Comscore Tracker

Inilah 5 Mobil Sport yang Pernah Dipakai Dinas Kepolisan Indonesia

Gak mau kalah sama polisi Dubai #IDNTimesAutomotive

Polisi kerap kali berpatroli untuk memastikan keamanan lalu lintas. Jenis kendaraan yang dibutuhkan harus mampu mendukung segala keperluan patroli. Mulai dari spesifikasi sampai fitur mobil polisi tentu akan berbeda dengan mobil umum.

Jenis mobil sport juga kerap menjadi pilihan dinas kepolisian untuk meningkatkan performa dan akselerasi para anggota dalam menjalankan tugas. Bahkan, mobil sport ternyata juga dipilih oleh beberapa dinas kepolisian di Indonesia, lho!

Penasaran gimana kerennya mobil sport polisi di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini, ya! 

1. Ferrari, Satlantas Polda Jawa Timur

Inilah 5 Mobil Sport yang Pernah Dipakai Dinas Kepolisan Indonesiailustrasi mobil Ferrari (dok. youtube.com/B Channel)

Medio tahun 2015 silam, Kota Surabaya pernah dibuat heboh dengan melintasnya sebuah mobil Ferrari berwarna biru putih khas warna kepolisian di Indonesia. Ternyata mobil tersebut memanglah mobil dinas milik Satlantas Polda Jawa Timur.

Ditaksir, harga mobil Ferrari ini sendiri mencapai Rp6,5 miliar. Harga tersebut sebanding dengan tenaga yang dihasilkan. Untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam, mobil ini hanya membutuhkan waktu 5,2 detik saja.

2. Lamborghini, Polisi Kelapa Gading

Inilah 5 Mobil Sport yang Pernah Dipakai Dinas Kepolisan Indonesiailustrasi mobil Lamborghini (dok. youtube.com/B Channel)

Pada perayaan Hari Bhayangkara yang ke-68 di sekitar komplek pusat perbelanjaan Kelapa Gading, nampak sebuah mobil sport merek Lamborghini mewah terpakir dengan aksen full sticker khas kepolisian. Sayangnya, mobil itu tidak difungsikan untuk patroli, melainkan hanya sebagai pameran saja.

Layaknya Ferrari, soal kecepatan, Lamborghini emang gak bisa dibantah lagi. Untuk mencapai kecepatan 0-100 km/jam, mobil ini  hanya membutuhkan waktu 2,9 detik. 

Baca Juga: Deretan Mobil Rusia Ini Gak Kalah Sama Mobil Eropa dan Jepang

3. Lotus Elise, Polres Jakarta Utara

Inilah 5 Mobil Sport yang Pernah Dipakai Dinas Kepolisan Indonesiailustrasi mobil Lotus Elise (dok. youtube.com/Carfection)

Masih dalam rangka perayaan HUT Bhayangkara, pada tanggal 1 Juni 2013, Polres Jakarta Utara memodifikasi tampilan mobil Lotus Elise dengan desain warna sesuai karakteristik mobil polisi. Pada saat itu, mobil tersebut digunakan untuk konvoi keliling Jakarta dan pameran.

4. Honda Civic Turbo, Polda Sulawesi Utara

Inilah 5 Mobil Sport yang Pernah Dipakai Dinas Kepolisan Indonesiailustrasi mobil Civic Turbo (dok. youtube.com/Andry17)

Untuk keperluan mobilisasi para anggota, Polda Sulawesi Utara menjatuhkan pilihannya pada tipe mobil Honda Civic. Tenaga yang besar dan akselerasi yang mantap menjadi keunggulan dari mobil yang satu ini.

Civic sendiri memang telah mendapatkan penghargaan sebagai Car of The Year di berbagai negara. Soal harga, Civic dibanderol senilai Rp400 juta ke atas. Tenaga mobil ini tidak perlu diragukan lagi karena sudah menggunakan mesin 1.500cc turbo.

5. BMW Z4, Polres Banjar

Inilah 5 Mobil Sport yang Pernah Dipakai Dinas Kepolisan Indonesiailustrasi mobil BMW Z4 (dok. youtube.com/B Channel)

Tak mau kalah, Polres Banjarmasin juga pernah memiliki satu unit mobil supercar buatan Eropa, BMW Z4. Dengan desain eksterior sesuai warna khas kepolisian, sayangnya mobil ini hanya diperuntukkan untuk ajang pameran di Duta Mall Banjarmasin saja.

Rata-rata, mobil sport dan supercar yang dimiliki oleh kepolisian Indonesia memang masih difungsikan untuk ajang pameran saja. Belum banyak yang menggunakan jenis mobil mewah tersebut untuk keperluan operasional anggota kepolisian.

Meski begitu, semoga nantinya semakin banyak supercar yang bisa menemani perjalanan dinas para anggota polisi layaknya para polisi di negara Dubai.

Baca Juga: Kandang Supercar, 5 Merek Mobil Asal Italia yang Mendunia

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya