Comscore Tracker

Wisata Alam Datuk Sumut yang Menawan, Ini Infomasi Harga dan Rutenya

Pantai dengan spot-spot menarik yang bikin terpesona

Wisata Alam Datuk merupakan tempat wisata yang beranjak populer di Sumatra Utara. Pantai unik dengan panorama alam yang sangat indah tersebut mampu menarik perhatian para traveler dalam negeri.

Wisata Alam Datuk sendiri merupakan reklamasi pantai terpanjang di Pulau Sumatra. Terdapat banyak wahana unik yang bisa kamu manfaatkan di sini. 

Apa saja yang menarik di Wisata Alam Datuk? Nah jika kamu penasaran dengan tempat ini, berikut informasi lengkap yang bisa kamu baca. Siapkan buku catatan, ya!

1. Sekilas tentang Wisata Alam Datuk 

Wisata Alam Datuk Sumut yang Menawan, Ini Infomasi Harga dan RutenyaWisata Alam Datuk (instagram.com/wisataalamdatuk)

Wisata Alam Datuk atau biasa disebut dengan Pantai Datuk ini cukup menyita perhatian di kalangan para traveler.

Kawasan yang selalu ramai oleh pengunjung khususnya weekend ini menyimpan banyak keunikannya, lho. Sebabnya di pantai yang disulap sedemikian rupa dengan tambahan berbagai wahana ini bisa kamu nikmati tersebut cocok untuk kamu datangi bareng keluarga atau kerabat tercinta. 

Lokasinya sangat mudah dituju. Bahkan jalurnya bisa kamu akses menggunakan Google Maps.

Pantai Datuk menjadi kebanggaan dari masyarakat Kabupaten Batu Bara. Bahkan penambahan beberapa fasilitas masih dilakukan.

2. Lokasi dan rute menuju Wisata Alam Datuk 

Wisata Alam Datuk Sumut yang Menawan, Ini Infomasi Harga dan RutenyaWisata Alam Datuk (instagram.com/fitrihandayani483)

Pantai Datuk beralamat di Kwala Indah, Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Provinsi Sumatra Utara. Dengan kondisi jalur yang terbilang bagus, maka perjalanan menuju ke sana tidak akan terasa. Butuh sekitar 1 jam 30 menit perjalanan yang harus kamu tempuh atau sekitar 45 km.

Nah, jika kamu berangkat dari Stasiun Tebing Tinggi, arahkan ke Jalan Soekarno-Hatta. Kemudian setelah kurang lebih 20 km setelahnya, belok kiri hingga masuk ke Access Road. Ikuti saja penunjuk jalan yang tertera hingga ke lokasi.

Baca Juga: 10 Potret Aek Sijornih, Air Terjun di Sumatra Utara yang Jernih 

3. Tiket masuk dan fasilitas di Wisata Alam Datuk 

Wisata Alam Datuk Sumut yang Menawan, Ini Infomasi Harga dan RutenyaWisata Alam Datuk (instagram.com/waksu.hendro)

Tentu saja untuk memasuki sebuah tempat wisata memang dibutuhkan tiket masuk yang harus dibeli.

Sama seperti tempat wisata ainnya, Wisata Alam Datuk juga memiliki tiket masuk dengan harga yang masih sangat murah. Cukup dengan membayar Rp10 ribu, kamu sudah bisa mengeksplorasi seluruh sudut yang ada yang kawasan tersebut.

Untuk jam operasional dari Wisata Alam Datuk dibuka pada pukul 9 pagi hingga 6 petang.

Soal fasilitas, tenang saja. Tempat ini sudah memiliki fasilitas lengkap mulai dari musala, toilet, tempat duduk atau istirahat, dan beberapa warung makan. 

4. Hal menarik di Wisata Alam Datuk

Wisata Alam Datuk Sumut yang Menawan, Ini Infomasi Harga dan RutenyaWisata Alam Datuk (instagram.com/dawisiwi)

Tempat ini memang cukup menarik untuk didatangi. Misalkan kamu bisa melihat sunset yang ada di pantai tersebut. Kamu bisa menikmati keindahan sunset di sore hari, tentu saja dengan kondisi cuaca yang memadai, ya.

Selain itu ada banyak tempat atau spot menarik yang diubah hingga sedemikian rupa. Spot-spot foto yang ada pun instagramable dan kekinian.

Di sana juga terdapat kolam renang yang bisa kamu manfaatkan jika ingin berenang. Tak hanya itu saja, terdapat kampung Indian bernama Apache Camp yang memang sangat unik.

5. Beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di Wisata Alam Datuk

Wisata Alam Datuk Sumut yang Menawan, Ini Infomasi Harga dan RutenyaWisata Alam Datuk (instagram.com/__devitaaaaa__)

Dengan banyak tempat yang unik di Wisata Alam Datuk, tentu saja memberikan pengalaman yang berbeda saat mengunjunginya. Kamu bisa melakukan berbagai kegiatan, antara lain:

1. Berenang

Tentu saja mengunjungi pantai tak lengkap jika tidak melakukan kegiatan berenang. Ya, saat di Wisata Alam Datuk, kamu bisa berenang di pinggiran pantai. Airnya cukup bersih dan ombaknya juga tenang, lho.

Terdapatnya kolam di sana tentu saja juga bisa kamu manfaatkan sebaik mungkin. Jika bosan berenang di pantai, kamu bisa berenang di kolam yang ada di sana. Menyenangkan, kan?

2. Olahraga

Berenang juga bisa masuk kategori olahraga. Namun olahraga di sini lebih spesifik, lho. Kamu bisa melakukan jogging, bermain voli, atau trekming menyusuri hutan bakau yang ada di sana.

Udara di Wisata Alam Datuk pun cukup sejuk dan bersih. Melakukan beberapa kegiatan olahrada di sana akan membantumu untuk merasa rileks. Tentu saja selain berwisata, kamu juga bisa mendapatkan badan yang sehat.

3. Berfoto

Tersedianya banyak spot yang instagramable, tentu akan menyenangkan wisatawan yang menyukai fotografi. Kamu bisa berfoto dengan background spot-spot yang unik dan mengunggahnya ke sosial media.

Tentu dengan foto-foto yang indah milikmum bakal mempercantik feed medsos, kan? Jangan lupa untuk membagikan ke beberapa teman-temanmu, siap tahu mereka tertarik untuk datang.

Wisata Alam Datuk memang sangat menyenangkan, kan? Saat kamu mengunjungi Sumatra Utara, khususnya di Kabupaten Batu Bara, jangan lupa untuk mendatangi wisata satu ini ya!

Baca Juga: 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu Soal Etnis Mandailing di Sumatra Utara

Kiswanto Sugeng Photo Verified Writer Kiswanto Sugeng

Penyuka kopi, gunung, game apalagi kamu...!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya