5 Wisata Alam di Tawangmangu yang Keindahannya Bikin Betah

Siap segarkan dan sejukkan pandanganmu!

Wisata alam masih menjadi incaran masyarakat saat berada di suatu daerah. Begitupun dengan wisata alam di Tawangmangu, Jawa Tengah, yang selalu ramai dikunjungi.

Kecamatan yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, ini menyimpan banyak keindahan alam yang keasriannya masih terjaga. Terkenal dengan alam hijaunya, berikut ini rekomendasi wisata alam di Tawangmangu, Jawa Tengah, yang bisa jadi referensi.

Baca Juga: 4 Tempat Glamping Tawangmangu yang Cocok buat Staycation

1. Gunung Lawu

5 Wisata Alam di Tawangmangu yang Keindahannya Bikin BetahGunung Lawu (instagram.com/idoyori)

Jika kamu senang mendaki gunung, wisata ke Gunung Lawu ini bisa dicoba. Gunung dengan ketinggian 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini dibuka pada pertengahan Agustus 2020. Ada lima pos pendakian dengan waktu tempuh sekitar 10 jam untuk sampai di puncak.

Gunung Lawu memiliki beberapa mitos yang terkenal di masyarakat, tetapi hal tersebut justru menambah penasaran orang-orang untuk mendaki gunung ini. Sama seperti di tempat lain, sebaiknya kamu menghormati budaya dan mengikuti peraturan saat mendaki.

Lokasi: Tambak, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00—17.00 WIB.

Harga: Rp20 ribu.

2. Air Terjun Jumog

5 Wisata Alam di Tawangmangu yang Keindahannya Bikin BetahAir Terjun Jumog (instagram.com/sevia17_)

Air Terjun Jumog tingginya sekitar 30 meter dan bersumber dari mata air asli pegunungan yang tidak pernah surut. Aliran air terjun Jumog mengalir ke tiga cabang, yaitu Klueng, Kusumajati, dan Jubleg.

Keindahan air terjun yang dikelilingi hijaunya pohon ini sering dijadikan latar belakang foto untuk pengunjung. Suara air terjun yang mengalir bersama suasana yang sejuk juga membuat pengunjung betah berlama-lama.

Air Terjun Jumog juga sudah dilengkapi beberapa fasilitas memadai, seperti musala, gazebo, warung makan, toilet, tempat parkir, hingga toko oleh-oleh. Liburan ke sini gak bakal membosankan, deh!

Lokasi: Jalan Jumog, Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam operasional:

  • Senin hingga Jumat pukul 08.00—16.00 WIB.
  • Sabtu dan Minggu pukul 08.00—17.30 WIB.

Harga: Rp15 ribu.

3. Telaga Madirda

5 Wisata Alam di Tawangmangu yang Keindahannya Bikin BetahTelaga Madirda (instagram.com/adi_didzot)

Masih di sekitar Gunung Lawu, ada wisata alam berupa telaga alami dengan lanskap pegunungan hijau yang menyegarkan mata. Konon, Telaga Madirda terbentuk dari benda pusaka bernama Cupu Manik Astagina yang diperebutkan oleh 3 orang anak dari sepasang suami istri bernama Dewi Indradi dan Resi Gutama.

Supaya tidak terjadi perselisihan, sang ayah kemudian membuang benda pusaka tersebut dan secara ajaib berubah menjadi telaga dengan air sangat jernih. Bahkan, telaga itu tidak pernah kering.

Saat ini, telaga tersebut dikenal dengan nama Telaga Madirda. Telaga Madirda dilengkapi sejumlah wahana bermain dan fasilitas, seperti gazebo, camping ground, spot untuk berfoto, musala, tempat parkir, hingga penjual makanan.

Lokasi: Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam operasional:

  • Senin hingga Jumat pukul 08.00—16.00 WIB.
  • Sabtu dan Minggu pukul 08.00—17.30 WIB.

Harga: Rp15 ribu.

Baca Juga: 9 Info Jawa Dwipa Resort, Menginap Nuansa Jawa Kuno di Tawangmangu

4. Air Terjun Grojogan Sewu

5 Wisata Alam di Tawangmangu yang Keindahannya Bikin BetahGrojogan Sewu (instagram.com/annisans_nisa)

Pergi ke Tawangmangu rasanya tidak lengkap jika belum berkunjung ke Air Terjun Grojogan Sewu. Air terjun setinggi sekitar 81 meter ini sudah terkenal dan sering dikunjungi karena pemandangan alamnya masih asri dengan suasana sejuk.

Jika diartikan dalam bahasa jawa, grojogan berarti air terjun dan sewu berarti seribu, sehingga memiliki arti air terjun seribu. Walaupun hanya ada satu air terjun, tetapi ada beberapa titik air terjun yang bisa dinikmati keindahannya.

Di area wisata ini juga terdapat kolam renang yang airnya jernih karena berasal dari Air Terjun Grojogan Sewu. Untuk fasilitas sendiri sudah terdapat musala, toilet, tempat parkir, warung makan, gazebo, area bermain, hingga toko oleh-oleh.

Saat datang ke sini, kamu perlu mengawasi barang yang dibawa, karena banyak monyet liar yang bisa saja mengambil barang pengunjung. Tetap waspada, ya!

Lokasi: Jalan Raya Tawangmangu, Beji, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari pukul 08.00—16.00 WIB.

Harga: Rp22 ribu.

5. Bukit Mongkrang

5 Wisata Alam di Tawangmangu yang Keindahannya Bikin BetahBukit Mongkrang (instagram.com/fadheaz_)

Untuk pemula yang ingin mendaki gunung bisa mencoba dulu untuk mendaki Bukit Mongkrang karena tingginya tidak setinggi Gunung Lawu. Bukit Mongkrang tingginyai 2.194 mdpl dengan medan yang mudah dilalui serta waktu tempuh hanya 1 jam.

Keindahan Bukit Mongkrang membuat pengunjung ketagihan dan kembali untuk mendaki. Di Bukit ini, kamu bisa melihat pemandangan berupa Bukit Candi I, Bukit Candi II, dan di sisi utara ada Gunung Lawu yang berdiri gagah. Padang bunga ilalang di Bukit Mongkrang juga menjadi daya tarik dan sering menjadi spot untuk berfoto.

Lokasi: Area Hutan, Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam operasional: setiap hari pukul 07.00—22.00 WIB.

Harga: Rp15 ribu untuk camping dan Rp10 ribu untuk mendaki.

Berwisata ke alam selalu menjadi pilihan saat liburan. Keindahan alam dan suasana sejuk di Tawangmangu bisa membuat pikiran menjadi lebih segar. Lupakan sejenak kesibukanmu dan liburan ke Tawangmangu, yuk!

Baca Juga: 8 Kafe di Tawangmangu View Gunung Lawu, Ada yang Vibesnya ala Meksiko

silvia nur kholifah Photo Verified Writer silvia nur kholifah

Bismillah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya