Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Atasi Insomnia Saat Traveling, Bikin Liburan Makin Nyaman

Mudah kok!

Bagi sebagian orang kesulitan tidur saat traveling bukan lagi isapan jempol belaka. Hal ini dikarenakan kemampuan adaptasi tiap orang berbeda-beda sehingga saat traveling kerap ada yang mengalami kesulitan tidur karena belum nyaman dengan lingkungan tempat berlibur. Meski begitu kamu tetap bisa tidur tanpa perlu repot dengan ikuti lima tips berikut ini, yuk jangan biarkan insomnia merusak momen liburanmu!

1. Bawa bantal sendiri dari rumah

5 Tips Ampuh Atasi Insomnia Saat Traveling, Bikin Liburan Makin NyamanPexels/Bruce Mars

Meskipun kamu menginap di hotel bintang lima bukanlah menjadi jaminan kamu bisa tidur nyenyak. Oleh sebab itu cobalah bawa saja bantal kesayanganmu saat traveling siapa tahu bisa membantumu tidur nyenyak karena berasa di rumah. Dengan begitu kamu gak usah menghabiskan banyak waktu untuk tidur apalagi bila schedule besok cukup pada dan mengharuskanmu tidur cukup.

2. Kurangi asupan gula

5 Tips Ampuh Atasi Insomnia Saat Traveling, Bikin Liburan Makin NyamanPexels/quang nguyen

Faktanya asupan gula bisa menyebabkan kesulitan tidur karena kadar hormon serotonin yang meningkat akibat konsumsi gula. Oleh sebab itu saat traveling ada baiknya konsumsi gula sedikit saja demi kebaikan dirimu sendiri. Kamu gak mau kan sulit tidur saat traveling? Karena ujung-ujungnya kamu akan kelelahan bukannya menikmati momen liburan yang tidak terjadi setiap hari.

Baca Juga: 9 Fakta Unik Insomnia yang Ternyata Bisa Mengancam Jiwa

3. Ikuti jam tidur tempat berlibur

5 Tips Ampuh Atasi Insomnia Saat Traveling, Bikin Liburan Makin NyamanPexels/John Mark-smith

Saat berlibur apalagi ke luar negeri tentunya terdapat perbedaan zona waktu tidur. Biasanya karena kita masih belum mampu beradaptasi dan masih mengikuti daerah asal kita sering kesulitan tidur pada malam hari dan malah mengantuk saat siang hari. Oleh sebab itu ada baiknya kamu mencoba ikuti waktu tidur daerah tempatmu berlibur meskipun kamu agak sulit untuk membiasakan diri. Kan tak mungkin kamu malah tidur sepanjang siang dan aktif saat malam yang akhirnya kamu malah tidak pergi ke tempat wisata yang dituju.

4. Bawa minyak aromaterapi

5 Tips Ampuh Atasi Insomnia Saat Traveling, Bikin Liburan Makin NyamanPexels/Mareefe

Jika kamu masih belum bisa tidur juga cobalah oleskan minyak aromaterapi pada bantalmu. Sensasi aromaterapinya akan membuatmu tenang dan perlahan akan membuatmu mengantuk. Oleskan secara tipis saja sampai wanginya tercium dan akhirnya kamu pun bisa tidur. Jangan lupa juga untuk mematikan semua benda elektronik sebelum tidur agar kualitas tidurmu tetap terjaga.

5. Unduh aplikasi white noise

5 Tips Ampuh Atasi Insomnia Saat Traveling, Bikin Liburan Makin NyamanPexels/Burst

Ini adalah tips terakhir bila kamu merupakan tipikal orang yang sulit  tidur dalam keadaan bising. Saat kamu menginap di hotel yang tidak kedap suara dan tetanggamu berisik cobalah unduh aplikasi white noise yang bisa mereduksi kebisingan suara. Biasanya aplikasi ini terdiri dari suara alam yang bisa membuatmu mengantuk seperti suara hujan. Dengan begitu kamu pun bisa tidur nyenyak walaupun sedang berlibur di negeri orang.

Mudah kan?

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Indah Shaliha Photo Community Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung. Email : shalihaindah@gmail.com. Follow my instagram: instagram.com/indahshaliha. Thanks for reading my articles

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You