto yang instagramable. Salah satu yang paling ikonik adalah Jembatan Merah. Jembatan ini selalu dipenuhi pengunjung untuk berfoto.

Selain itu, tempat yang populer untuk berfoto yakni di puncak mercusuar dan di atas bukit sigatel atau bukit gazebo. Untuk menuju atas bukit gazebo, pemeritah Kebumen sudah menyediakan mobil pick up gratis, jadi kamu tidak perlu capek-capek mendaki bukit. Spot foto yang populer di atas bukit yakni di Tanjung Menguneng yang sangat dekat dengan bibir pantai. Spot foto lain yang tak kalah bagus adalah Tanjung Karangbata yang merupakan batuan terbentuk alami seperti tiang dan Tebing Widadari yang berada di balik pegunungan karst.

Untuk menikmati fasilitas gazebo, kamu cukup membayar Rp10.000. Kamu sudah bisa duduk sepuasnya sembari menikmati keindahan pantai. Pengelola Pantai Menganti sudah menyediakan berbagai macam fasilitas seperti area parkir yang luas, toilet, mushola, villa, dan homestay bagi pengunjung yang ingin menginap

5. Tips berkunjung ke Pantai Menganti

Wisata Pantai Menganti Kebumen: Lokasi, Harga Tiket, dan Tipspotret camping di pantai menganti (instagram.com/campinggroundmenganti)

Sebelum melakukan perjalanan ke Pantai Menganti, sangat disarankan untuk mengecek keadaan kendaraan demi keselamatan di dalam perjalanan. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor karena transportasi umum masih sangat jarang.

Keindahan Pantai Menganti memang bisa membuat pengunjung berlama-lama di pantai. Pantai Menganti juga memiliki pemandangan sunset dan sunrise yang indah, jadi sangat disayangkan jika dilewatkan. Oleh karena itu, lebih baik kamu melakukan camping dengan teman-teman atau keluarga. Pantai Menganti menyediakan camping ground dan surfing spot, kamu bisa sepuasnya bermain di sini.

Cara terbaik berlibur di pantai yakni bermain pasir dan air. Di sini aman untuk bermain air karena Pantai Menganti tidak memiliki ombak yang tinggi sehingga cocok untuk wisata keluarga. Jangan lupa membawa tabir surya agar kulitmu tidak terbakar. Selamat berlibur!

Baca Juga: 5 Wisata Pantai Dekat Jakarta, Yuk Berlibur ke Pantai Luar Biasa Ini

Khatin Riyanti Photo Verified Writer Khatin Riyanti

A bud of flower which have a dream

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya