Comscore Tracker

5 Festival Kebudayaan Terpopuler di Indonesia, Punya Makna yang Dalam!

Jadi festival kebudayaan turun temurun! #LokalIDN

Dikenal sebagai sebuah negara yang kaya akan budaya dan kekayaan alam yang berlimpah, Indonesia mampu menghasilkan dan menyelenggarakan berbagai festival budaya dari daerah-daerah yang tersebar di berbagai wilayah.

Dengan berbagai perbedaan bahasa dan etnik yang tersebar secara luas, Indonesia menawarkan wisatawan lokal dan mancanegara berbagai festival kebudayaan dengan aktivitas yang menarik sehingga kamu mampu menambah kemampuan dan pengetahuan kamu mengenai keberagaman budaya di Indonesia.

Yuk, lihat ada apa saja!

 1. Festival Danau Toba 

5 Festival Kebudayaan Terpopuler di Indonesia, Punya Makna yang Dalam!Festival Danau Toba (instagram.com/agape.kembaren)

Danau Toba yang dikenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia memiliki festival kebudayaan yang dirayakan pada bulan September setiap tahunnya. Festival kebudayaan ini menawarkan berbagai kebudayaan musik, seni, kompetisi olahraga tradisional, dan berbagai pameran seni.

Nah, ketika kamu memutuskan untuk berkunjung ke festival kebudayaan ini, maka kamu wajib mengunjungi pameran ulos yang merupakan pakaian tradisional perempuan yang seringkali digunakan dalam acara tradisional yang diselenggarakan oleh suku Batak.

Walaupun demikian, ulos sekarang telah digunakan sebagai material yang dapat dipakai untuk pakaian sehari-hari, lho!

2. Dieng Culture Festival

5 Festival Kebudayaan Terpopuler di Indonesia, Punya Makna yang Dalam!Dieng Culture Festival (instagram.com/festivaldieng)

Dikenal sebagai destinasi wisata yang populer di Jawa Timur, Dieng mampu menyelenggarakan sebuah festival kebudayaan yang dikenal dengan nama Dieng Culture Festival.

Di kawasan Dieng, anak-anak lokal setempat umumnya mengalami sebuah fenomena unik yaitu dengan mengembangkan rambut gimbal yang kusut dan terdapat sebuah kepercayaan bahwa anak-anak yang memiliki rambut gimbal yang sangat kusut akan memiliki kehidupan yang sejahtera.

Selama Dieng Culture Festival ini berlangsung, rambut gimbal dari anak-anak tersebut akan dipotong selama upacara sebagai tanda memasuki umur yang dewasa.

Selain itu, festival kebudayaan ini juga akan menampilkan pertunjukan seni, seperti wayang kulit, tari tradisional, dan pameran seni. Biasanya, festival kebudayaan ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus setiap tahunnya.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Terbaru di Indonesia untuk Liburanmu Tahun Ini

3. Pasola 

5 Festival Kebudayaan Terpopuler di Indonesia, Punya Makna yang Dalam!Pasola (instagram.com/topindonesia)

Pasola mampu menjadi sebuah acara tradisional yang populer dan dikenal secara luas oleh masyarakat Sumba yang terletak di Nusa Tenggara Timur, di mana acara tradisional ini biasanya dilaksanakan pada bulan Februari dan Maret.

Pasola merupakan sebuah ritual peperangan yang dilakukan oleh pasukan yang datang bersama. Hal ini dilakukan untuk memainkan sebuah peran dalam sebuah permainan perang.

Nah, ketika kamu sedang berkunjung ke destinasi wisata yang memiliki pemandangan alam yang memesona ini, maka kamu wajib untuk menikmati dan melihat pertunjukan tradisional ini ya!

4. Nyepi 

5 Festival Kebudayaan Terpopuler di Indonesia, Punya Makna yang Dalam!Nyepi (instagram.com/iworldoftravel)

Festival Nyepi diselenggarakan untuk merayakan Tahun Baru Saka yang dilaksanakan pada bulan Maret. Saat Nyepi, semua aktivitas masyarakat yang merayakan hari Nyepi akan ditiadakan. Hal ini dapat kamu lihat melalui jalan raya yang kosong, suasana yang tenang, ataupun masyarakat yang tidak diperbolehkan untuk keluar dari tempat tinggal mereka sepanjang hari.

Walaupun dikenal sebagai hari yang penuh dengan ketenangan, perayaan Nyepi juga ditandai dengan jalan-jalan yang dipenuhi dengan berbagai warna yang dikenal sebagai perayaan Melasti dan dilakukan 3 hari sebelum perayaan Nyepi.

Selama perayaan ini, kamu bisa mengabadikan berbagai momen yang mempesona dan menarik yang tidak dapat kamu temukan di perayaan lain, lho.

5. Festival Kebudayaan Erau 

5 Festival Kebudayaan Terpopuler di Indonesia, Punya Makna yang Dalam!Festival Kebudayaan Erau (instagram.com/satriowicaksono)

Sebagai salah satu festival kebudayaan tertua di Indonesia, Festival Kebudayaan Erau mampu menampilkan berbagai aktivitas yang menarik, seperti kompetisi olahraga tradisional, pameran seni, festival kuliner, dan pertandingan kapal motor yang dilaksanakan pada Sungai Mahakam.

Kata "Erau" berasal dari bahasa Kutai yang melambangkan dan memiliki arti keramaian, kampung halaman, dan rasa suka cita.

Bila kamu tertarik untuk mengunjungi festival kebudayaan ini, maka kamu perlu memastikan tanggal dan tahun festival ini dilaksanakan. Hal ini dikarenakan Festival Kebudayaan Erau hanya dilaksanakan 2 tahun sekali dan berlokasi di kawasan Tenggarong.

Walaupun memiliki keberagaman bahasa dan budaya yang tersebar di berbagai wilayah, Indonesia tetap mampu menawarkan berbagai festival kebudayaan yang dapat membantu kamu dalam memperdalam kemampuan dan pengetahuan kamu mengenai kebudayaan di Indonesia.

Festival kebudayaan mana nih yang jadi favorit kamu?

Baca Juga: 6 Festival Unik yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Jepang, Gak Biasa!

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya