Comscore Tracker

7 Air Terjun di Kalimantan Selatan yang Pamerkan Panorama bak Lukisan

Cocok untuk menjernihkan pikiran! #LokalIDN

Kalimantan Selatan memiliki banyak wisata alam yang sangat direkomendasikan untuk tempat berlibur. Terdapat banyak pilihan seperti taman yang asri dan terawat, pantai yang bersih dengan semilir angin yang berhembus, pegunungan yang dikeliling pepohonan, hingga air terjun yang mengalir dengan deras. Tempatnya yang bersih dan terawat membuat turis semakin nyaman ke destinasi wisata yang ada di Kalsel ini.

Salah satunya air terjun yang menjadi wisata favorit bagi para turis. Ada banyak air terjun yang bisa kamu pilih dan menyediakan berbagai pemandangan bak lukisan alam yang mengagumkan. Penasaran apa saja?

1. Air Terjun Mandin Mengapan

7 Air Terjun di Kalimantan Selatan yang Pamerkan Panorama bak LukisanInstagram.com/visitkalsel

Air terjun ini berada di kawasan Pegunungan Meratus, tepatnya berlokasi di Desa Paramas Atas, Kecamatan Paramas, Kabupaten Banjar, Kalsel yang memakan waktu 7 jam  berkendara jalur darat dari Banjarbaru.

Lelah akibat perjalanan panjang menuju air terjun ini akan langsung terbayar karena kamu akan langsung mendapatkan kesejukan dan pemandangan menakjubkan dari air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter ini.

Di sini kamu juga bisa melihat langsung kebudayaan dari suku Dayak Paramas yang merupakan penduduk asli desa di sekitar air terjun Mandin Mengapan.

2. Air Terjun Haratai

7 Air Terjun di Kalimantan Selatan yang Pamerkan Panorama bak LukisanInstagram.com/visitkalsel

Air Terjun Haratai  berlokasi di Loksado, Hulu Sungai Selatan, Kalsel. Selama perjalanan menuju wisata ini kamu akan disuguhi pemandangan alam yang cantik dan natural seperti sungai yang mengalir deras, hutan meratus yang hijau dan asri, bebatuan besar membelah sungai amandit, jembatan gantung, bukit-bukit, serta perkebunan karet dan kayu manis.

Dari pintu utama lokasi air terjun, para pengunjung akan disambut oleh pemandangan alam serta penataan fasilitas serta ornamen yang elok dan artistik. Cocok buat melepaskan penat dari hiruk pikuk kota karena kamu bisa merasakan deras air mengalir yang terasa segar sampai di kelopak mata.

3. Air Terjun Minanga

7 Air Terjun di Kalimantan Selatan yang Pamerkan Panorama bak LukisanInstagram.com/visitriamkanan

Air Terjun Minanga merupakan tempat surga tersembunyi berada di Waduk Riam Kanan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Tempat ini berdekatan dengan berbagai bukit dan air terjun lainnya. Soal transportasi terbilang cukup mudah kok, kamu bisa menggunakan sepeda motor saja jika mempunyai budget terbatas.

Air terjun yang jernih dan segar membuat betah berlama-lama mandi di sini. Kamu pun bisa sambil merasakan suasana adem ayem pedesaan. Pokoknya kalo sudah ke destinasi ini bikin ketagihan, deh.

Baca Juga: Gembleng Waterfall, Air Terjun di Karangasem Bali yang Lagi Viral

4. Air Terjun Bajuin

7 Air Terjun di Kalimantan Selatan yang Pamerkan Panorama bak LukisanInstagram.com/liaummar

Air terjun Bajuin berlokasi di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel. Air terjun ini masih satu kawasan dengan Pegunungan Meratus berjarak tempuh dari kota Banjarmasin selama 75 kilometer.

Air Terjun Bajuin memiliki panorama pegunungan yang indah, eksotis, dan udaranya masih sejuk karena banyak pepohonan.

Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda. Terdapat juga beberapa jenis burung dan tanaman anggrek hutan. Kawasan ini juga dikembangkan menjadi ekosistem wisata alam sehingga kamu bisa melakukan aktivitas seperti tracking, climbing, dan hiking.

5. Air Terjun Panayar

7 Air Terjun di Kalimantan Selatan yang Pamerkan Panorama bak LukisanInstagram.com/riamkanan

Air Terjun Panayar terletak di Desa Artain, Kecamatan Aranio, Kalsel alias berjarak tempuh sekitar 30 kilometer dari Kota Martapura.

Perjalanan yang cukup melelahkan akan segera hilang begitu kamu melihat jatuhnya gemuruh air dari ketinggian 12 meter. Bentuknya laksana ipas terkembang, mengalir bening dan dingin di antara bebatuan alam, disertai keindahan flora dan fauna.

Perairan yang sejuk menjadikan air terjun Panayar sebagai tujuan yang menyenangkan bagi para petualang mencari suasana kesejukan dan keindahan.

Tempat ini masih jarang diketahui masyarakat awam, padahal panorama begitu menawan, lho!

6. Air Terjun Hamindrai

7 Air Terjun di Kalimantan Selatan yang Pamerkan Panorama bak LukisanInstagram.com/aris_lina

Air terjun Hamindrai terletak di desa Tanjung, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Kalsel.

Akses menuju ke air terjun ini tidak mudah untuk dilalui sepeda motor dikarenakan medan jalannya sangat licin dan berbatu. Setelah mendekati lokasi kamu harus parkir sepeda motor di area pekerjaan sawit dan terus berjalan kaki selama 1 atau 2 jam untuk mencapai lokasi yang mempunyai ketinggian hampir sama dengan Air Terjun Bajuin yaitu 22 meter.

7. Air Terjun Tumaung

7 Air Terjun di Kalimantan Selatan yang Pamerkan Panorama bak LukisanInstagram.com/menurut_saya

Air Terjun Tamaung adalah air terjun yang berada di Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alay Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Untuk mencapai lokasi air terjun dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dari Kota Barabai, dilanjutkan ke Desa Hinas Kiri bisa menggunakan sepeda motor. Kemudian untuk mendekati lokasi kamu butuh berjalan kaki sekitar 1 jam 30 menit dengan medan tumpuh yang cukup menguras keringat.

Namun kelelahanmu akan terbayar jika sudah berada di air terun dan merasakan aliran air yang menyentuh permukaan kulit serta melihat arus sungai air terjun dan hutan-hutang eksotis yang mengelilingi air terjun ini.

Kira-kira dari destinasi di atas, mana yang paling menarik hatimu untuk dikunjungi nih? Jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yang berlaku saat mengunjungi destinasi wisata alam di atas ya.

Baca Juga: Mengulik Fakta Sejarah 5 Masjid Tua yang Ada di Kalimantan Selatan

Siti Aminah Photo Verified Writer Siti Aminah

Find me on Instagram as @aminahkhanzaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya