Comscore Tracker

5 Tips Hemat Berlibur, Simak Yuk Sembari Menunggu Destinasi Dibuka

Jangan sampai kantong tak aman saat liburan

Pariwisata Indonesia akan segera dibuka kembali saat memasuki masa new normal pandemi COVID-19. Presiden RI Joko Widodo berencana membuka kembali sektor pariwisata secara bertahap, dengan syarat utama daerah tersebut sudah mengalami penurunan angka COVID-19. Pasti kalian semua sudah tidak sabar untuk merasakan liburan di tempat-tempat yang kalian dambakan selama terkurung di rumah.

Tapi sebelum kamu memilih destinasi wisata, perlu kalian pelajari juga tips hemat dalam berlibur. Sehingga kamu tetap bisa merasakan liburan sepuasmu dengan kantong yang tetap aman. Berikut 5 tips hemat dalam berlibur, check it out.

1. Rajin cek promo

5 Tips Hemat Berlibur, Simak Yuk Sembari Menunggu Destinasi Dibukaunsplash.com/@anniespratt

Tidak hanya berlaku di toko buku atau baju, beberapa destinasi wisata sekarang juga sudah menerapkan sistem diskonan. Seperti saat event tertentu, banyak destinasi yang akan menawarkan potongan harga untuk wisatawan supaya bisa menarik minat pengunjung. Kamu bisa mencari lewat Instagram, atau media sosial lainnya. Jika kamu memakai transportasi umum seperti pesawat atau kereta api, beberapa maskapai penerbangan juga sering memberikan promo di event tertentu lho. Lumayan bisa memangkas budget kan!

2. Cari informasi lengkap destinasi kamu

5 Tips Hemat Berlibur, Simak Yuk Sembari Menunggu Destinasi Dibukaunsplash.com/@linkhoang

Di zaman yang serba canggih ini apa pun bisa ditemukan lewat internet, apalagi destinasi liburan. Kamu bisa menelusuri destinasi yang kamu inginkan. Jangan hanya sebatas menelusuri fotonya saja ya, penting bagi kamu untuk menelusuri harga/tarif dari setiap pengunjung ataupun harga setiap menu makanan dan oleh-oleh di sekitar destinasi tersebut. Jadi kamu bisa merancang budget jauh-jauh hari, dan jangan lupa carilah yang sesuai sama kantong kamu ya.

Baca Juga: Wajib Catat, 5 Tips Berburu Tiket Pesawat Murah untuk Liburan Hemat

3. Rencanakan konsumsi selama liburan

5 Tips Hemat Berlibur, Simak Yuk Sembari Menunggu Destinasi Dibukatravelandleisure.com

Walaupun kelihatannya sepele, tapi konsumsi adalah hal penting yang akan menguras kantong jika tidak direncanakan dengan matang. Jika kamu berkunjung di kota tertentu, kamu bisa memilih restoran tradisional yang menyediakan menu dengan harga yang super hemat.

Kalian juga bisa cari restoran yang menyediakan paket hemat atau promo-promo tertentu. Jika kamu memilih piknik yang tidak terlalu jauh, kamu bisa menyiapkan kebutuhan konsumsi dari rumah. Dengan tips, kantongmu gak akan bocor di tempat liburan!

4. Pandai-pandai memilih waktu buat liburan

5 Tips Hemat Berlibur, Simak Yuk Sembari Menunggu Destinasi Dibukathetravelinginsider.org

Jika kamu ingin hemat, jangan pernah memilih waktu berwisata di musim liburan atau akhir pekan. Karena pada waktu itu kemungkinan besar tarif yang ditetapkan akan melonjak tinggi dari hari-hari biasanya. Tapi penting untuk kamu ketahui jika musim liburan satu kota dengan kota lain mungkin akan berbeda, apalagi antar negara. Kamu harus mencari info terkait waktu liburan kota yang akan kamu kunjungi, sehingga kamu juga bisa mengatur keuanganmu sedini mungkin.

5. Atur keuangan 

5 Tips Hemat Berlibur, Simak Yuk Sembari Menunggu Destinasi Dibukawheelchairtravel.org

Setelah kamu mendapatkan destinasi yang akan kamu pilih, langkah selanjutnya adalah mengatur lebih rinci keuangan untuk liburanmu. Buat gambaran kasar biaya yang perlu kamu perlukan tiap harinya. Tentukan target maksimal dari setiap elemen, seperti target biaya konsumsi, transportasi dan lainnya. Saat mempersiapkan keuangan, selalu sediakan dana cadangan yang hanya boleh digunakan pada kondisi darurat saja. Sehingga dengan tips satu ini, kamu gak akan sembarang mengeluarkan keuangan saat liburan.

Yuk rencanakan liburan sedini mungkin, selamat berlibur dan bersenang-senang!

Baca Juga: 5 Cara Seru Liburan Hemat ke Singapura dari Influencer Reza Pahlevi!

Senja Sandera Photo Writer Senja Sandera

Penikmat kopi pekat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya