Comscore Tracker

Mengenal Rumah Adat Toraja, dari Jenis dan Keunikannya

Ada yang dipakai untuk menyimpan jenazah

Suku Toraja merupakan salah satu suku fenomenal di Indonesia. Bahkan adat hingga kebudayaannya masih terjaga hingga kini. Selain itu, rumah adat Toraja yang disebut Tongkonan pun banyak menarik perhatian.

Tongkonan sendiri berasal dari bahasa Toraja, 'tongkon' yang berarti duduk. Sementara dalam arti luas, 'tongkon' berarti tempat dalam menyelesaikan persoalan. Namun, kamu tahu gak, bila tongkonan terdiri atas beberapa jenis. Yuk, ketahui info lengkapnya berikut ini!

Jenis rumah adat suku Toraja

Mengenal Rumah Adat Toraja, dari Jenis dan KeunikannyaRumah Adat Toraja (commons.wikimedia.org)

Rumah adat Toraja atau disebut Tongkonan terdiri atas beberapa jenis. Ini pun didasarkan pada kedudukan penguasa dan jumlah ruangan. Jenis rumah adat Toraja adalah sebagai berikut.

1. Tongkonan Layuk atau Pesio Aluk

Rumah adat Tongkonan Layuk difungsikan sebagai pusat pemerintahan suku Toraja. Di tempat ini, kepala desa atau ketua adat membuat aturan sosial dan keagamaan. Selain itu, jenazah suku Toraja akan diletakkan sementara di Tongkonan Layuk sebelum dipindahkan ke tebing pemakaman.

2. Tongkonan Pekamberan atau Pekaindoran

Tongkonan Pekamberan disebut juga Tongkonan Keparengngesan, Kabarasan, dan Anak Patalo. Bangunan ini biasa dipakai oleh bangsawan atau keluarga terpandang. Selain itu, rumah adat ini juga memiliki fungsi seperti Tongkonan Layuk, sehingga jenazah suku Toraja bisa disemayamkan di sini.

3. Tongkonan Batu A’riri Tongkonan

Batu A'riri merupakan rumah adat Toraja yang digunakan sebagai tempat tinggal kaum Tomakaka atau bangsawan dan kaum Kaunan alias orang biasa. Perbedaan kedua rumah adat ini terletak pada ukirannya. Kaum tomakaka diperbolehkan memakai ukiran, sementara kaunan dilarang memakai ukiran rumah.

Baca Juga: Rumah Adat Sumatera Barat, Ini Jenis dan Keunikannya

Keunikan rumah adat Toraja

Mengenal Rumah Adat Toraja, dari Jenis dan Keunikannyahttps://commons.wikimedia.org/wiki/File:Kampung_wisata.jpg

Sudah tahu, kan, jenis-jenis rumah adat TorajaNext, kamu juga perlu tahu keunikan dari rumah adat satu ini. Berikut di antaranya:

  • Bagian atapnya melengkung seperti perahu
  • Terdapat ukiran unik dibagian bangunannya
  • Bagian depan rumahnya dihiasi tanduk kerbau
  • Pintu dan jendela tongkonan berukuran kecil, untuk menghalau udara dingin
  • Rumah tongkonan harus mengharap ke utara dan membelakangi arah selatan.

Nah, itulah informasi seputar rumah adat Toraja yang perlu diketahui. Selain itu, temukan pula rekomendasi tempat wisata di IDN Times yang bisa bikin mood-mu jadi lebih baik.

Baca Juga: Rumah Joglo Jawa Tengah: Sejarah, Bagian, dan Filosofinya

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya