Comscore Tracker

Cara Gampang Mengecek 5 Cairan Mobil, Bukan Cuma Air Radiator Loh!

Volume cairan harus dipastikan cukup agar tidak bermasalah

Jakarta, IDN Times - Salah satu cara merawat mobil yang paling gampang adalah dengan memastikan cairan atau fluida tidak kurang dari yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Caranya cukup dengan mengeceknya secara langsung.

Ada beberapa fluida yang harus kamu cek secara rutin untuk memastikan mesin, rem, serta power steering mobilmu dalam kondisi optimal. Berikut lima di antaranya.

1. Oli mesin

Cara Gampang Mengecek 5 Cairan Mobil, Bukan Cuma Air Radiator Loh!Unsplash/Tim Mossholder

Untuk mengecek oli mobil, hidupkan dulu mesin selama beberapa saat hingga mencapai temperatur yang cukup. Setelah itu matikan mesin lalu tunggu beberapa saat agar oli mengalir kembali ke bagian bawah mesin.

Ambil lap bersih, tarik dipstick oli mesin, kemudian bersihkan dengan kain. Setelah itu masukan kembali dipstick tersebut sepenuhnya dan tarik lagi. Lalu cek volume olinya. Ada ada 3 level oli mesin, yakni, rendah, normal, dan berlebih.

Pastikan volume oli mesin pada posisi normal. Jika oli berkurang atau berada di level rendah, segera tambahkan dengan oli yang sama.

Baca Juga: Awas, Jangan Salah Pilih Oli Motor Buat Perawatan

2. Oli rem

Cara Gampang Mengecek 5 Cairan Mobil, Bukan Cuma Air Radiator Loh!IDN Times/Dwi Agustiar

Fluida lain yang harus kamu cek adalah minyak rem. Untuk mengeceknya kamu harus melihat langsung master cylinder rem. Pada bagian ini terdapat reservoir untuk menampung oli rem.

Cek saja ketinggian permukaan minyak rem pada reservoir tersebut. Jika permukaan minyak rem tersebut berada di level min, segera tambahkan. 

3. Air radiator

Cara Gampang Mengecek 5 Cairan Mobil, Bukan Cuma Air Radiator Loh!(IDN Times/Dwi Agustiar)

Cairan lain yang harus kamu cek adalah radiator coolant. Caranya mudah. Cek saja reservoir radiator. Biasanay terdapat level min dan max. Pastikan air radiator tidak berada di level min. Sebab kekurangan air bisa membuat mesin overheat.

4. Air wiper

Cara Gampang Mengecek 5 Cairan Mobil, Bukan Cuma Air Radiator Loh!Wiper Mobil (IDN Times/Dwi Agustiar)

Air wiper penting untuk membilas kaca yang kotor sebelum disapu dengan wiper. Cara mengecek cairan wiper pun cukup mudah. Pastikan tangki wiper masih terisi air dengan cara melihat tabung air wiper.

5. Oli power steering

Cara Gampang Mengecek 5 Cairan Mobil, Bukan Cuma Air Radiator Loh!IDN Times/Dwi Agustiar

Cairan lain yang harus dicek adalah oli power steering. Silakan buka kap mobil lalu cari tabung minyak power steering. Biasanya ada tulisan 'power steering fluid' pada bagian atas tutupnya. Setelah itu cek apakah permukaan oli power steering masih dalam level aman. Jika kurang, silakah ditambahkan saja.

Baca Juga: Mobil-mobil Beratap Langit, Harga Bekasnya Masih Selangit 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya