Comscore Tracker

Bukan Hawaii, Pantai dengan Ombak Indah Ini Ada di Banten Lho!

Gak perlu jauh-jauh ke luar negeri

Gak perlu jauh-jauh ke Hawaii untuk dapat pengalaman surfing tak  terlupakan dengan ombak menantang. Indonesia juga punya pantai-pantai terbaik yang diakui mancanegara. Salah satunya adalah pantai di Pulau Panaitan.

Pulau ini terletak di sebelah barat laut Jawa. Secara administratif, termasuk dalam wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten. Karena masih dalam wilayah Taman Nasional ujung Kulon, Pulau Panaitan juga diakui sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Tempat ini masuk kategori tersebut bukan tanpa alasan, potensi alamnya dijamin bakal bikin kamu terkagum-kagum.

1. Salah satu tempat surfing terbaik dunia

Nama Pulau Panaitan santer di kalangan surfer  mancanegara dan dianggap sebagai lokasi berselancar  terbaik dunia. Berbagai jenis ombak kelas dunia seperti one palm points, napalms, apocalypse, dan pussy  ada di sana. Gak salah kalau Pulau Panaitan disebut surganya peselancar. 

2. Pemandangan bawah lautnya serasa Raja Ampat

Bukan Hawaii, Pantai dengan Ombak Indah Ini Ada di Banten Lho!Instagram.com/dodinaminra

Kalau kamu bukan peselancar dan tak tertarik dengan surfing, tenang, Pulau Panaitan gak cuma asyik untuk berselancar, kok! Kamu juga bisa menjelajahi pesona bawah lautnya dengan snorkeling atau scuba diving.

Salah satu lokasi penyelaman yang cukup terkenal adalah Batu Pitak, dekat Legon Butun. Namun, karena arus yang cukup besar, sebaiknya tetap ada dalam pendampingan profesional, terutama untuk penyelam pemula.

Baca juga: 7 Fakta Kuburan Bayi di Tana Toraja yang Jadi Wisata, Bikin Merinding!

3. Banyak flora dan fauna yang bebas berkeliaran

Bukan Hawaii, Pantai dengan Ombak Indah Ini Ada di Banten Lho!Instagram.com/erik_frederik

Pulau Panaitan dikelilingi dengan hutan hujan tropis. Jadi, kalau menemukan hewan-hewan liar di sekitar tempat singgahmu, jangan panik ya.

Hewan seperti monyet ekor panjang, biawak, rusa, hingga babi hutan berkeliaran bebas di sini. Masuk sedikit ke rawa, buaya air tawar dan ular piton tinggal dan tumbuh secara liar di sana.

4. Cocok buat maniak memancing

Bukan Hawaii, Pantai dengan Ombak Indah Ini Ada di Banten Lho!worldsoup.me

Setiap tahun diadakan kompetisi memancing di sekitar Pulau Panaitan, Pulau Peucang, hingga Tanjung Karang. Kegiatan ini diadakan untuk memperkenalkan potensi besar bawah laut Pulau Panaitan. Bahkan, acara ini juga terkenal di kalangan mancing mania luar negeri.

Beragam ikan besar menghuni perairan Ujung Kulon. Sebut saja tuna sirip kuning, giant travelly, kakap merah, kue gerong, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Penampakan indahnya laut di negeri ini membuktikan Indonesia pantas menyandang status sebagai negara agraris. Yuk, ikut berkontribusi dengan mempromosikan destinasi wisata kita!

Baca juga: Bikin Bangga, 7 Film Keren Hollywood Ini Syuting di Indonesia Lho!

 

Line IDN Times

Topic:

Just For You