Comscore Tracker

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat Ngabuburit

#RadamanMasaKini Gak bakal bikin puasamu batal

Puasa tak menghalangi aktivitas kita, termasuk liburan. Kita bisa tetap liburan ke berbagai tempat dalam kondisi puasa, asalkan disesuaikan dengan kondisi tubuh. 

Nah, biar gak mengganggu ibadah, kamu bisa tetap berwisata ke tempat-tempat yang asyik. Di antaranya seperti 10 tempat wisata di Surabaya berikut ini, bisa sekalian ngabuburit.

1. Trans Studio Mini

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat Ngabuburittidurmana.com

Transmart di Rungkut atau Surabaya Barat ini bisa menjadi tempat ngabuburit seru. Dengan adanya Trans Studio Mini, kamu bisa bermain seharian dengan bebas tanpa khawatir terik matahari. Pilihan wahananya pun beragam, gak akan bosan seharian di sini.

Kalau kamu mau buka puasa di sini juga, pastikan sudah pesan tempat. Kalau tidak, siap-siap kamu akan kebingungan mencari tempat buka puasa, karena biasanya penuh sesak.

2. Food Junction

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat NgabuburitIDN Times/Reza Iqbal

Bila pengin ngabuburit murah meriah, Food Junction di kawasan Grand Pakuwon bisa jadi pilihan yang pas. Selain gratis, Food Junction menawarkan beragam fasilitas yang lengkap.

Tersedia musala, wahana bermain, kolam buatan yang menawan, tempat makan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan lupa siapkan kamera ya, karena tempatnya fotogenik banget.

3. Makam Sunan Ampel

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat NgabuburitIDN Times/Reza Iqbal

Di mana lagi bisa merasakan suasana khas Timur Tengah, selain di Ampel? Kamu bisa ngabuburit sekaligus menambah pahala dengan kegiatan berfaedah di sini, seperti ziarah makam, iktikaf bersama, tadarus Alquran, dan sebagainya.

Bahkan bisa sekadar jalan-jalan berburu kuliner buka puasa yang menarik. Gak cuma kuliner, ada mainan, alat salat, parfum, perlengkapan salat, busana muslim, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. House of Sampoerna

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat NgabuburitIDN Times/Reza Iqbal

Sebagai Kota Pahlawan, Surabaya punya banyak museum yang menarik. Salah satunya House of Sampoerna yang dulunya digunakan Belanda sebagai panti asuhan. Kini House of Sampoerna telah berubah menjadi museum rokok Sampoerna.

Kamu bisa mengikuti tur keliling tempat bersejarah di Surabaya secara gratis. Sayangnya, tempat duduknya terbatas, jadi lebih baik reservasi dulu ya.

Salah satu rute yang mereka tawarkan adalah Kantor Pos Kebonharjo, Gereja Kepanjen, dan cagar budaya De Javasche Bank. Selama perjalanan, sang tour guide akan menjelaskan sejarah di balik berdirinya bangunan tersebut.

5. Taman Cahaya

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat NgabuburitInstagram.com/yuyungabdi

Sudah pada tahu, kan kalau Surabaya memiliki taman kota yang cantik? Masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri. Kalau Taman Bungkul identik dengan skateboard, di Taman Cahaya ini lebih fleksibel lagi.

Kamu bisa olahraga sore, tersedia area jogging, lapangan sepak bola, lapangan basket, dan lain-lain. Suasananya pun adem karena berdekatan dengan Hutan Kota Pakal.

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat NgabuburitIDN Times/Sukma Mardya Shakti

6. Surabaya North Quay

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat NgabuburitIDN Times/Reza Iqbal

Berbeda dengan hari biasa, Surabaya North Quay (SNQ) buka mulai pukul 15.00 hingga 21.00 selama Ramadan. Dengan jam operasional baru tersebut, kamu bisa ke SNQ untuk ngabuburit. Siapa tahu berkesempatan melihat kapal yang berlabuh, kan?

Tiket masuk ke SNQ dibanderol sekitar Rp10 ribu. Mereka juga menawarkan cashback 30 persen untuk pembelian di semua tenant dengan menggunakan OVO. 

Baca Juga: 10 Tempat Makan Keluarga di Surabaya, Referensi Lokasi Bukber Seru

7. Suroboyo Carnival Park

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat Ngabuburitsuroboyocarnivalpark.com

Kalau pengin benar-benar menghabiskan waktu untuk bermain, kenapa tidak datang ke Suroboyo Carnival Park? Tempat ini buka pukul 15.00-23.00 dengan biaya masuk Rp120 ribu (weekday) dan Rp140 ribu (weekend).

Banyak banget wahana bermainnya, ada mandi bola, area foto, pameran instalasi, bianglala, dan masih banyak lagi yang lainnya. Sesuaikan wahana yang kamu pilih dengan kondisimu ya, biar gak mengganggu puasa.

8. Monumen Kapal Selam

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat NgabuburitIDN Times/Reza Iqbal

Monumen Kapal Selam (Monkasel) bisa dipilih karena lokasinya berada di tengah kota. Biaya masuknya relatif terjangkau, hanya sekitar Rp10 ribu saja. Kamu bakal mengenal kehebatan kapal selam Pasopati yang legendaris lebih mendalam.

9. Masjid Al-Akbar

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat Ngabuburitinstagram.com/bang_tora

Selama bulan puasa, kawasan masjid telah berubah menjadi pasar Ramadan yang ramai dipadati masyarakat. Terdapat tenant makanan, baju muslim, oleh-oleh khas Surabaya, dan lain-lain. Gak heran kalau banyak orang yang memilih datang untuk piknik di sini.

10. Kampung Bulak

10 Tempat Wisata di Surabaya yang Asyik buat Ngabuburitniyasyah.com

Alternatif lainnya adalah kampung warna-warni di Kenjeran. Kamu bisa sekalian mampir ke Taman Suroboyo, Jembatan Suroboyo, dan pasar modern.

Main ke sini sore-sore terasa sangat menyenangkan. Udaranya sepoi-sepoi, banyak pilihan tempat makan, suasananya menyejukkan, dan dekat dengan masjid. 

Nah, itulah 10 tempat wisata di Surabaya yang bisa kamu kunjungi selama puasa. Gak akan bikin puasamu batal, deh!

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Septi Riyani
  • Wendy Novianto
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya