Comscore Tracker

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan: Informasi Lokasi, Harga, dan Legenda

Fasilitas di Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan cukup lengkap

Tidak seperti wisata air terjun lainnya yang sulit diakses, Air Terjun Kakek Bodo mudah dijangkau. Walau harus berjalan kaki melewati tangga, tetapi masih banyak pengunjung yang antusias untuk berwisata di sini.

Lokasinya terletak di lereng Gunung Welirang, Pasuruan, Jawa Timur. Wisata ini menyuguhkan keindahan air terjun alami setinggi 40 meter dan juga menyediakan tempat rekreasi lengkap yang pas untuk dijadikan piknik keluarga.

Bila ingin berlibur ke air terjun ikonik ini, simak beberapa informasi wisata Air Terjun Kakek Bodo yang bisa jadi panduan liburanmu berikut ini. Dijamin membantu, deh!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan: Informasi Lokasi, Harga, dan LegendaAir Terjun Kakek Bodo (instagram.com/ndupa.n)

Lokasi: Jalan Taman Wisata Nomor 541, Area Sawah/Kebun, Prigen, Pasuruan, Jawa Timur

Jam operasional: 07.00-16.00 WIB

Harga: Rp25 ribu

2. Rute menuju Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan: Informasi Lokasi, Harga, dan LegendaAir Terjun Kakek Bodo (instagram.com/afifandresmessi)

Air Terjun Kakek Bodo berlokasi di area wisata Tretes, tepatnya di Kelurahan Pecalukan, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Terdapat beberapa gerbang masuk yang dapat dipilih untuk sampai ke lokasi.

Pertama, ada loket 1 yang terletak di tempat yang sama dengan gerbang masuk Pines Garden Resort. Ini merupakan gerbang yang paling ramai dikunjungi. Selain itu, gerbang ini mempunyai rute yang paling dekat dan mudah untuk dilalui.

Kedua adalah loket 2 yang dapat ditemukan di Taman Safari II Prigen. Sedangkan loket 3 berada di belakang Hotel Surya. Ini adalah gerbang masuk bagi pendaki Gunung Arjuna. Rute dari gerbang ini lebih pas bagi para pendaki yang berpengalaman karena jaraknya cukup jauh.

3. Legenda yang menyelimuti Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan: Informasi Lokasi, Harga, dan LegendaAir Terjun Kakek Bodo (instagram.com/afifandresmessi)

Nama air terjun ini berhubungan dengan kisah seorang kakek pada zaman Belanda. Konon, terdapat seorang kakek tua yang mengabdikan hidupnya pada keluarga Belanda. Selama melayani, hidupnya serba terjamin dan berkecukupan.

Akan tetapi, pada suatu hari ia memilih untuk meninggalkan semua yang dipunya. Tak dapat dipahami, keluarga Belanda yang merupakan mantan majikannya merasa aneh karena menganggap kakek itu bodoh melepaskan kekayaan yang ia kumpulkan.

Kakek ini pergi bertapa di bawah air terjun sampai memperoleh kesaktian. Kekuatannya ini dipakai untuk memberikan pertolongan pada warga setempat yang membutuhkan. Air terjun tersebut diberi nama “Kakek Bodo”, seperti nama yang diberikan oleh orang-orang Belanda pada kakek tersebut.

Baca Juga: 10 Potret Segernya Air Terjun Kakek Bodo

4. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan: Informasi Lokasi, Harga, dan LegendaAir Terjun Kakek Bodo (instagram.com/afifandresmessi)

Sebelum menuju ke lokasi air terjun, pengunjung harus melewati jalan dan anak tangga. Walaupun terletak di tengah hutan, tetapi area sekitar dan akses jalannya telah ditata dengan baik. Jika beruntung, selama perjalanan pengunjung akan melihat kera liar.

Selanjutnya, pengunjung akan menemukan jalan setapak berupa anak tangga lebar dan rapi berhiaskan aneka tanaman hias. Setelah melewatinya, pengunjung akan tiba di air terjun. Pengunjung akan dibuat kagum dengan air terjun setinggi 40 meter yang mengalir dari Sungai Kaligetik ini.

Terdapat kolam di bawahnya yang memiliki kedalaman mencapai 5 meter. Pengunjung dapat berenang, bermain air, atau bersantai menikmati pesona air terjun.

5. Fasilitas di Air Terjun Kakek Bodo

Air Terjun Kakek Bodo Pasuruan: Informasi Lokasi, Harga, dan LegendaAir Terjun Kakek Bodo (instagram.com/billaaaa__)

Air Terjun Kakek Bodo mempunyai banyak fasilitas untuk memanjakan wisatawan. Fasilitas ini mencakup area parkir, toilet, musala, lokasi berkemah, kolam renang, kebun bunga, hingga amfiteater.

Terdapat pula beberapa warung makan yang tersebar di sekitarnya. Selain itu, tangga dan jalan setapak yang harus dilalui telah ditata dan dirapikan, jadi nyaman untuk dilewati.

Air Terjun Kakek Bodo bisa menjadi tempat liburan dengan paket yang lengkap. Selain bisa menyatu dengan alam, wisatawan pun dapat menikmati berbagai fasilitas yang lengkap. Liburan pun jadi terasa lebih mengesankan!

Baca Juga: 5 Wisata Religi Populer di Pasuruan, Jujugan Wajib Peziarah Jatim

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya