Comscore Tracker

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Situ Patenggang Bandung

Suasana alamnya masih eksotis banget!

Ngomongin soal wisata alam di Jawa Barat memang gak bakal ada ujungnya, selalu saja ada yang menarik, termasuk di Bandung. Sudah bukan hal yang baru kalau ibu kota Jawa Barat ini menyimpan berbagai destinasi alam memukau, salah satunya Situ Patenggang.

Danau dengan panorama eksotis ini berada di Bandung Selatan. Cocok banget buat kamu yang pengin melipir sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Biar ada gambaran, berikut informasi wisata ke Situ Patenggang untuk bekal liburanmu.

1. Rute menuju Situ Patenggang

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Situ Patenggang Bandunginstagram.com/alpotrait_

Untuk bisa menuju Situ Patenggang, rute yang paling diminati adalah dari pusat Kota Bandung. Selain lebih cepat, aksesnya pun dirasa lebih mudah.

Dari pusat Kota Bandung, melajulah ke Jalan Jenderal Sudirman. Setelah melewati Alun-alun Kota Bandung, lurus terus hingga bertemu bundaran. Belok ke kiri hingga masuk ke Jalan Tol Soreang-Pasir Koja.

Kemudian, turun melalui Gerbang Tol Soreang dan masuk ke Jalan Cipatik. Lanjutkan perjalananmu hingga melewati Jalan Sorean-Ciwidey dan bertemu Jalan Propinsi.

Sesampainya di Jalan Raya Ciwidey, lurus terus sampai bertemu Kebun Strawberry Emte Highland Resort dan Wisata Air Curug Tilu. Setelah itu, kamu bakal melihat Situ Patenggang di ujung jalan.

2. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Situ Patenggang Bandunginstagram.com/mochamadsiddiq⁣

Lokasi: Raya Ciwidey, Rancabali, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00-20.00

Harga:

  • Senin-Jumat: WNI seharga Rp18 ribu, sedangkan WNA Rp135 ribu
  • Sabtu-Minggu: WNI seharga Rp20 ribu, sedangkan WNA Rp185 ribu

3. Ada apa saja sih di Situ Patenggang?

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Situ Patenggang Bandunginstagram.com/yarhams

Selama liburan di Situ Patenggang, ada beberapa aktivitas seru yang harus kamu lakukan. Hal utama yang sudah pasti dilakukan adalah menjelajah danau dengan perahu. Kamu bisa menikmati keindahan pemandangan danau dari jarak lebih dekat.

Kalau menyusuri dengan perahu, harga sewanya Rp150 ribu per keluarga. Satu perahu bisa menampung hingga empat orang. Dijamin seru banget, deh. Ada pula sepeda air seharga Rp40 ribu.

Saat berkeliling, mampirlah ke Batu Cinta. Konon, kalau kamu dan pasangan menyentuh batu tersebut, cintamu bakal abadi, lho. Kapan lagi bisa lihat batu itu dari dekat, ya kan?

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Situ Patenggang Bandunginstagram.com/alqisnrachman

Kalau hanya ingin menikmati pemandangan sekitar danau, kamu bisa menyewa tikar dan duduk seperti sedang piknik. Panorama indah yang khas ini bakal bikin penatmu langsung hilang, deh.

Suasana jadi lebih syahdu ketika kabut turun, hawa jadi makin sejuk dan dingin. Jangan lupa membawa makanan dan minuman, biar makin seru dan menyenangkan. Harga sewa tikar hanya Rp10 ribuan.

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Situ Patenggang Bandunginstagram.com/noviane_setiadi

Kurang lengkap ke Bandung kalau tidak menyantap masakan khas Sunda. Di Situ Patenggang, kamu bisa mencoba berbagai makanan khas di Kapal Penisi Resort. Restoran unik ini berbentuk bahtera raksasa, megah banget.

Kamu bisa menikmati berbagai menu andalan mereka, seperti gurami lake side, gurami terbang, nasi bakar, nasi liwet komplet, dan roti bakar. Untuk minumannya, cobalah bandrek, dijamin tubuh langsung rileks. Harganya berkisar antara Rp20-80 ribuan.

Baca Juga: Info Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Wisata Langlang Buana Yogyakarta

4. Fasilitasnya sudah cukup lengkap

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Situ Patenggang Bandunginstagram.com/wahyu_tama46

Destinasi wisata alam satu ini sudah memiliki fasilitas yang sangat memadai. Mulai kamar mandi, musala, tempat beristirahat, gazebo, hingga beberapa papan petunjuk yang memudahkan penjelajahan.

Selain restoran unik, terdapat pula tempat penginapan berupa glamping di pinggiran danau. Fasilitasnya sekelas hotel mewah. Harga per malamnya mencapai Rp1,2 juta.

Buat kamu yang pengin membawa oleh-oleh untuk orang tersayang, mampirlah ke toko suvenir dan toko buah. Banyak buah-buahan segar di sini, seperti stroberi, mangga, dan jeruk.

5. Tips yang bisa diterapkan

Informasi Rute, Harga Tiket, dan Tips ke Situ Patenggang Bandunginstagram.com/sisadoe

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan di sini, antara lain:

  1. Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi. Jarang ada angkutan umum yang menuju ke Situ Patenggang.
  2. Pakailah pakaian yang cukup tebal. Hawa di danau ini bakal terasa dingin, belum lagi kalau hujan dan kabutnya turun.
  3. Bawalah payung supaya, jaga-jaga saat hujan turun. Wisata alam di daratan tinggi cenderung memiliki curah hujan lebih tinggi.
  4. Jangan membuang sampah sembarang. Sudah tersedia banyak tong sampah di sana, pisahkan juga tergantung jenisnya, ya.

Itulah informasi lengkap liburan ke Situ Patenggang di Jawa Barat. Yuk, segera jadwalkan tanggal liburanmu! 

Baca Juga: Info Rute, Lokasi, Harga, dan Tips ke Glamping Sebatu Sanctuary Bali

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya