Comscore Tracker

7 Tips Traveling Bareng Hewan Peliharaan, Butuh Persiapan!

Liburan tetap aman dan menyenangkan

Membawa hewan peliharaan saat liburan jelas merupakan ide yang menyenangkan. Apalagi jika kamu melakukan solo traveling, kehadiran hewan kesayangan pasti menjadi teman perjalanan yang seru dan mampu membangkitkan suasana.

Namun, traveling dengan hewan peliharaan juga bukan hal mudah. Banyak hal yang perlu dipersiapkan. Namun, jangan khawatir, tips berikut ini bisa kamu ikuti agar liburan tetap mengasyikkan dengan membawa hewan peliharaan.

1. Lakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter hewan

7 Tips Traveling Bareng Hewan Peliharaan, Butuh Persiapan!ilustrasi mengecek kesehatan hewan peliharaan (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Ini menjadi langkah yang penting karena kesehatan dan keselamatan hewan kesayanganmu tetap nomor satu. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan ke dokter hewan untuk mengetahui kesehatannya mumpuni untuk melakukan perjalanan bersamamu atau tidak.

Jika kondisinya prima, konsultasikan kebutuhan khusus yang perlu dibawa. Ini termasuk juga pertolongan pertama, seperti termometer dan obat-obatan, apabila terjadi situasi darurat.

2. Riset destinasi wisata dan akomodasi yang pet-friendly

7 Tips Traveling Bareng Hewan Peliharaan, Butuh Persiapan!ilustrasi perempuan melakukan riset untuk solo traveling (pexels.com/Andrew Neel)

Faktanya, tak semua tempat ramah hewan peliharaan. Kamu mungkin bisa bebas mengajaknya bermain di alam terbuka, tapi hal yang sama tak bisa dilakukan jika hendak menginap di hotel atau vila, mengisi perut di restoran, atau berbelanja di toko. 

Cobalah lakukan riset menyeluruh mengenai destinasi yang ingin kamu tuju. Catat semua tempat dan akomodasi yang ramah hewan peliharaan dan sesuaikan dengan itinerary atau rencana perjalananmu.

3. Packing semua kebutuhan, jangan ada yang tertinggal

7 Tips Traveling Bareng Hewan Peliharaan, Butuh Persiapan!ilustrasi perempuan melakukan packing (pexels.com/Timur Weber)

Tak hanya kamu, ada hewan peliharaan juga yang perlu diperhatikan. Maka dari itu, jumlah barang yang dibawa juga berlipat ganda. Supaya tak merasa kelelahan, catat semua kebutuhan pribadi dan hewan peliharaan di dua tempat yang berbeda.

Catat setiap barang yang sudah masuk ke dalam tas atau koper. Sebaiknya, cicil proses packing dari jauh-jauh hari. Dengan demikian, kamu bisa bisa mengecek bawaannya berkali-kali untuk meminimalisir risiko barang tertinggal.

4. Pastikan hewan kesayangan terhidrasi dengan baik

7 Tips Traveling Bareng Hewan Peliharaan, Butuh Persiapan!ilustrasi memberi minum hewan peliharaan (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Dehidrasi menjadi salah satu kondisi yang wajib dihindari para pemilik hewan peliharaan. Sebab, ini bisa memicu berbagai gangguan kesehatan baik yang bersifat ringan hingga berat. Gejala dehidrasi pada hewan bisa terlihat dari beberapa tanda vital, seperti lemas sepanjang hari, penurunan nafsu makan, atau napas terengah-engah.

Oleh karena itu, sediakan air yang cukup selama liburan. Jika melakukan perjalanan menggunakan mobil, taruh mangkuk berisi air di dalam kandangnya. Cek ketersediaan air secara berkala. Selain itu, berikan makanan basah alih-alih makanan kering. Makanan basah memiliki kandungan air yang lebih banyak.

5. Bawa mainan kesayangannya

7 Tips Traveling Bareng Hewan Peliharaan, Butuh Persiapan!ilustrasi traveling dengan hewan kesayangan (unsplash.com/Giuseppe Mondì)

Sama halnya dengan manusia, hewan perliharaan juga bisa merasa bosan. Apalagi jika ia berada di mobil atau kandang dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, bawa mainan kesayangannya sebagai hiburan. Sebagai catatan, pilih sesuatu yang bisa mendistraksi pikirannya.

Akan tetapi, hindari memenuhi kandang dengan banyak mainan. Ini akan membuatnya stres dan merasa tak nyaman karena ia tak memiliki cukup ruang di dalam kandang. Sebaiknya batasi hanya satu atau dua mainan, ya!

6. Latih hewan peliharaan sebelum bepergian jauh

7 Tips Traveling Bareng Hewan Peliharaan, Butuh Persiapan!ilustrasi membawa hewan peliharaan di dalam travel bag (unsplash.com/@raouldroog)

Supaya tidak mudah stres dan gusar saat melakukan perjalanan, latih hewan peliharaan agar terbiasa mengunjungi tempat asing. Misalnya mengajak ia berjalan-jalan di daerah sekitar rumah. Ini bertujuan untuk melatihan kemampuan beradaptasi hewan peliharaan.

Selain itu, ajak hewan peliharaan berada di dalam kandang atau travel bag hingga ia mulai terbiasa. Tujuannya lagi-lagi untuk mempersiapkan hewan kesayangan karena nantinya akan berada di dalam kandang atau travel bag dalam jangka waktu panjang.

7. Perhatikan keselamatan dan keamanan hewan peliharaan

7 Tips Traveling Bareng Hewan Peliharaan, Butuh Persiapan!ilustrasi berjalan-jalan dengan hewan peliharaan (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Ada beberapa hal yang gak boleh luput dari perhatian ketika berlibur dengan hewan peliharaan. Jika melakukan perjalanan dengan mobil, jangan pernah meninggalkannya sendirian karena hawa panas bisa membuatnya merasa tak nyaman dan berisiko kekurangan oksigen. 

Kedua, pastikan hewan peliharaan selalu berada dalam pengawasan. Kehilangan jejaknya di daerah asing jelas merupakan mimpi buruk. Salah satu upaya mitigasi jika ini terjadi ialah mengalungkan tag berisi informasi dan kontak yang bisa dihubungi.

Jika kamu berencana melakukan liburan bersama hewan peliharaan, ikuti tips di atas demi perjalanan yang aman dan menyenangkan, ya. Pastikan keselamatan dan kesehatannya menjadi perhatian utama.

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya