Comscore Tracker

5 Tips Efektif Packing pada Tas Travel agar Isinya Tidak Berantakan

Salah satunya menggunakan packing cubes

Tas travel merupakan salah satu jenis tas yang dapat dibawa saat travelling, selain koper dan tas ransel. Tas ini umumnya berbentuk duffle bag, yaitu seperti kotak yang memanjang.

Musim mudik yang telah tiba membuatmu memikirkan pakaian apa saja yang akan dibawa saat mudik. Jika kamu hanya mempunyai tas travel, kamu bisa menyimpan semua pakaianmu pada tas tersebut.

Namun, menyimpan pakaian di dalam tas travel mempunyai kelemahan, yaitu terkadang isi tas berantakan ketika kamu mengambil pakaian dari dalamnya. Hal tersebut diperparah jika kamu sembarangan menyusun pakaianmu di dalam tas tersebut. Nah, bagaimana cara packing pada tas travel agar isinya tidak terlihat berantakan? Yuk, praktikkan lima tips berikut!

1. Gulung pakaian dengan rapi

5 Tips Efektif Packing pada Tas Travel agar Isinya Tidak Berantakanilustrasi pakaian yang digulung (pexels.com/kindelmedia)

Menggulung pakaian untuk dimasukkan ke dalam tas travel berguna agar pakaian tetap dalam keadaan rapi ketika dibuka. Tas travel tidak mempunyai kerangka yang kokoh seperti koper sehingga pakaian dapat terlipat dan kusut sendiri.

Cara menggulung pakaiannya adalah melipat pakaian seperti biasa terlebih dahulu, baru gulung dengan rapi. Selain itu, pakaian yang digulung dapat memberikan ruang lebih di dalam tas travel sehingga kamu bisa memasukkan lebih banyak barang.

2. Gunakan packing cubes

5 Tips Efektif Packing pada Tas Travel agar Isinya Tidak Berantakanilustrasi packing cubes (pixabay.com/jdltmaxson)

Jika tidak ingin pakaianmu tercampur dengan barang yang lain, seperti baju dengan pakaian dalam, kamu bisa menggunakan packing cubes. Packing cubes adalah kumpulan beberapa kemasan yang terbuat dari kain untuk meletakkan kategori barang yang berbeda.

Packing cubes terdiri dari berbagai ukuran. Ada ukuran besar untuk meletakkan pakaian dan ukuran sedang untuk menyimpan pakaian yang lebih tipis. Sedangkan ukuran yang kecil biasa digunakan untuk meletakkan pakaian dalam. Ada pula laundry bag yang berguna untuk meletakkan pakaian kotor. Sepatu dan sandalmu bisa dimasukkan ke dalam packing cube juga, lho.

Masukkan barang-barangmu sesuai kategori pada masing-masing packing cube yang berbeda. Kemudian, tata dengan rapi packing cubes tersebut pada tas travelmu.

Baca Juga: 5 Tips Packing Sepatu buat Liburan, Menjaga Penampilan Selalu Kece

3. Masukkan pakaian terberat dan jarang diperlukan terlebih dahulu

5 Tips Efektif Packing pada Tas Travel agar Isinya Tidak Berantakanilustrasi memasukkan pakaian terberat terlebih dahulu (pexels.com/vlada-karpovich)

Jika kamu tidak menggunakan packing cubes, susun pakaian yang terberat dan jarang diperlukan terlebih dahulu. Kemudian, susun pakaian yang ringan dan sering dipakai pada posisi mendekati ritsleting tas.

Jika disusun sebaliknya, maka isi tasmu akan berantakan ketika kamu mengambil pakaian yang sering dipakai. Sebab, pakaian yang sering dipakai tersebut berada mendekati dasar tas.

Pakaian berat yang dapat disusun mendekati dasar tas bisa, seperti jaket, sweater, blazer, celana jeans, dan sebagainya. Sebaliknya, pakaian yang ringan berupa baju yang dipakai sehari-hari, celana pendek, rok, hijab, pakaian dalam, dan sebagainya.

4. Manfaatkan kantong pada bagian dalam dan luar tas travelmu

5 Tips Efektif Packing pada Tas Travel agar Isinya Tidak Berantakanilustrasi kantong bagian luar pada tas travel (unsplash.com/taylor65s)

Jika tas travelmu mempunyai banyak kantong di bagian luar dan dalam, manfaatkan kantong-kantong tersebut untuk diisi dengan barang-barang yang tipis dan kecil. Jika barang-barang tersebut dimasukkan bersatu dengan pakaian-pakaian, kamu akan menemukannya dalam waktu yang lebih lama.

Barang-barang yang tipis dan kecil berupa kaus kaki, sapu tangan, handuk kecil, pakaian dalam yang tipis, dan sebagainya. Tas travel yang mempunyai sedikit kantong, biasanya satu kantong kecil di bagian dalam, dapat diisi dengan sapu tangan atau peralatan-peralatan yang berukuran kecil.

5. Jangan isi tas travel terlalu penuh

5 Tips Efektif Packing pada Tas Travel agar Isinya Tidak Berantakanilustrasi tas travel yang penuh (pexels.com/allan-mas)

Isi tas travelmu sesuai kapasitasnya supaya tidak terlalu berat dan mudah diangkat. Hal ini juga dapat diakali dengan tidak membawa banyak pakaian dan barang yang berat di dalamnya.

Tas travel yang terlalu penuh dapat membuat isi di dalamnya berantakan dan pakaianmu akan kusut. Selain itu, hal tersebut dapat menyebabkan ritsleting tas rusak.

Nah, tidak bingung lagi kan untuk packing pakaianmu ke dalam tas travel? Jadi, segera lakukan sesuai tips pada list di atas, ya!

Baca Juga: 5 Tips Packing Hemat Tempat, Gak Perlu Koper Besar!

Nuraina Fika Lubis Photo Verified Writer Nuraina Fika Lubis

Writing is a skill that I want to have. I try harder to make an article that worth to read. I receive critics and suggestions to upgrade my writing skill. Hope you enjoy what I write. Sincerely, me.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya