Comscore Tracker

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidul

Sudah pernah ke sini, belum?

Embung atau telaga buatan Nglanggeran, yang secara administratif terletak dalam wilayah Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta ini bisa dibilang cukup hits saat ini.

Ini terbukti dari pengunjung yang seolah gak pernah berhenti memadati tempat ini, terlebih saat hari libur tiba. Apalagi, akses ke embung ini sangat mudah dan bisa ditempuh 1 jam perjalanan dari pusat kota Jogja.

Mau tahu lebih dekat dengan kawasan wisata ini? Yuk, simak beberapa fakta Embung Nglanggeran!

1. Terletak di atas bukit

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkiduljarangpanas.com

Umumnya, embung terletak di kawasan terendah satu daerah, tapi berbeda dengan embung Nglanggeran. Embung ini dibangun di atas bukit yang dinamai penduduk setempat sebagai gunung Gandu.

Sumber air embung Nglanggeran bermula dari mata air yang berada di lereng gunung api purba Nglanggeran, di mana terdapat dua buah pipa yang menyalurkan air dari sumber mata air yang mengarah ke embung.

Untuk bisa melihat embung seluas 60 meter x 60 meter dan sedalam 3 meter ini, kamu bisa menggunakan undakan tangga yang telah disediakan.

2. Awalnya dibangun bukan untuk tujuan wisata

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkiduljarangpanas.com

Latar belakang masyarakat di kawasan Nglanggeran yang mengalami kesulitan mendapatkan airlah yang memunculkan inisiatif membuat penampungan air berkapasitas besar. Embung Nglanggeran awalnya difungsikan untuk menampung air hujan dan mengairi perkebunan buah milik petani yang ada di bawahnya.

Pada musim kemarau, para petani bisa memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah. Namun karena keindahannya, tempat ini akhirnya ditetapkan sebagai objek wisata dan diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada 19 Februari 2013. 

Baca Juga: Tiwul, Oleh-Oleh Khas Gunungkidul yang Jadi Buruan Para Pemudik

3. Dekat dengan gunung api purba Nglanggeran

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidulrekreasijogja.com

Di dekat embung Nglanggeran, terdapat objek wisata lain yang juga terkenal yaitu gunung api purba Nglanggeran. Berjarak sekitar 2 km dari embung, gunung tersebut dapat ditempuh kurang dari 10 menit dengan kendaraan bermotor.

Jadi sekali berkunjung ke sana, kamu bisa mendapatkan dua objek wisata yang menarik. Kalau gak berminat ke sana, kamu masih bisa melihat gunung api purba dengan jelas di seberang embung.

4. Meski kamu gak boleh berenang atau memancing di embung, tapi tempat ini instagramable banget!

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidulbisniswisata.co.id

Saat berkunjung ke sini, kamu dilarang keras untuk berenang atau memancing di embung. Kamu cukup menikmati pemandangan yang ada di embung ini atau berfoto ria bersama keluarga atau teman-temanmu.

5. Menawarkan spot terbaik untuk menikmati pesona matahari terbit atau terbenam

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidultripjogja.co.id

Karena berada di ketinggian, tempat ini menawarkanmu spot terbaik untuk melihat panorama matahari terbit atau terbenam. Bisa dibilang, embung Nglanggeran adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati kedua panorama tersebut di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Terutama di saat senja saat matahari sudah mulai tenggelam dan cahaya matahari berwarna jingga, tempat ini justru semakin ramai dikunjungi. Bahkan, gak sedikit pengunjung yang sengaja datang ke tempat ini hanya untuk menyaksikan dan mengabadikan momen terbit atau tenggelamnya matahari.

6. Dikelilingi perkebunan buah

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidulnglanggeran-patuk.desa.id

Kawasan embung Nglanggeran dikelilingi oleh perkebunan buah yang ditanam oleh penduduk sekitar. Kebun buah yang luasnya gak kurang dari 18 hektar ini menawarkan komoditi utama tanaman buah durian montong dan kelengkeng.

Meski demikian, ada juga beberapa jenis buah lain seperti rambutan, alpukat, dan kakao. Oleh warga setempat, kebun buah ini sering disebut sebagai kebun buah Nglanggeran.

7. Bukan satu-satunya embung yang dibangun di Gunungkidul

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkiduliqbalkautsar.com

Sebenarnya, embung Nglanggeran bukan satu-satunya embung yang dibangun di Gunungkidul. Ada beberapa embung lain yang juga dibangun di daerah tersebut dan bahkan gak kalah menawan, seperti embung Batara Sriten.

Meski begitu, embung Nglanggeran lebih dikenal karena paling mudah diakses para wisatawan, selain juga karena letaknya yang saling berdekatan dengan objek wisata gunung api purba Nglanggeran. 

8. Buka 24 jam, lho!

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidulkotajogja.com

Gak perlu khawatir, embung Nglanggeran dapat kamu kunjungi kapan pun karena buka setiap hari selama 24 jam.

9. Air embung berwarna hijau

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidulpiknikasik.com

Kalau kamu berkunjung ke embung Nglanggeran di siang hari, kamu akan melihat tampungan air embung yang tampak berwarna hijau toska. Ini disebabkan karena tumbuhnya lumut di dasar embung.

10. Dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidulalodiatour.com

Kawasan embung Nglanggeran dilengkapi dengan beragam fasilitas, mulai dari undakan tangga menuju ke bukit, lahan parkir yang luas, toilet, masjid, hingga warung. Beberapa saung dan gardu pandang juga telah dibangun di sekeliling embung, sehingga kamu akan semakin nyaman berlama-lama berada di tempat ini.

11. Harga tiket cukup terjangkau

11 Fakta Embung Nglanggeran, Destinasi Wisata Hits di Gunungkidulpegipegi.com

Untuk bisa menikmati keindahan embung Nglanggeran, kamu harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Wisatawan domestik akan dikenakan biaya masuk Rp 10.000 untuk kunjungan di siang hari dan Rp15.000 di malam hari. Untuk wisatawan mancanegara, harga tiket masuk untuk kunjungan siang dan malam hari sama saja, yaitu sebesar Rp30.000. 

Nah, itu dia 11 fakta Embung Nglanggeran, destinasi wisata hits di Gunungkidul. Bagaimana guys, tertarik buat datang ke sana?

Baca Juga: Indah Banget! 7 Pantai Gunung Kidul Ini Layak Disebut Hidden Paradise

Rivandi Pranandita Putra Photo Verified Writer Rivandi Pranandita Putra

I love cycling, blue, gardening, and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Septi Riyani

Just For You