Comscore Tracker

3 Tempat Snorkeling Terindah di Kerajaan Ubur-ubur Jinak di Indonesia

Tapi jangan dipegang ya, apalagi dibawa keluar air

Snorkeling seperti sudah jadi aktivitas wajib ketika kita liburan ke pantai yang indah. Gak cuma menunggu keelokan sunset di pinggir pantai, kita juga harus mengenal keindahan bawah lautnya melalui snorkeling.

Terumbu karang dan ikan warna-warni jadi pemandangan yang biasa kita temukan di bawah laut. Tak jarang pula ada ubur-ubur yang menggeliat indah.

Meski berpenampilan cantik, selama ini orang mengenal ubur-ubur sebagai hewan berbahaya, karena punya sengatan yang menyakitkan. Namun, sebagian ubur-ubur ternyata ramah pada manusia alias tidak menyengat, sehingga kita tetap akan aman ketika berada di sekitarnya.

Kegiatan snorkeling bersama ubur-ubur jinak hanya mungkin kamu lakukan di empat tempat di dunia, yang tiga di antaranya ada di Indonesia lho.

1. Danau Mariona, Togean, Sulawesi Tengah

3 Tempat Snorkeling Terindah di Kerajaan Ubur-ubur Jinak di IndonesiaInstagram.com/latin.spirit

Danau Mariona adalah salah satu danau tektonik yang paling indah di Kepuluan Togean atau Togian, Sulawesi Tengah. Tempat yang berada di Kabupaten Tojo Una-Una, Palu, Sulawesi Tengah, ini jadi kerajaan ubur-ubur yang sesungguhnya.

Ribuan ubur-ubur berbagai jenis yang tak menyengat tinggal di sini, mulai dari berukuran kecil hingga besar. Meski ramah manusia, tapi ada baiknya kita hanya menikmati mereka tanpa menyentuhnya, apalagi kalau sampai mengangkatnya keluar ke permukaan.

Baca Juga: 5 Tempat Snorkeling Terbaik di Indonesia, Pemandangannya Menakjubkan

2. Danau Lenmakana, Pulau Misool, Papua Barat

3 Tempat Snorkeling Terindah di Kerajaan Ubur-ubur Jinak di IndonesiaInstagram.com/tommy_halimwijaya

Soal keindahan biota airnya, eksistensi Raja Ampat di Papua Barat jangan pernah diragukan. Wisatawan asing dari berbagai negara yang berbondong-bondong datang ke sini untuk pelesiran adalah salah satu buktinya.

Selain laut, Raja Ampat menyimpan pemandangan eksotis ribuan ubur-ubur jinak di Danau Lemankana yang ada di Pulau Misool, Raja Ampat.

Untuk menuju ke danau ini butuh effort ekstra keras, karena kamu harus trekking dan melewati medan yang cukup menantang. Namun begitu samai, ribuan ubur-ubur yang nampak dari permukaan air jernih akan langsung menyapamu.

3. Pulau Kakaban, Kalimantan Timur

Pulau Kalimantan juga menyimpan banyak cuilan surga yang terlalu cantik untuk kita abaikan, salah satunya Danau Kakaban di Maratua, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tempat istimewa ini wajib kita kunjungi paling tidak sekali seumur hidup.

Kapan lagi kamu punya pengalaman menyelam dan berenang bersama ribuan ubur-ubur indah ini, ya kan?

Ubur-ubur berbagai ukuran, jenis, dan warna, semua terpusat dalam danau berair jernih ini. Karena populasinya yang padat, pengunjung biasanya dilarang menggunakan fin atau kaki katak, agar tak melukai hewan cantik ini.

Tempat keempat untuk berenang bersama ubur-ubur jinak ada di Eil Malk, salah satu danau di Kepulauan Palau yang letaknya berada di Laut Pasifik. Sebagai orang asli Indonesia yang punya tiga spot indah ini, tentunya harus coba berkunjung ke sana, dong! Kamu sudah ke yang mana nih?

Baca Juga: 10 Tempat Skydiving Terbaik di Dunia, Wajib Masuk Wish List Nih!

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You