Comscore Tracker

5 Air Terjun dengan Pemandangan Memikat di Yogyakarta

Suasananya bikin pengunjung betah berlama-lama

Bukan rahasia lagi kalau Yogyakarta menjadi salah satu kota favorit di Indonesia. Selain budayanya yang kental, tradisi yang masih terjaga, dan segudang kuliner nikmat, Kota Gudeg juga memiliki sejumlah wisata alam yang memikat. Salah satunya berupa air terjun.

Sama seperti pantainya, Yogyakarta juga memiliki sejumlah air terjun. Banyak di antaranya yang sayang jika dilewatkan begitu saja.

1. Air Terjun Sri Gethuk

5 Air Terjun dengan Pemandangan Memikat di Yogyakartagambar pemandangan di air terjun Sri Gethuk (instagram.com/meinnameistmia)

Nama Air rerjun Sri Gethuk memang cukup populer di kalangan turis maupun warga lokal. Berbeda dengan air terjun lain yang airnya langsung bermuara ke sungai, air di sini akan mengalir ke karst sebelum menyatu dengan Sungai Oyo yang jernih kehijauan.

Karena aliran sungai tidak terlalu deras, air terjun ini juga aman untuk berenang. Kalau kamu gak bisa berenang, pihak pengelola sudah menyediakan tempat penyewaan ban dengan harga murah.

Pilihan lainnya, kamu bisa arung jeram menyusuri aliran sungai atau menikmati indahnya Air Terjun Sri Gethuk dari ketinggian dengan menggunakan flying fox.

Lokasi: Jalan Air Terjun Sri Gethuk, Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Harga: Rp15.000

2. Air Terjun Kembang Soka

5 Air Terjun dengan Pemandangan Memikat di Yogyakartagambar pemandangan di air terjun Kembang Soka (instagram.com/hajar_prasetyo)

Kalau mayoritas air terjun hanya memiliki satu warna, Air Terjun Kembang Soka lebih istimewa. Air terjun ini memiliki dua warna, yakni hijau toska dan putih. Air yang turun berwarna putih, tapi berubah menjadi hijau ketika sampai di kolam.

Selain air terjun, warna bebatuan di sini juga beragam. Bebatuan di dasar kolamnya berwarna kuning, tapi di tebing sekitar air terjun warnanya justru merah. Perbedaan warna inilah yang membuat pemandangan di Air Terjun Kembang Soka jadi terlihat sangat cantik.

Lokasi: Jalan Raya Kaligesing, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Harga: Rp6.000

3. Air Terjun Kedung Pedut

5 Air Terjun dengan Pemandangan Memikat di Yogyakartagambar pemandangan di air terjun Kedung Pedut (instagram.com/explorealamjogja)

Kalau Air Terjun Kembang Soka berwarna hijau toska, maka kolam di Air Terjun Kedang Pedut justru berwarna biru muda. Di sini, pengunjung bisa berenang atau sekadar bermain air di beberapa kolam alami yang berada gak jauh dari air terjun.

Lelah berenang, kamu dan teman-temanmu bisa bersantai di kursi bambu yang sudah disediakan. Gak tertarik berenang? Kamu tetap bisa datang dan bersantai sambil menikmati pemandangan air terjun Kedung Pedut dari gardu pandang yang sudah disiapkan oleh pihak pengelola atau berfoto di jembatan kayu dengan latar belakang kolam berwarna biru.

Lokasi: Jalan Kutogiri Gunung Kelir, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Harga: Rp5.000

Baca Juga: 5 Air Terjun Indah di Lombok Utara, Bikin Betah Main Air! 

4. Air Terjun Kedung Pengilon

5 Air Terjun dengan Pemandangan Memikat di Yogyakartagambar pemandangan di Kedung Pengilon (instagram.com/ardian_uke53)

Air Terjun Kedung Pengilon tingginya 10 mete. Meski air terjunnya gak terlalu besar, air terjun ini memiliki kolam air yang jernih berwarna hijau.

Sama seperti kebanyakan air terjun, Air Terjun Kedung Pengilon ini terletak agak jauh dari perkotaan dan lokasinya dikelilingi hutan. Sisi baiknya, meski perjalanan menuju air terjun ini cukup melelahkan, suasana di sana justru sangat menyenangkan dan tenang.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Air Terjun Kedung Pengilon adalah di musim hujan karena saat itu debit airnya sedang tinggi. Sayangnya, karena kolam air di sini sangat dalam, pengunjung gak disarankan untuk berenang di Air Terjun Kedung Pengilon.

Lokasi: Dusun Petung, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari, 24 jam

Harga: Rp5.000

5. Air Terjun Luweng Sampang

5 Air Terjun dengan Pemandangan Memikat di Yogyakartagambar pemandangan di air terjun Luweng Sampang (instagram.com/sumunara_nara)

Terakhir ada Air Terjun Luweng Sampang yang unik banget. Kenapa unik? Berbeda dengan kebanyakan air terjun yang dikelilingi oleh bebatuan, Air Terjun Luweng Sampang justru diapit oleh dua tebing besar dengan bentuk seperti pahatan.

Kebalikan dari air terjun sebelumnya, waktu terbaik untuk mengunjungi Air Terjun Luweng Sampang adalah saat musim kemarau. Di musim kemarau, air kolam akan terlihat jernih dengan warna hijau toska. Sebaliknya di musim hujan, air akan jadi lebih keruh dan gak aman untuk berenang.

Lokasi: Jalan Juminahan, Kecamatan Gedang Sari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari pukul 06.00-18.00 WIB

Harga: gratis

Selama ini yang terkenal dari Yogyakarta hanya pantainya saja. Padahal, Yogyakarta juga punya segudang wisata air terjun dengan panorama memesona yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. 

Baca Juga: 9 Potret Air Terjun Piala, Air Terjun Bertingkat nan Eksotis di Luwuk 

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

Find me on 📷 : instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya