Comscore Tracker

5 Rekomendasi Penginapan Bernuansa Tradisional Jawa di Yogyakarta

Suasananya dijamin nyaman dan bikin betah

Yogyakarta menjadi salah satu kota wisata terbaik di Indonesia. Tak sedikit orang yang memilih Kota Pelajar ini sebagai lokasi liburan. Berbagai objek wisata, seperti Malioboro, Taman Sari, dan Keraton Yogyakarta siap menyambut wisatawan lokal dan mancanegara.

Para wisatawan tak perlu bingung memilih penginapan karena banyak pilihan yang tersedia. Memilih penginapan perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang ada.

Di Yogyakarta, terdapat berbagai jenis penginapan dengan konsep unik dan menarik. Kamu pengin merasakan pengalaman menginap dengan suasana tradisional khas Jawa? Yuk, simak beberapa rekomendasi penginapan bernuansa Jawa di Yogyakarta berikut ini.

1. Tirto Raharjo Ethnic Wooden House 

5 Rekomendasi Penginapan Bernuansa Tradisional Jawa di YogyakartaTirto Raharjo Ethnic Wooden House (instagram.com/tirtoraharjojogja)

Berlokasi di Bantul, Yogyakarta, penginapan ini hadir dengan konsep bangunan tradisional khas Jawa. Tirto Raharjo Ethnic Wooden House memadukan lima unsur semesta pada arsitekturnya yaitu akasha (ruang), vayu (udara), tejas (api), jala (air), dan pritvi (bumi).

Penginapan ini juga memiliki private candi bernama Candi Tirto Raharjo. Biasanya, area candi tersebut digunakan untuk mengadakan acara akad nikah, resepsi, pertunjukan, dan lain sebagainya.

Dengan harga sebesar Rp350 ribu hingga Rp1 juta per malam, kalian sudah dapat menginap dengan suasana yang nyaman dan hangat. Dijamin betah diam di kamar, deh.

2. Villa Lawang Ijo 

5 Rekomendasi Penginapan Bernuansa Tradisional Jawa di YogyakartaVilla Lawang Ijo (instagram.com/villalawangijo)

Arti kata lawang ijo pada vila ini adalah pintu hijau. Sesuai  namanya, vila ini didominasi pintu berwarna hijau pada bangunannya. Vila ini menerapkan desain tradisional yang klasik. Hal ini terlihat pada bangunan joglo.

Beragam fasilitas lengkap disediakan, mulai dari kamar, kolam renang, ruang keluarga, dapur, dan lain sebagainya. Suasana di vila ini juga  sejuk karena dikelilingi persawahan dan pepohonan hijau. Vila dengan harga Rp2 jutaan ini mampu menampung enam orang.

3. Nextdoor Nature 

5 Rekomendasi Penginapan Bernuansa Tradisional Jawa di YogyakartaNextdoor Nature (instagram.com/nature.nextdoor)

Nextdoor Nature merupakan penginapan dengan nuansa pedesaan yang kental. Penginapan ini menggunakan desain rumah tradisional Jawa yang didominasi oleh bahan kayu dan bambu. Lokasinya yang jauh dari pusat keramaian membuat suasana penginapan ini damai dan menenangkan.

Terdapat dua jenis kamar yang dapat disewa, yakni limasan besar dan limasan kecil. Penginapan ini juga menawarkan panorama alam menawan. Pemandangan matahari terbenam terlihat jelas di penginapan ini. Harga sewanya Rp600 ribu hingga Rp1 juta per malam.

Baca Juga: 5 Penginapan Terbaik di Raja Ampat yang Memiliki Pemandangan Eksotis

4. Villa Blue Steps 

5 Rekomendasi Penginapan Bernuansa Tradisional Jawa di YogyakartaVilla Blue Steps (instagram.com/bluesteps_villa_resto)

Villa Blue Steps berlokasi di dekat area persawahan, tepatnya di Bantul, Yogyakarta. Vila ini menawarkan konsep penginapan tradisional dengan suasana pedesaan yang khas. Lingkungannya asri dan sejuk dengan pemandangan alam memanjakan mata.

Vila ini memiliki dua kamar yang luas. Selain itu, ada ruang tamu, kolam renang, gazebo, dan fasilitas lainnya yang memadai. Untuk menginap di Villa Blue Steps perlu menyiapkan dana sebesar Rp2-3,5 juta per malam. Vila ini dekat dengan beberapa objek wisata, lho.

5. Umah D’Kali Villas 

5 Rekomendasi Penginapan Bernuansa Tradisional Jawa di YogyakartaUmah D'Kali Villas (instagram.com/umahdkalivillas)

Menginap di Umah D’Kali Villas dijamin memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Umah D’Kali Villas memadukan beberapa budaya dalam satu vlla. Terdapat empat jenis vila yaitu vila bali, vila java, vila jodphur, dan vila toraja. Keanekaragaman budaya yang diterapkan vila ini menjadi daya tarik tersendiri.

Fasilitas yang ada di vila ini cukup lengkap, seperti kamar, toilet, kolam renang, perpustakaan, taman, dan lainnya. Untuk menginap di vila ini, kamu perlu menyiapkan bujet sebesar Rp800 ribu hingga Rp2,3 juta per malam.

Menginap dengan nuansa tradisional Jawa tidak hanya menawarkan suasana yang hangat dan nyaman, namun juga menambah pengetahuan. Kalau ke Yogyakarta, jangan lupa coba menginap di salah satu tempat di atas, ya!

Baca Juga: 5 Es Paling Legendaris di Yogyakarta, Nikmatnya Bikin Nostalgia

Diana A Z Photo Verified Writer Diana A Z

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya