Comscore Tracker

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungi

Bikin kamu senang liburan di sana!

Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiranmu saat berbicara tentang negara Zimbabwe? Sebagian besar orang pasti akan mengatakan bahwa Zimbabwe termasuk ke dalam daftar salah satu negara termiskin dan penuh kekacauan setelah mengalami krisis pada tahun 2008 lalu. Seolah belum cukup, negara ini pun pernah menghadapi keluhan berkaitan dengan hak asasi manusia.

Tapi kabar baiknya adalah sekarang permasalahan tersebut berangsur-angsur mulai membaik. Zimbabwe yang dianggap sebagai permata Afrika Selatan ini bisa dijelajahi oleh para wisatawan yang gemar berpetualang.

Nah, berikut ini sudah terdapat rekomendasi tempat-tempat eksotis di Zimbabwe yang tentunya sayang untuk dilewatkan begitu saja. 

1. Harare

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungiclimatechangenews.com

Harare bukan hanya ibu kota Zimbabwe tapi juga merupakan kota terbesar di negara ini. Suasana kota cukup ramai dengan lalu lintas yang padat. Sejauh mata memandang kota Harare dipenuhi dengan gedung-gedung pencakar langit.

Sebagai kota yang kaya akan sejarahnya, Harare pun memiliki Galeri Nasional, Museum Ratu Victoria, arsip nasional, dan bangunan peninggalan kolonial kuno. Sementara itu, taman-taman cantik banyak menghiasi sudut-sudut jalan.

2. Taman Nasional Matobo

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungiinstagram.com/jungcheox

Sudah populer sejak dulu karena memiliki tebing antropomorfik, Taman Nasional Matobo memang yang paling legendaris. Ini adalah tempat tinggal bagi manusia selama ribuan tahun. Terbukti dari ditemukannya ukiran zaman prasejarah pada batu di dalam Gua Nswatugi.

Tidak hanya itu saja, Taman Nasional Matobo juga menjadi habitat bagi kawanan macan tutul, musang, antelop, babon, dan rusa kutub.

3. Taman Nasional Nyanga

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungiinstagram.com/explorezimbabwe

Taman Nasional Nyanga berada di ketinggian lebih dari 1.800 meter di atas permukaan laut. Taman nasional ini dipenuhi dengan pohon msasa dan cemara yang tidak ditemukan di tempat lain. Hal tersebut menjadikannya sebagai habitat terbaik untuk monyet, macan tutul, singa, dan lain-lain.

4. Taman Nasional Hwange

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungiinstagram.com/indexselect

Memiliki luas 15.000 kilometer persegi, Taman Nasional Hwange selalu berhasil membuat para wisatawan terkesan dengan keindahannya. Di dalamnya terdapat banyak tumbuhan kayu Kalahari  dan rumpun jati.

Dengan menjelajahi Taman Nasional Hwange wisatawan berkesempatan melihat secara langsung kawanan gajah, hyena, anjing, singa, macan tutul, anjing liar, cheetah, dan lain-lain.

5. Taman Nasional Danau Mutirikwi

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungiinstagram.com/theafricanwanderluster

Taman Nasional Danau Mutirikwi terletak di Zimbabwe selatan. Rindangnya pohon di taman ini benar-benar melindungi waduk yang merupakan bekas Danau Kyle yang dibangun pada tahun 1960.

Menyusuri Taman Nasional Danau Mutirikwi, wisatawan akan ditemani dengan sekawanan burung unta, kerbau, dan berbagai spesies burung. Di sini juga banyak ditemukan nelayan lokal yang mencari ikan air tawar.

Baca Juga: 5 Kota di Afrika Selatan yang Memikat dan Wajib Dikunjungi

6. Air Terjun Victoria

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungiinstagram.com/anniemmar

Air Terjun Victoria adalah salah satu landmark penting di Zimbabwe yang wajib dijelajahi. Tempat ini lebih dari sekadar air terjun biasa. Sebab pemandangan alam yang tampak di depan mata begitu memukau.

Tidak heran jika ribuan orang dari penjuru dunia berduyun-duyun datang ke sini setiap tahunnya. Dan tidak jauh dari lokasi air terjun terdapat Taman Nasional Air Terjun Victoria.

7. Bulawayo

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungiexpertafrica.com

Secara keseluruhan bangunan yang ada di Kota Bulawayo memiliki arsitektur bergaya art deco dan Victoria. Kota ini merupakan pusat industri dan ekonomi Zimbabwe. Gedung-gedung pemerintahan yang elegan semakin menambah kesan mengagumkan. 

Jika dulu Bulawoyo terkenal dengan pabrik penghasil asapnya, sekarang kota ini tampak lebih hijau dengan banyak bunga dan pohon palem yang hampir memenuhi wilayah kota. 

8. Mutare

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungiinstagram.com/zimbabweonthemap

Kota Mutare terletak tidak jauh dari Taman Nasional Nyanga. Ini menjadikannya sebagai kota peradaban di tengah hutan belantara Afrika Selatan. Dengan menyusuri kota, wisatawan akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan dari Pegunungan Bvumba.

Soal penginapan jangan khawatir. Sebab sekarang sudah banyak penginapan murah dengan fasilitas yang bagus untuk para wisatawan yang ingin mendaki bukit untuk melihat langsung monyet Samango.

9. Kariba

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungiinstagram.com/royalgamezimbabwe

Kariba merupakan kota kecil yang wilayahnya diapit oleh Danau Kariba dan Lembah Zambezi. Setiap tahunnya kota ini berhasil menarik minat ribuan wisatawan dari berbagai negara untuk mengunjunginya.

Kariba adalah kota terbaik untuk hiking di Zimbabwe. Bersantai di tepi danau sembari menyaksikan terbenamnya matahari menjadi aktivitas yang tidak boleh dilewatkan. Dari tempat ini pun wisatawan masih bisa menikmati indahnya Pulau Antelope.

10. Taman Nasional Gonarezhou

10 Tempat Eksotis di Zimbabwe yang Menarik untuk Dikunjungiinstagram.com/victoriafallsguide

Pemandangan di Taman Nasional Gonarezhou didominasi oleh tebing berbatu dan lereng yang curam. Hal ini membuat wisatawan seperti sedang berada di Colorado atau Arizona.

Luas Taman Nasional Gonarezhou mencapai 5.000 kilometer persegi. Kawanan gajah dan jerapah adalah hal yang akan sering wisatawan lihat di sini. Dan jika beruntung wisatawan pun bisa melihat hewan-hewan lainnya.

Nah, itulah tempat eksotis di Zimbabwe yang menarik untuk dikunjungi. Ke mana pun tujuan liburanmu, yang terpenting selalu berhati-hati ya, guys.

Baca Juga: 7 Mitos tentang Benua Afrika yang Masih Dipercaya Banyak Orang 

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya