Comscore Tracker

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan Instagramable

Alamnya bikin takjub dan malas pulang

Dikenal memiliki kekayaan alam yang sangat indah, Sukabumi menjadi salah satu tujuan wisata menarik di Jawa Barat, selain Bandung. Apalagi Sukabumi sempat dijadikan latar syuting berbagai film terkenal.  

Dalam film, Sukabumi tergambar begitu asri, indah, dan alami. Berikut beberapa destinasi atau tempat wisata Sukabumi terbaru yang begitu indah dan instagramable.

1. Curug Sawer

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramableCurug Sawer (instagram.com/begz.bagyo)

Saat singgah ke kawasan Jawa Barat, air terjun atau curug merupakan salah satu destinasi wisata terbaik. Di Sukabumi, kamu bisa bertandang ke Kecamatan Kadudampit untuk menikmati indahnya Curug Sawer.

Walaupun berada di tengah hutan, lokasinya cukup mudah dijangkau. Untuk bisa melihat air terjun setinggi 30 meter tersebut, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp2,5 ribu. Curug Sawer dibuka mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

2. Jembatan Gantung Situ Gunung

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramableJembatan Gantung Situ Gunung (instagram.com/infopendaki_id)

Jembatan fenomenal di Sukabumi ini masih satu lokasi dengan Curug Sawer di kawasan konservasi Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Resor Situ Gunung. Panjangnya sekitar 240 meter, jembatan gantung ini diklaim menjadi yang terpanjang di Asia.

Kamu yang pengin masuk ke sini harus membayar tiket masuk sekitar Rp18 ribu per orang. Pastikan kamu mengenakan alas kaki yang tepat, karena sepanjang perjalanan, kamu akan melewati jalan setapak berbatuan.

3. Bukit Karang Para

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan Instagramablepotret Bukit Karang Para, Sukabumi (google.com/maps/Yuli Yully)

Tak cukup 1 atau 2 hari berwisata ke Sukabumi, karena wisata instagramable yang bisa kamu datangi cukup banyak. Salah satunya Bukit Karang Para. Bukit ini terletak di kawasan Kampung Padaraang, Desa Kebonmanggu.

Di lahan seluas 12 hektare ini, kamu bakal puas bermain seharian. Banyak spot instagenic yang siap menyambutmu, seperti jembatan hati. Berwisata ke sini relatif terjangkau, tiket masuk Rp2 ribu, lalu tiket selfie Rp2 ribu, dan tarif parkir Rp2 ribu.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terindah di Sukabumi, Pesonanya Bikin Malas Pulang 

4. Curug Cimarinjung

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramableCurug Cimarinjung (instagram.com/arizalkyo)

Curug yang sering di-repost akun wisata di Instagram ini berada di Kampung Cimarinjung, Desa Ciwaru. Meskipun lokasinya cukup tersembunyi, akses menuju Curug Cimarinjung termasuk mudah.

Sebelum melihat air terjun setinggi 100 meter ini, kamu akan dimanjakan dengan panorama aliran sungai dan hutan di sekitarnya. Selain Cimarinjung, terdapat dua curug lainnya bernama Dogdog dan Nyelempet.

Sayangnya, kamu harus berhati-hati untuk bisa ke sana, jalannya cukup susah. Liburan ke sini gak bikin kamu bokek, kok, tiketnya cuma Rp3 ribu.

5. Pantai Amada Ratu

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramablePantai Amada Ratu (instagram.com/p/BR2ebZXl3cw/)

Gak cuma menawarkan air terjun yang menawan, kamu juga bisa berlibur ke pantai. Pilihannya beragam, seperti Pantai Amanda Ratu di Desa Purwasedar.

Pantai ini mirip Tanah Lot di Bali, karena terdapat sebuah pulau kecil di tengah perairannya. Pantainya buka 24 jam, di dalamnya sudah tersedia beragam fasilitas menunjang.

Kalau pengin bermalam, kamu bisa memilih beragam penginapan. Misalnya seperti Amandaratu Resort yang populer. Tiket masuk ke pantai termasuk murah, sekitar Rp5 ribu per orang.

6. Santa Sea Waterpark

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramableSanta Sea Waterpark, Sukabumi (instagram.com/yandi.purnama)

Kalau pilihan wisatamu berada di pusat kota, Santa Sea Waterpark bisa menjadi salah satu referensi terbaik. Taman rekreasi air terbesar di Sukabumi ini berlokasi di Jalan Lio, Santa, Kelurahan Gedong Panjang.

Tiket masuknya dipatok Rp40 ribu saat weekday), Rp60 ribu pada weekend, dan Rp70 ribu tiap musim liburan. Dengan Kapten Bart sebagai maskotnya, Santa Sea mengajak pengunjung untuk menelusuri beragam wahana air yang ada.

7. Pantai Citepus

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan Instagramablepantai citepus (instagram.com/sukabumi_)

Pantai Citepus ialah pantai yang berada dalam kawasan Pelabuhan Ratu. Lokasinya cukup strategis, yakni di tepi jalan raya, tepatnya Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Ombaknya terbilang besar, sehingga ada batasan renang bagi pengunjung.

Harga tiket masuk Pantai Citepus dibanderol Rp5 ribu per orang. Namun, bila membawa motor dikenakan tarif Rp10 ribu dan mobil Rp30 ribu. Kamu pun dapat mengunjungi pantai ini kapan pun, karena dibuka selama 24 jam.

8. Curug Puncak Manik

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramableCurug Puncak Manik (instagram.com/ flashpackers__)

Berada di kawasan Geopark Ciletuh, destinasi Curug Puncak Manik memiliki jalur cukup menantang. Pasalnya, kamu perlu menuruni seribu anak tangga untuk sampai ke lokasi curug. Curug Puncak Manik punya dua aliran air terjun dengan kolam yang cukup dalam.

Makanya, wisatawan yang hendak berenang, sebaiknya gak mendekat area tengah kolam. Selain itu, biaya masuk Curug Puncak Manik relatif terjangkau, yakni Rp3 ribu per orang, yang bisa diakses selama 24 jam.

9. Danau Batu Bacan

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramableDanau Batu Bacan (instagram.com/sukabumi_)

Wisata Sukabumi selanjutnya ialah Danau Batu Bacan. Sebenarnya, lokasi ini merupakan bekas lubang galian yang terisi air hujan. Bebatuan di sekitar danau lah yang membuat warnanya jadi kehijauan. 

View di sini begitu menarik bagi wisatawan yang gemar hunting foto. Apalagi Danau Batu Bacan bisa dikunjungi selama 24 jam. Ongkos masuk Danau Batu Bacan pun cukup terjangkau, yakni Rp5 ribu saja. 

Baca Juga: 10 Tempat Angker di Sukabumi, Ada Pintu Gaib Kerajaan Nyi Roro Kidul

10. Bukit Durian Sagara

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramableBukit Durian Sagara (google.com/maps)

Destinasi Bukit Durian Sagara mengusung tema wisata alam dengan konsep makan durian langsung dari kebun. Spot ini berada di kawasan dataran tinggi di Desa Sukamaju, Cikakak, Sukabumi, Jawa Barat.

Selain bersantai sambil menikmati buah durian, wisatawan dapat berfoto di sejumlah spot, seperti jembatan kayu, sampai tempat makan lesehan dengan bean bag. Tempat ini sudah buka mulai 08.00-20.00 WIB dengan biaya masuk Rp5 ribu saja, lho!

11. Pantai Cimaja

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramablePantai Cimaja (google.com/maps/indra lubis)

Bila tertarik mencoba aktivitas surfing di kawasan wisata Sukabumi, kamu bisa datang ke Pantai Cimaja. Sebab, pantai ini dikenal memiliki ombak tinggi mencapai 4 meter, lho! Gak heran, bila Pantai Cimaja kerap menggelar kompetisi surfing nasional hingga internasional.

FYI, waktu berkunjung terbaik mengunjungi Pantai Cimaja ialah musim kemarau. Namun,  sebelum itu, kamu perlu membayar ongkos masuk sebesar Rp5 ribu terlebih dahulu, ya.

12. Pantai Batu Naga

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramablePantai Batu Naga (instagram.com/fharellgpp14)

Disebut Pantai Batu Naga, karena bebatuan di kawasan ini menyerupai sisik naga. Batuan itu disebut-sebut merupakan hasil sedimentasi berusia jutaan tahun. Namun, hal unik inilah yang justru menarik animo masyarakat untuk berkunjung.

Hanya dengan tarif Rp5 ribu saja, wisatawan sudah bisa masuk dan menikmati keindahan Pantai Batu Naga. Nikmati pula panorama sunset yang cantik dan teduh di kawasan ini.

13. Curug Awang

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramableCurug Awang (instagram.com/faruq.04)

Objek wisata Curug Awang kerap disebut menyerupai Air Terjun Niagara, lho! Sebab, air terjun satu ini mengalir dari tebing batu yang lebar dan ketinggian 40 meter.

Aliran air di Curug Awang pun terbilang cukup deras, terlebih saat musim hujan. Untuk itu, sebaiknya datang saat musim kemarau agar lebih aman. FYI, objek wisata ini berada di kawasan Geopark Ciletuh.

14. Curug Sodong

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramableCurug Sodong (instagram.com/sandynsn_)

Kamu tahu gak, bila Curug Sodong sering juga disebut Air Terjun Kembar atau Air Terjun Pengantin? Pasalnya, curug ini mempunyai dua aliran air terjun yang bersebelahan, dengan ketinggian mencapai 20 meter.

Debit air Curug Sodong pun terbilang deras, terlebih saat musim hujan. Jadi, bila tertarik datang ke sini, sebaiknya berangkat saat musim kemarau. Kawasan ini mulai beroperasi pukul 08.00-16.00 WIB dengan biaya masuk Rp3 ribu saja.

15. Pantai Cicaladi

15 Tempat Wisata Sukabumi yang Indah dan InstagramablePantai Cicaladi (Instagram.com/elazies.daily)

Terakhir, ada Pantai Cicaladi atau Karang Bolong yang terletak di Desa Sukatani. Daya tarik tempat ini adalah adanya ombak besar yang sesekali menghantam tebing karang. Hati-hati saat melihatnya, karena getarannya bisa terasa di tempatmu berdiri.

Sore hari merupakan waktu terbaik berkunjung ke sini. Selain kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam, air lautnya juga sedang surut. Kamu bisa memiliki tempat baru untuk bermain di pinggir pantai hingga 21.00.

Itulah keindahan tempat wisata Sukabumi terbaru yang instagramable dan bisa kamu datangi. Ada yang sudah pernah kamu kunjungi?

Selain Sukabumi, masih banyak referensi tempat wisata lainnya di IDN Times. Jangan lupa dicek, ya!

Baca Juga: 7 Air Terjun Unik di Geopark Ciletuh Sukabumi yang Bisa Kamu Jelajahi

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto
  • Bayu Aditya Suryanto
  • Hidayat Taufik
  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya