Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta Bahari

Gak akan pernah kecewa pernah mampir ke sini

Rote merupakan wilayah kepulauan paling selatan di Indonesia dan termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kawasan yang terdiri dari puluhan pulau dengan enam pulau berpenghuni ini terkenal sebagai salah satu "surganya" pantai dan laut di Indonesia.

Kalau akan berlibur ke Pulau Rote, pastikan kamu memasukkan 10 tempat di bawah ini ke dalam daftar kunjungannmu. Keindahannya bahkan kerap disandingkan dengan Raja Ampat dan Sumba, lho!

1. Pantai Telaga Nirwana

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta BahariInstagram.com/csugiono

Pantai Telaga Nirwana jadi salah satu primadona di Pulau Rote karena keindahannya. Tempat ini punya muara laut dengan air sejernih kristal serta laguna indah yang dikelilingi pepohonan mangrove dan batuan cadas.

Uniknya, terdapat batuan berbentuk hati yang unik di tengah laguna. Aliran airnya cenderung tenang, sehingga cocok untuk berenang dan naik kayak. Telaga Nirwana terletak di Dusun Kotalai, Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, Kabupaten Rote Ndao.

2. Pantai Tolanamon

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta BahariInstagram.com/farhan_anggori

Pantai Tolanamon berlokasi di Desa Inaoe, Rote Selatan, Kabupaten Rote Ndao, NTT. Dalam bahasa Rote, Tolanamo bisa diartikan sebagai teluk yang menusuk, mirip seperti bentuknya yang runcing menuju bibir pantai. 

Akses menuju ke sini lumayan makan waktu, sekitar dua jam perjalanan dari Kota Ba'a menuju ke Desa Inaoe. Setelah itu, dilanjutkan dengan perjalanan menuju pantai sejauh empat kilometer dengan kondisi jalan yang belum diaspal. Tapi lelahmu dijamin bakal sirna setelah menyaksikan laut yang diapit tebing serta pepohonan hijau ini.

3. Pantai Dombo

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta BahariInstagram.com/yanuarrainsyah

Pantai Dombo yang berada di Desa Kuli, Lobalain, Kabupaten Rote Ndao, NTT, ini langsung berhadapan dengan laut lepas menghadap Australia. Pantai yang disebut juga Pantai Salaek Dale tersebut dikelilingi pasir putih, air yang tenang, dan hutan bakau yang indah. 

4. Pantai Bo'a

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta BahariInstagram.com/csugiono

Desa Bo’a, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, merupakan lokasi pantai eksotis ini berada. Pantai Bo'a terkenal dengan gulungan ombaknya yang besar, sehingga ideal sebagai tempat surfing

Fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap dan terkenal di kalangan wisatawan asing. Kamu juga akan mudah menemukan penginapan di dekat sana dengan pemandangan langsung ke laut.

5. Pantai Nemberala

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta BahariInstagram.com/traceymeistrell

Saking populernya, banyak yang bilang belum ke Rote kalau belum menginjak Pantai Nemberala. Pantai ini layaknya Kuta di Bali, jadi fasilitasnya sudah sangat terawat, dipenuhi resor, dan banyak turis mancanegara.

Pantai Nemberala jadi salah satu spot berselancar terbaik di Pulau Rote karena gulungan ombaknya cenderung tinggi. Selain berselancar dan berenang, jangan sampai terlewat pemandangan matahari terbenam yang epik banget di sini!

6. Pantai Oeseli

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta BahariInstagram.com/ervan_dimu

Pantai Oeseli di Desa Sotimori, Kecamatan Rote Timur, ini sebenarnya bukan pantai seutuhnya dan lebih mirip laguna karena tidak bermuara ke laut. Karena itu Pantai Oeseli juga terkenal sebagai Danau Laut Mati.

Disebut demikian bukan karena kadar garamnya tinggi seperti Laut Mati di Yordania, tetapi karena danau ini dikelilingi tebing, sehingga embusan angin sulit masuk. Maka dari itu, permukaan airnya sangat tenang seperti tidak bergerak.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Jadi Rekomendasi Liburan Serumu!

7. Pemandian Sulimatan

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta BahariInstagram.com/amarbaco

Kolam air tawar ini familiar disebut sebagai Pemandian Mamen oelh warga sekitar, yakni di Desa Edalode, Kecamatan Pantai Baru, Rote Ndao. Karena berada di tengah area perkebunan, tentu saja udara sejuk bisa kamu rasakan selagi berenang di air yang segar dan jernih.

8. Pantai Mulut Seribu

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta BahariInstagram.com/elizrahajeng

Kamu bisa menjelajahi keindahan pulau-pulau kecil di Pantai Mulut Seribu alias island hopping menggunakan perahu kayu. Kamu bisa menyaksikan sejumlah pulau tak berpenghuni dan tebing batu yang eksotis selama perjalanan.

9. Pulau Do'o

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta BahariInstagram.com/seedresort

Pulau kecil di Kecamatan Rote Barat Laut ini dikelilingi dengan pasir putih dan gulungan ombak. Selain cocok untuk berselancar, pemandangan bawah lautnya juga memesona dan akan memanjakan pecinta diving.

Pulau Do'o ini adalah surganya menyelam di Rote Ndao. Banyak pula yang menyebut keindahannya gak kalah dengan Raja Ampat dan Bunaken.

10. Tangga 300 Mando’o

10 Tempat Wisata Paling Indah di Pulau Rote, Surganya Pecinta BahariInstagram.com/farhan_anggori

Ingin menyaksikan pemandangan Pulau Rote dari ketinggian? Tangga 300 Mando'o ini harus kamu datangi.

Seperti namanya, untuk menuju ke puncak bukit ini, kamu harus melewati sekitar 300 anak tangga. Namun, panorama yang bakal kamu dapatkan dari atas sana bakal sebanding dengan perjuanganmu, deh! Selain hamparan hutan, kamu juga bisa menyaksikan tebing karang dan lautan luas 360 derajat dari sini.

Nah, itulah beberapa rekomendasi wisata yang bisa kamu datangi di Pulau Rote. Mana yang paling membuatmu penasaran?

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Wisata Madiun yang Bikin Liburanmu Makin Seru

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You