Comscore Tracker

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Aman

Berani jalan-jalan sendirian?

Belakangan ini, tren melakukan solo traveling kembali naik daun. Bukan tanpa alasan, banyak orang membagikan testimoni betapa menyenangkannya solo traveling melalui akun media sosial mereka. Melihat hal ini, tak sedikit orang merasa "teracuni" dan memutuskan ikut melakukannya.

Tak bisa dimungkiri, solo traveling membawa pengalaman yang mengesankan dan memungkinkan kita belajar banyak hal. Namun, bagi perempuan, alasan keselamatan kerap menjadi perhatian utama. Agar perjalananmu tetap aman, yuk, ikuti tips berikut ini sebelum melakoni solo traveling!

1. Riset, riset, dan riset! Lakukan riset mengenai destinasi yang akan dituju. Baca testimoni orang lain atau tanyakan langsung ke warga lokal

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi perempuan melakukan riset untuk solo traveling (pexels.com/Andrew Neel)

2. Untuk memulai langkahmu, coba kota yang masih dekat dengan domisili. Jika kamu tinggal di Jakarta, kamu bisa mengeksplorasi Kota Bogor

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi perempuan melakukan solo traveling (pexels.com/Tranmautritam)

3. Just do it! Setelah melakukan riset menyeluruh, mantapkan hatimu untuk melakukan solo trip. Jangan terlalu banyak pertimbangan. Lakukan saja!

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi perempuan melakukan solo traveling (pexels.com/Ketut Subiyanto)

4. Sebelum berangkat, siapkan barang-barang yang perlu dibawa. Catat semua kebutuhanmu dan packing dari jauh-jauh hari

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi perempuan melakukan packing (pexels.com/Timur Weber)

5. Sebaiknya tarik uang tunai cukup banyak. Simpan di beberapa tempat, misalnya di dompet, lipatan baju, dan tempat lain yang dirasa aman

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi perempuan menyimpan cash (pexels.com/Karolina Grabowska)

6. Beri kabar kepada teman atau keluarga. Beri tahu juga info penting, seperti nomor penerbangan dan nomor plat kendaraan saat naik transportasi

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi memberi kabar (pexels.com/Gustavo Fring)

Baca Juga: 5 Pelajaran Berharga dari Solo Traveling, Sarat Makna

7. Simpan nomor darurat yang berlaku di daerah yang kamu kunjungi. Dengan demikian, kamu tahu harus menghubungi siapa dalam keadaan darurat

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi perempuan bermain ponsel (unsplash.com/epicantus)

8. Jangan lengah, tingkatkan kewaspadaan dimana pun kamu berada. Kalau lelah, sebaiknya cari tempat yang lebih ramai

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi perempuan melakukan solo traveling (pexels.com/Anna Shvets)

9. Jika bepergian jarak jauh, tak ada salahnya mempertimbangkan asuransi perjalanan

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi asuransi perjalanan (pexels.com/Mikhail Nilov)

10. Lakukanlah perjalanan di "shoulder season", waktu di antara puncak musim liburan dan musim sepi pengunjung

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi perempuan melakukan solo traveling (pexels.com/Ketut Subiyanto)

11. Pastikan memiliki kuota dan pulsa yang cukup agar komunikasi bisa berjalan dengan baik, khususnya jika mengunjungi negara asing

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi perempuan bermain ponsel (pexels.com/Gustavo Fring)

12. Itinerary memang penting. Tapi, kamu juga bisa melakukan perjalanan impromptu ke tempat-tempat yang belum kamu pernah kamu dengar

12 Tips Solo Traveling untuk Perempuan agar Liburan Tetap Amanilustrasi orang melakukan solo traveling (pexels.com/Leah Kelly)

Bagi sebagian orang, melakukan solo traveling adalah ide gila. Betapa tidak, berada di daerah asing seorang diri terasa menakutkan. Tapi, jangan khawatir! Skenario terburuk saat melakukan solo traveling bisa diminimalisir dengan memperhatikan aspek keselamatan.

Karenanya, jangan lupa lakukan tips di atas supaya perjalananmu aman dan tak terlupakan! Selamat berlibur!

Baca Juga: 5 Tips Solo Traveling dengan Budget Minim, Cobain, yuk!

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya